manajemen waktu dalam bekerja

6 Tips Manajemen Waktu dalam Bekerja

Saat melakukan pekerjaan di kantor, terkadang banyak karyawan yang kurang bisa merasa produktif. Hal ini kemungkinan disebabkan kurang efisiennya waktu dalam bekerja.

Bisa saja karyawan tidak memiliki kemampuan dalam manajamen waktu bekerja. Ini tentunya berdampak pada produktivitas karyawan itu sendiri, maupun output yang dihasilkan oleh perusahaan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan manajemen waktu dalam bekerja dan juga penyelesaian pekerjaan yang baik agar kedua hal tersebut mendapatkan perhatian yang berimbang.

Simak artikel LinovHR berikut ini mengenai tips manajemen waktu dalam bekerja.

 

Tips Manajemen Waktu dalam Bekerja

Berikut merupakan beberapa tips untuk mengatur waktu dalam bekerja.

 

1. Perencanaan

Sebagai langkah pertama, lakukan perencanaan jadwal kerja. Membuat perencanaan mengenai kegiatan atau tugas apa yang harus dikerjakan pada hari tersebut memudahkan karyawan dalam mengelola waktu kerjanya.

Wujud dari perencanaan ini berupa pembuatan daftar kegiatan. Daftar ini berisi sekumpulan kegiatan atau tugas yang diurutkan berdasarkan prioritas.

 

2. Tentukan Prioritas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karyawan akan lebih mudah jika memiliki panduan kegiatan atau tugas berdasarkan tingkat prioritasnya. Selalu utamakan tugas kerja yang paling mendesak, dan kesampingkan yang tidak begitu penting.

Jika karyawan tidak mengatur tingkat prioritas kegiatannya, besar kemungkinan untuk waktu yang didedikasikan dalam bekerja tidak efisien dan efektif.

 

3. Hindari Distraksi

Manajemen waktu dalam bekerja yang efektif adalah waktu yang benar-benar digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas kerja.

Hindari hal-hal yang tidak penting seperti melakukan panggilan telpon yang tidak perlu, mengobrol di luar hal pekerjaan dan bercanda. Selain membuat waktu bekerja tidak efisien, hal tersebut membuat karyawan terlihat tidak profesional.

Tetapi, karyawan masih diperkenankan untuk melakukan hal di luar kerja yang sifatnya menunjang produktivitas. Seperti melakukan stretching, menyapa karyawan lain dan juga snacking.

 

4. Batasi Perjalanan Dinas

Seperti yang telah disebutkan di atas, zaman modern telah membuat segalanya jadi mudah dikerjakan. Jadi jika ingin menerapkan sistem manajemen waktu yang baik, batasi perjalanan dinas.

Ada banyak sekali fasilitas komunikasi melalui sambungan internet yang bisa dipakai untuk berhubungan dengan relasi bisnis dari luar daerah.

 

5. Menetapkan Target

Jangan pasang target terlalu tinggi dalam pekerjaan tetapi tetap disesuaikan dengan kemampuan. Orang yang sering memasang target tinggi pada tugasnya justru sering lalai terhadap keluarganya.

Seimbangkan antara pekerjaan dan pandanglah apabila pertemuan keluarga itu adalah hal yang sangat penting. Apabila pada perusahaan anda terdapat Key Performance Indicator, maka target yang ingin anda capai akan terukur.

 

5. Selalu Disiplin

Banyak orang mengatakan bahwa disiplin adalah kunci kesuksesan. Tetapi selain itu disiplin juga bisa membuat kita mempunyai kesempatan lebih banyak untuk bertemu keluarga. Pekerjaan yang diselesaikan sesuai jadwal serta tidak ditunda-tunda dapat menghemat waktu sehingga tidak perlu lembur sampai malam hari.

 

6. Melakukan Evaluasi

Karyawan perlu melakukan evaluasi pada akhir waktu bekerja. Melakukan penilaian, apakah manajemen waktu dalam bekerja sudah baik. Apakah tugas-tugas pekerjaan terselesaikan tepat waktu.

Semua itu perlu dipastikan. Karena, jika ada waktu pekerjaan yang tidak efisien, karyawan dapat mengidentifikasi permasalahannya. Dengan mengetahui permasalahannya, karyawan bisa segera mengatur ulang strategi waktu bekerjanya.

 

Kesimpulan

Intinya, bersikaplah bijaksana ketika membuat sistem manajemen waktu dalam bekerja agar tidak saling bertubrukan. Jangan sampai ada satu yang terbengkalai, karena bisa memicu terjadinya inefisiensi dalam penyelesaian tugas kerja.

 

mobile ess

 

Untuk menunjang manajemen waktu pada saat bekerja, khususnya pada urusan administrasi karyawan, aplikasi absensi LinovHR dapat menjadi solusi. Terdapat beberapa hal administrasi yang dapat dilakukan secara efisien melalui aplikasi ini.

Melakukan pencatatan kehadiran secara online merupakan fitur aplikasi ini yang tentunya dapat menghemat waktu karyawan. Pencatatan kehadiran ini di-record dengan aktual dan juga presisi oleh sistem. Sehingga tidak ada kesalahan pencatatan waktu yang dilakukan oleh HR.

Mengajukan lembur dan juga cuti pun dapat dilakukan secara praktis. Semuanya dilakukan cukup melalui gawai karyawan masing-masing.

Masih banyak fitur-fitur lain yang dapat menghemat waktu administrasi karyawan di kantor. Hubungi tim LinovHR untuk informasi lebih lanjut dan jadwalkan demo gratis!