mentor adalah

Mentor Adalah hal Penting Agar Karir Gemilang?

Memulai pekerjaan baru biasanya mengharuskan Anda untuk belajar dari rekan kerja yang lebih berpengalaman,  karena seringkali terdapat perbedaan besar antara bagaimana cara melakukan pekerjaan dari yang telah anda pelajari secara teori. Maka dari itu, mentor ada untuk membimbing dari sudut pandang teori serta praktik. 

Lalu, apa itu mentor sebenarnya? Dan apa manfaat memiliki mentor dalam perkembangan karir Anda? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

 

Apa Itu Mentor? 

Sebelum mencari tahu apa manfaatnya, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu mentor. 

Mentor adalah seseorang yang membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan, membuat keputusan yang lebih baik serta mendapatkan perspektif baru tentang kehidupan dan jenjang karir. Seorang mentor akan memanfaatkan pengalamannya untuk memberi Anda panduan tentang karir Anda saat ini dan di masa depan.

Produktivitas karyawan dapat meningkat karena adanya peran mentor dalam pengembangan karir. Hal tersebut juga memberikan dampak terhadap meningkatnya profit yang diraih oleh perusahaan. Jadi, keberadaan mentor dalam perusahaan dapat menguntungkan karyawan dan perusahaan.

 

Manfaat Memiliki Mentor dalam Perkembangan Karir

Sekilas di atas, dapat Anda lihat besarnya manfaat yang didapatkan dengan adanya mentor, baik itu bagi karyawan sendiri maupun perusahaan. Dalam ulasan berikut ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai manfaat yang Anda dapatkan sebagai karyawan jika memiliki mentor dalam perkembangan karir Anda.

 

Karir Lebih Baik 

Manfaat memiliki mentor yang terpercaya bisa sangat banyak. Khususnya di awal karier, belajar dari seseorang yang pernah ada di posisi serupa sangat berharga untuk kesuksesan dan kemajuan karir Anda. 

Seorang mentor dapat mengajarkan tentang tanggung jawab khusus untuk peran dari pekerjaan Anda atau keadaan seluruh perusahaan. Mentor juga dapat mengajarkan tentang seluk beluk bagan organisasi, kebijakan, praktik, dan metodologi bisnis perusahaan.

Selain itu, melalui saran dan bimbingan mentor, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan potensi yang Anda miliki untuk mencapai karir yang lebih baik.

 

Memperluas Networking

Manfaat lainnya dari memiliki seorang mentor adalah Anda dapat terhubung ke networking yang lebih luas dan profesional melalui mentor Anda. Ini merupakan jaminan karir yang sangat berharga, terutama bagi seseorang yang baru memulai. 

Misalnya, seorang mentor dapat menulis rekomendasi untuk profil LinkedIn Anda, ataupun hal lainnya yang dapat membantu Anda sebagai mentee atau anak didiknya terhubung dengan orang yang tepat.

 

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Memiliki mentor yang handal di kantor dapat mengurangi kecemasan dan stres Anda dalam bekerja. Stress dan kecemasan bisa berdampak buruk pada performa kerja.

Keberadaan seorang mentor dapat membantu Anda melihat perspektif yang lebih luas sehingga Anda dapat memahami bagaimana cara mengurangi stress dan kecemasan dalam pekerjaan sehari-hari. 

 

Baca Juga:  Cemas Berlebih Mendekati Deadline? Ikuti Tips Mengatasi Berikut Ini!

 

Mendapatkan Promosi

Berdasarkan studi di Sun Microsystems yang dilakukan oleh Forbes, seorang karyawan yang memiliki mentor memiliki peluang untuk mendapatkan promosi karir lebih besar dibandingkan karyawan yang tidak memiliki mentor.

Sementara dari sisi mentor biasanya akan mendapatkan kenaikan gaji apabila berhasil untuk melatih seorang karyawan menjadi lebih unggul. 

 

Cara Mencari Mentor yang Sesuai 

Tidak banyak orang yang tahu bagaimana menemukan seorang mentor yang tepat. Jika Anda salah satu diantaranya, jangan khawatir! Berikut uraian mengenai bagaimana cara mencari mentor yang sesuai dengan diri Anda. 

 

Tentukan Tujuan Anda dengan jelas

Tujuan dari sebagian besar hubungan mentoring adalah untuk membantu Anda mengatasi rintangan yang Anda hadapi.

Maka, sebelum Anda mempertimbangkan untuk meminta seseorang menjadi mentor, penting untuk memikirkan terlebih dahulu tentang tujuan Anda mencari mentor, apa yang ingin dipelajari dan apa yang akan didapatkan dari hubungan Anda dengan mentor. 

 

Identifikasi Tipe Mentor 

Setelah Anda memahami tujuan, identifikasi satu atau dua orang di perusahaan Anda yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Mentor Anda tidak harus seseorang dengan peran yang lebih senior. Anda bisa meminta tolong rekan yang menguasai skill lain. Semua tergantung kepada tujuan dan keadaan di sekitar Anda. 

 

Jalin hubungan dengan Calon Mentor 

Meminta seseorang untuk menjadi mentor mungkin tampak sedikit canggung. Padahal sebenarnya tidak demikian jika Anda bisa melakukannya dengan baik .Anda dapat menjalin relasi yang baik terlebih dahulu sebelum meminta orang tersebut untuk mengajari Anda berbagai kemampuan.

Dengan membangun hubungan yang baik sebelumnya, calon mentor tentu tidak akan sungkan mengajari Anda. 

 

Baca Juga: 10 Manfaat Membangun Relasi dengan Rekan Kerja

 

Ciptakan Hubungan Saling Menguntungkan

Setelah Anda mengetahui apakah orang tersebut tertarik untuk menjadi mentor Anda atau tidak, langkah selanjutnya adalah menguraikan tujuan Anda dan menjelaskan bagaimana mereka dapat membantu Anda mencapainya. Penting untuk diingat bahwa hubungan mentor-mentee yang baik harus berjalan dua arah. 

Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda juga memberikan value pada hubungan tersebut adalah dengan bertanya kepada mentor Anda apakah ada cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka sebagai balasannya.

Contohnya jika mentor Anda sedang mengerjakan project yang ingin Anda pelajari lebih lanjut, coba tawarkan diri untuk bergabung dan membantu meskipun itu bukan bagian dari tanggung jawab Anda saat ini.

Memiliki seorang mentor di tempat kerja bisa menjadi cara yang tepat untuk memajukan karir dan menguasai hal-hal baru. Dengan tekad yang kuat dan kesungguhan yang tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan seahli bahkan melampaui para mentor yang lebih dulu sukses!

Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu!