Kuliah Sambil Kerja

Pejuang Kuliah Sambil Kerja, Simak 8 Tips Ini untuk Kelancaran Pendidikan & Karir!

Apakah saat ini Anda masih menjadi seorang mahasiswa? Pernah berpikir untuk kuliah sambil kerja? Kuliah sambil kerja apakah bisa? Tentu saja bisa dilakukan.

Mengapa demikian? Kuliah sambil kerja bukan lagi hal yang tabu saat ini. Banyak mahasiswa yang bekerja sembari tetap memenuhi kewajiban menuntut ilmu di perkuliahan.

Alasan dari kuliah dengan sambil kerja ini juga bermacam-macam. Ada yang memang mencari pengalaman, ada juga yang ingin menambah uang jajan atau menambah tabungan, dan lain sebagainya. Tuntutan dunia kerja untuk memiliki pengalaman telah berhasil menjadi motivasi kuliah juga sekaligus dengan bekerja juga sekarang banyak dilakukan.

 

Kelebihan Kuliah Sambil Kerja

Apa saja yang bisa Anda dapatkan jika memutuskan kuliah sambil kerja?  Berikut adalah kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari kuliah dengan sambil kerja sebagai bahan pertimbangan Anda. 

 

Menambah Pengalaman

Seperti yang tadi telah dibahas, menambah pengalaman ini menjadi salah satu penyebab banyaknya mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Tentunya memiliki pengalaman kerja sebelum lulus kuliah bisa menjadi nilai plus untuk Anda. Nantinya setelah lulus dan saatnya mencari pekerjaan sesungguhnya, hal tersebut akan menguntungkan Anda. 

 

Mendapat Tambahan Uang Saku 

Selain pengalaman, keuntungan lain yang akan Anda dapatkan adalah tambahan uang saku. Tentunya jika memutuskan bekerja sambil kuliah, hal ini akan berdampak juga pada finansial Anda. Sebagai mahasiswa, memiliki penghasilan tambahan diluar apa yang diberikan orang tua, tentu menjadi kebanggaan dan kesenangan tersendiri. 

 

Mempelajari Skill Baru

Menjadi mahasiswa dan karyawan sangatlah berbeda. Keduanya jika dijalankan bersamaan tentu akan berdampak satu sama lain. Anda bisa mendapatkan skill baru yang mungkin bermanfaat untuk perkuliahan dari tempat kerja Anda, begitu juga sebaliknya.  

 

Mengenal Dunia Kerja Lebih Awal 

Adaptasi dengan dunia kerja bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak fresh graduate yang masih kesulitan untuk masuk ke dalam dunia kerja dan beradaptasi. Kerja sambil kuliah bisa menjadi awal yang baik untuk Anda mengenal dunia kerja lebih awal. 

 

Kekurangan Kuliah Sambil Kerja

Kuliah Sambil Kerja
Kuliah Sambil Kerja

 

Lalu, apa kekurangan dari kuliah sambil kerja?

Di bawah ini  adalah beberapa kekurangan yang mungkin Anda dapatkan jika memutuskan kuliah sambil bekerja:

 

Kehilangan Waktu Bermain dan Bersosialisasi

Sebagai mahasiswa yang masih memiliki kewajiban belajar, memiliki pekerjaan dapat membuat Anda kehilangan waktu untuk bermain atau bersantai dan bahkan waktu untuk bersosialisasi. Sebelum memutuskan untuk bekerja, pastikan Anda masih memiliki waktu bersantai sehingga tidak berpengaruh buruk kepada diri Anda.

 

Kemungkinan Burnout atau Stress Tinggi 

Tugas kuliah yang tidak menentu, juga beban lain dari pekerjaan akan membuat Anda lebih cepat burnout atau stress jika tidak di manage dengan baik.

Sehingga penting untuk mempertimbangkan kemampuan Anda pribadi sebelum memutuskan kuliah sambil kerja. 

 

Baca Juga: Mengalami Burnout Karena Pekerjaan? Atasi dengan 5 Cara Ini!

 

Mengalami Kesulitan Belajar 

Berkonsentrasi pada satu titik saja terkadang sulit dilakukan, bagaimana jika ada dua tanggung jawab besar? Bila Anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja, hal ini juga sering terjadi.

