biaya rekrutmen karyawan

6 Tips Menghemat Biaya Rekrutmen Karyawan dalam Perusahaan

Rekrutmen adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan kemampuan perusahaan mencapai tujuan bisnis. Dalam melakukan rekrutmen, perusahaan perlu mengeluarkan sejumlah biaya yang disebut dengan biaya rekrutmen karyawan. 

Meskipun bukan biaya yang sering disadari oleh banyak orang, biaya rekrutmen ternyata cukup besar. Akan lebih baik jika Human Resource Department (HRD) mampu menghemat biaya rekrutmen tanpa mengurangi kualitas kandidat yang akan diterima. Lalu, bagaimana cara menghemat biaya rekrutmen? 

 

Mengenal Biaya Rekrutmen Karyawan

Biaya rekrutmen adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menjaring kandidat unggulan. Biaya rekrutmen karyawan dikenal juga dengan istilah cost-per-hire. Biaya rekrutmen terbagi menjadi dua, yaitu eksternal dan internal. Komponen untuk masing-masing rekrutmen adalah sebagai berikut: 

 

Biaya Rekrutmen Internal

Istilah biaya rekrutmen internal merujuk kepada anggaran yang dialokasikan  untuk pemakaian di dalam perusahaan. Contoh biaya internal antara lain: 

 

Gaji Tim Rekrutmen

Semua jajaran dalam perusahaan, baik staf hingga manajerial berhak menerima gaji. Begitu pula dengan staf HRD yang berperan aktif dalam rekrutmen. Perusahaan tetap harus mempertimbangkan kontribusi tiap-tiap staf HRD dalam melakukan tugas terkait rekrutmen.

 

Pemberian Referral Rewards

Karyawan yang telah bekerja di perusahaan dapat merekomendasikan rekan mereka di luar perusahaan untuk bergabung dengan perusahaan. Program ini dikenal sebagai program referral. Karyawan yang berhasil menggaet karyawan unggulan berhak untuk mendapatkan reward atau bonus jika rekannya terpilih menjadi karyawan. 

 

Onboarding Cost

Tahapan onboarding yang berkesan bagi karyawan baru akan membantu meningkatkan kepuasan, produktivitas, dan hubungan dengan semua pihak dalam perusahaan. Tentu saja ada baiknya perusahaan juga mempertimbangkan biaya onboarding dengan hitungan yang matang. 

 

Biaya Rekrutmen Eksternal

JIka biaya internal melibatkan internal perusahaan, maka biaya eksternal adalah total anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan di luar perusahaan. Contoh-contoh biayanya adalah: 

 

Jasa Head Hunter dan Agency

Untuk mendapatkan karyawan terbaik yang cocok dengan perusahaan, ada kalanya perusahaan menggunakan jasa  head hunter dan agency. Sistem pembiayaannya berdasarkan project based. 

 

Biaya Menghadiri Job Fair

Job fair mudah ditemukan di berbagai universitas atau instansi pendidikan. Biasanya penyelenggaraan job fair ini membantu para fresh graduate untuk melamar pekerjaan. Untuk menghadiri pameran, perusahaan pun perlu menganggarkan sejumlah dana seperti biaya merchandise, pembuatan banner, dan sebagainya untuk menarik kandidat. 

 

Medical Check Up (MCU)

Banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen secara ketat dengan mengadakan medical check up (MCU) untuk menilai kondisi kesehatan jasmani dan rohani seorang kandidat. Jika kandidat lolos MCU, maka kandidat akan lanjut ke tahap berikutnya. MCU juga digunakan untuk memastikan bahwa kandidat bukan pecandu obat-obatan terlarang

 

Rumus Biaya Rekrutmen Karyawan

Banyak perusahaan menggelontorkan biaya besar-besaran untuk memperebutkan kandidat, mengingat persaingan dalam menjaring kandidat antar perusahaan sangat ketat. Sebab, rekrutmen yang efektif menentukan perkembangan perusahaan dari segi operasional di masa mendatang. Namun, perusahaan juga harus mengkalkulasikan biaya tersebut agar penggunaannya lebih tepat guna. Rumus perhitungan biaya rekrutmen karyawan adalah:

rumus biaya rekrutmen

 

