Lengkap! Daftar Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran Pajak.

Untuk memastikan pengumpulan dan pencatatan pajak yang efisien, pemerintah menggunakan berbagai kode pajak. Pengkodean ini dimaksudkan juga untuk mengidentifikasi jenis pajak yang disetorkan oleh wajib pajak, baik individu atau badan.

Daftar kode pajak sendiri ada banyak sekali, di mana dibedakan lagi ke dalam Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran Pajak. Penting bagi kita untuk tahu setiap kode tersebut karena akan sering digunakan dalam kegiatan lapor pajak.

LinovHR sudah rangkumkan secara lengkap apa saja kode setoran pajak, mari simak di bawah ini!

 

Apa Itu Kode Akun Pajak

Kode Akun Pajak (KAP) adalah sejumlah kombinasi angka dan huruf yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis atau kategori pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak.

Kode ini digunakan dalam proses pelaporan pajak dan pembayaran pajak kepada pihak Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di Indonesia.

Penggunaan kode setoran pajak ini digunakan untuk membedakan berbagai jenis pajak, seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan sebagainya.

Dengan menggunakan kode pajak yang tepat, wajib pajak dapat memastikan bahwa pajak yang mereka bayarkan akan dialokasikan dengan benar sesuai dengan jenis pajak yang relevan.

Penggunaan Kode Akun Pajak juga memudahkan pihak berwenang dalam melacak dan mencatat pembayaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak, sehingga memungkinkan proses administrasi pajak yang lebih efisien dan akurat.

Selain KAP, di dalam dunia perpajakan juga dikenal Kode Jenis Pajak atau KJS yang merupakan identitas jenis setoran yang dilakukan.

Baik KAP dan KJS adalah dua jenis kode yang wajib ada saat proses pembayaran pajak sebagai syarat yang sudah ditetapkan.

KAP harus diisi terlebih dahulu baru setelahnya diikuti oleh KJS.

 

Baca Juga: Cara Lapor SPT Tahunan Online Pajak Penghasilan

 

Dasar Hukum KAP dan KJS

Kode akun pajak dan kode jenis setoran pajak memiliki dasar hukum yang tertuang dalam Peraturan DJP serta UU, seperti berikut ini:

  • Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-22/PJ/2021 tentang
  • Perubahan PER-09/PJ/2020 tentang Bentuk, Isi, dan Tata Cara Pengisian SSP.
  • Kode Jenis Setoran pajak berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-38/PJ/2009 dan perubahannya tentang bentuk SSP.
  • Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER – 06/PJ/2016 tentang Perubahan Kelima atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-38/PJ/2009 Tentang Bentuk Formulir Surat Setoran Pajak.
  • Pasal 18 Ayat (3) Undang-Undang Pengampunan Pajak.
  • Pasal 18 Ayat (4) Undang-Undang Pengampunan Pajak.

 

Baca juga: Salah Kode Akun Pajak SSP? Ini Solusinya!

 

Kode Akun Pajak & Jenis Setoran e-Billing Pajak

Kode Akun Pajak adalah serangkaian kode yang digunakan dalam sistem untuk mengidentifikasi jenis setoran atau transaksi yang akan dilakukan oleh wajib pajak dalam kerangka layanan perpajakan.

KAP dan KJS merupakan bagian integral ketika Anda mengisi formulir Surat Setoran Pajak (SSP) atau Surat Setoran Elektronik (SSE) saat melakukan proses pembayaran pajak melalui e-Billing.

Setiap jenis pajak yang Anda bayarkan memiliki kode akun pajak dan kode jenis setoran yang berbeda-beda. Berikut ini daftar kode pajak.

 

daftar kode billing akun pajak
Kode Akun Pajak

 

 

  • KAP 411121: Kode ini digunakan untuk mengidentifikasi setoran pajak PPh pasal 21.
  • KAP 411122: Kode yang digunakan untuk setoran pajak PPh 22.
  • KAP 411123: Kode untuk mengidentifikasi setoran pajak ke kas negara dari jenis pajak PPh 22 Impor.
  • KAP 411124: Kode untuk setoran pajak ke kas negara dari PPh 23.
  • KAP 411125: Kode untuk mengidentifikasi setoran pajak ke kas negara dari PPh 25/29 Orang Pribadi.
  • KAP 411126: Kode pajak untuk setoran pajak ke kas negara berupa PPh 25/29 Badan.
  • KAP 411127: Kode untuk jenis pajak yang disetorkan dari PPh 26.
  • KAP 411128: Digunakan untuk setoran pajak dari jenis pajak PPh Final pasal 4 ayat 2.
  • KAP 411129: Kode yang digunakan untuk pajak PPh Non Migas Lainnya (PPh Pasal 15).
  • KAP 411149: Kode untuk pajak PPh Non Migas Lainnya Ditanggung pemerintah (DTP).
  • KAP 411111: Kode untuk setoran pajak ke kas negara dari jenis pajak PPh Minyak Bumi.
  • KAP 411112: Kode pajak untuk jenis pajak PPh Gas Alam.

 

Contoh Penggunaan Kode Pajak

Adapun contoh penggunaan kode pajak sebagai berikut. Kode Akun Pajak 411121, merujuk pada Pajak Penghasilan Pasal 21 atau PPh 21.

Kode Jenis Setoran, yang terdiri dari 3 digit, misalnya 100, menunjukkan bahwa ini adalah pembayaran pajak yang masih harus disetor, seperti yang tercantum dalam SPT Masa PPh Pasal 21 termasuk SPT pembetulan sebelum dilakukan pemeriksaan.

Dengan demikian, kombinasi kode 411121 – 100 digunakan untuk pembayaran PPh Pasal 21 bulanan atau dalam masa tertentu.

Sama halnya, Kode Akun Pajak 411128 juga merujuk pada jenis pajak PPh Final, diikuti oleh tiga digit kode yang berfungsi sebagai identifikasi jenis setoran pajak PPh Final.

Kode jenis setoran akan bervariasi tergantung pada jenis transaksi atau kategori PPh Final yang harus dibayarkan, namun format umumnya akan tetap mengikuti prinsip yang sama, yaitu Kode Akun Pajak diikuti oleh tiga digit kode jenis setoran.

 

Perhitungan Pajak Lebih Mudah dengan Bantuan Payroll Service LinovHR

Mengurus pajak menjadi salah satu hal yang bagi sebagian orang sangat memusingkan. Tidak hanya bagian menghitung-hitungnya saja, tapi juga masalah administratif pun demikian.

Maka tidak heran bila banyak perusahaan mengandalkan payroll service untuk membantu mengurus pajak karyawan mereka.

Mulai dari menghitung sampai mengurus laporan, payroll service akan mengurus semuanya dengan cepat dan tepat.

 

Banner Payroll 2

 

Kemampuan mengurus pajak  ini bisa Anda dapatkan di Payroll Service LinovHR. Dengan bantuan para profesional payroll LinovHR, perusahaan bisa keluar dari kerumitan menghitung pajak dan mengurus berbagai proses administrasinya.

Payroll Service LinovHR akan memberikan layanan yang menyeluruh untuk memastikan Anda mematuhi ketentuan perpajakan yang berlaku.

Tidak hanya membantu Anda dalam menghitung pajak saja, tim profesional LinovHR juga akan memberikan edukasi dan informasi terbaru mengenai perpajakan.

Sehingga Anda pun teredukasi dan terinformasikan dengan baik terkait segala perubahan dan perkembangan mengenai perpajakan.

Payroll Service LinovHR solusi terbaik untuk bebaskan Anda dari kerumitan menghitung pajak karyawan. Ayo ajukan demo gratisnya sekarang juga!