Anda bisa mengalami kesulitan belajar karena tanggung jawab Anda dalam pekerjaan.

 

Berpengaruh pada Kesehatan Fisik 

Pengaruh yang dapat ditimbulkan dari persoalan kuliah sambil kerja bukan hanya stress atau tidak konsentrasi, tapi dapat berdampak pula pada kesehatan Anda. Jika terlalu sibuk, Anda bisa jatuh sakit. 

 

Tips Kuliah Sambil Kerja

Banyak pilihan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa jika ingin bekerja sambil kuliah. Saat ini bahkan banyak perusahaan atau organisasi yang membuka iklan lowongan kerja sambil kuliah untuk para mahasiswa yang ingin menambah pengalaman.

Jadi, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan kelancaran di keduanya, pendidikan dan karir Anda. 

Sebelum memutuskan untuk kuliah sambil kerja, inilah beberapa tips yang mungkin bisa Anda ikuti:

 

1. Jangan Lakukan Banyak Hal Bersamaan 

Saat memutuskan untuk kuliah sambil kerja, buat batasan untuk diri Anda sendiri. Jangan sampai Anda melakukan banyak hal bersamaan, selain tanggung jawab kerja dan kuliah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan Anda burnout atau stress.

 

2. Membuat Jadwal Kerja dan Kuliah dengan Detail

Untuk menjalankan dua peran sebagai mahasiswa dan karyawan, pastikan Anda membuat jadwal kerja dan kuliah dengan detail. Anda harus tetap memberikan diri Anda sendiri waktu beristirahat dan bersantai. 

 

3. Beritahu Tempat Kerja Anda

Status mahasiswa Anda tidak boleh disembunyikan kepada atasan atau tempat Anda bekerja. Anda harus mengkomunikasikan kepada tempat kerja Anda bahwasannya Anda adalah mahasiswa.

Hal ini akan membantu jika ada hal-hal mendesak baik dari tempat kerja maupun dari perkuliahan Anda. 

 

4. Jika Memungkinkan Ambil Pekerjaan yang Remote 

Saat ini banyak lowongan pekerjaan yang memungkinkan untuk kerja remote atau WFH. Akan lebih baik jika Anda memilih menjadi pekerja remote, karena setidaknya akan berkurang beban fisik Anda menjalani dua peran.

 

5. Sesuaikan Pekerjaan dengan Jurusan

Mencari pekerjaan yang sesuai jurusan merupakan salah satu tips yang bisa Anda ikuti! Selain Anda akan mendapat pengalaman yang sangat berguna, ini juga bisa mengurangi kemungkinan konsentrasi Anda terbelah karena keduanya masih saling berkaitan. 

 

6. Pilih Pekerjaan Paruh Waktu atau Freelance

Selain pekerjaan remote, jika Anda ingin memulai dan mencoba terlebih dahulu untuk kuliah sambil bekerja, Anda bisa mencoba pekerjaan paruh waktu atau menjadi freelancer. Keduanya lebih fleksibel dan dengan waktu yang bisa Anda sesuaikan dengan jadwal perkuliahan Anda.

 

7. Jangan Menunda Tugas

Menunda tugas bisa menjadi kebiasaan buruk untuk kedua peran Anda sebagai karyawan dan mahasiswa. Jangan sampai Anda menunda tugas yang telah diberikan agar tidak menumpuk di akhir.

 

Baca Juga: 7 Cara Membuat To-Do-List yang Efektif

 

8. Jaga Kesehatan dengan Baik

Menjalani dua peran tentu bukan hal yang mudah, sehingga saat Anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja, pastikan Anda menjaga kesehatan dengan baik.

Dari jadwal yang Anda lakukan pastikan Anda mendapatkan istirahat dan menjaga pola makan. Jika kesehatan Anda terjaga, menjalani dua peran itu akan terasa lebih mudah. 

 

Demikian ulasan tentang kuliah sambil kerja. Setiap keputusan yang kita buat tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Anda bisa coba terapkan beberapa tips di atas agar Anda bisa melewati perjuangan kuliah sambil kerja. Semoga berhasil!