Baca Juga: 6 Tips Mendapatkan Kandidat Terbaik

 

Tips Menghemat Biaya Rekrutmen Karyawan

Biaya perekrutan cukup besar. Jika perusahaan bisa menghemat biaya rekrutmen, maka perusahaan dapat menganggarkan dana yang ada untuk aspek lain seperti program pelatihan dan pengembangan karyawan. Lalu, bagaimana cara menghemat biaya rekrutmen karyawan?  Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh HRD, yaitu: 

 

Manfaatkan Job Portal Gratis

Ada banyak job portal yang tersedia di luar sana. Job portal sendiri adalah sebuah website yang digunakan untuk mengiklankan lowongan pekerjaan. Namun, banyak pula job portal yang menentukan biaya iklan setiap lowongan. Untuk menghemat, gunakanlah job portal gratis. Dengan demikian biaya pun dapat ditekan karena perusahaan tidak perlu membayar apapun. 

 

Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial 

Media sosial adalah bagian dari masyarakat dunia. Agar iklan lowongan sampai ke calon kandidat yang lebih luas, gunakan juga media sosial untuk mengiklankan lowongan. Selain gratis, penggunaan media sosial juga sangat berguna untuk menarik kandidat dari generasi millenial. 

 

Gunakan Talent Pool

Membangun dan memelihara talent pool yang diisi kandidat berkualitas lebih berguna daripada mencari talenta baru. Talent pool dapat mengurangi biaya per perekrutan. Inilah pentingnya penerapan database dalam ruang lingkup HRD yang akan menyimpan semua informasi dan data kandidat dengan aman dan rahasia.

 

Optimalkan Employee Referral 

Employee referral adalah rekomendasi kandidat dari karyawan internal. Jika salah satu karyawan sudah memahami bagaimana kinerja dan kualitas seorang kandidat, maka HRD dapat dengan mudah mempelajari apakah kandidat cocok dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Selain menghemat biaya rekrutmen karyawan, penggunaan employee referral juga menghemat waktu rekrutmen. 

 

Susun Strategi untuk Menekan Employee Turnover

Rekrutmen tidak bisa dipisahkan dari employee turnover. Yang dimaksud employee turnover adalah siklus pergantian satu karyawan dengan karyawan lain. Bisa dibilang, semakin tinggi tingkat turnover, perusahaan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk rekrutmen. Untuk mencegah meningkatnya turnover, perusahaan dapat menyusun berbagai strategi yang membuat karyawan lebih betah dan nyaman untuk bekerja. 

 

Implementasi Recruitment Software 

Recruitment Software LinovHR adalah solusi rekrutmen otomatis yang dapat membantu HRD dalam proses rekrutmen. Keberadaan Recruitment Software bisa memaksimalkan proses rekrutmen dari awal hingga kandidat berhasil diterima lebih sistematis dan terdokumentasi dengan baik. Kemudahan ini pula membantu HRD dalam mengevaluasi sistem rekrutmen dalam periode tertentu. HRD mulai dapat meninggalkan rekrutmen konvensional yang melibatkan tumpukan dokumen fisik dan memakan waktu lama.  Sehingga perusahaan dapat mengurangi biaya rekrutmen karyawan dengan maksimal tetapi tetap mempertahankan kualitas kandidat. 

Rekrutmen yang optimal adalah kunci mendapatkan karyawan terbaik. Namun, ada baiknya perusahaan harus memastikan biaya rekrutmen karyawan yang akan dianggarkan. Untuk proses rekrutmen, percayakan saja kepada Recruitment Software dari LinovHR! Pengalaman dalam membantu banyak perusahaan membuat LinovHR dapat diandalkan dan dipercaya oleh perusahaan Anda. Hubungi LinovHR untuk informasi lebih lanjut!