leadership training

Apa Saja Leadership Training yang Dibutuhkan dalam Perusahaan?

Seorang karyawan yang baru saja menduduki posisi penting di perusahaan seperti manajer atau team leader sebaiknya mendapatkan leadership training. Tujuan adanya kegiatan supaya setiap manajer dapat melakukan tugasnya sebagai pemimpin dengan baik dan dapat mengarahkan kinerja tiap anggota tim. Dengan begitu, operasional perusahaan tetap terjaga sesuai perencanaan. 

 

Hal yang Harus Diajarkan dalam Leadership Training

Pelaksanaan training kepemimpinan akan berbeda dari training karyawan, mengingat tanggung jawab dan peranan seorang pemimpin cukup besar. Jadi, apa saja hal penting yang harus diajarkan kepada para manajer yang baru saja menjabat atau akan menduduki posisi penting?

 

Materi Inti Kepemimpinan

Materi pertama yang harus diajarkan kepada para manajer adalah materi inti kepemimpinan. Materi ini akan membahas tentang dasar-dasar apa saja yang harus dimiliki dan dikuasai oleh pemimpin. Beberapa praktik dari Inti kepemimpinan ini antara lain:

  • Dapat menjadi panutan
  • Memberikan dampak baik
  • Berfokus kepada visi
  • Meningkatkan kolaborasi

 

Identifikasi Gaya Kepemimpinan

Setiap orang memiliki karakteristik danyang berbeda-beda, dengan begitu sebagai seorang pemimpin mereka juga harus mengetahui gaya kepemimpinan  dan karakteristik apa yang mereka gunakan ketika sedang memimpin.

Dengan mengetahui hal ini, seorang manajer akan lebih mudah dalam mengatur anggota timnya serta memudahkan dalam mendelegasikan tugas.

Pada dasarnya, gaya kepemimpinan terdiri dari 3 jenis yaitu:

  • Otokratis, yaitu dapat memberikan harapan dan cara penyelesaian tugas secara jelas dan tepat serta membuat keputusan sendiri.
  • Delegasi, adalah membiarkan para anggota tim untuk membuat keputusannya sendiri.
  • Partisipatif, yaitu gabungan dari otokratis dan juga delegasi. Jadi, pemimpin dapat memberikan keputusan sendiri dan juga sangat terbuka untuk menerima feedback dari para anggota.

 

Cara untuk Mendelegasi Tugas

Sebagai pemimpin tentunya memiliki otoritas untuk memberikan tugas kepada anggota atau bawahannya. Namun, hal tersebut terkadang tidak bisa dilakukan secara baik atau pemimpin melakukan semua tugas secara sendiri tanpa. Maka dari itu, terdapat cara agar delegasi tugas bisa dilakukan dengan baik dan efektif :

  • Menentukan tugas secara tepat
  • Pastikan memberikan tugas dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound)
  • Mengidentifikasi setiap anggota tim agar dapat memberikan tugas kepada orang yang tepat
  • Memberikan arahan kepada anggota
  • Menjelaskan tujuan secara jelas
  • Melakukan diskusi bersama anggota untuk menyelesaikan tugas
  • Menjaga hubungan komunikasi agar tetap baik
  • Melakukan evaluasi dan feedback

 

Memberikan Motivasi Kepada Tim

Selain memberikan tugas, ajarkan kepada para pemimpin untuk dapat memberikan motivasi kepada anggota. Hal ini dilakukan agar semangat anggota tidak surut dan mereka tidak mengalami stress. Cara untuk memotivasi para anggota dapat dilakukan dengan cara:

  • Memberikan kebebasan anggota untuk membuat keputusan dan menyampaikan pendapat
  • Memiliki tujuan yang realistis
  • Mengakui prestasi anggota dan kemajuan anggota tim

 

Membuat Keputusan yang Baik

Pengambilan keputusan merupakan skill penting yang harus dimiliki para pemimpin. Dalam membuat keputusan, terdapat 3 hal yang harus dikuasai yaitu pengambilan keputusan secara analitis, pengambilan keputusan perilaku, pengambilan keputusan konseptual.

 

Mengelola Konflik

Konflik atau hambatan kerja sering kali terjadi di tengah penyelesaian tugas. Untuk menangani hal ini, pemimpin harus bisa mengelola konflik secara baik agar dapat menemukan solusi yang tepat. Maka dari itu, program leadership training akan mengajarkan para pemimpin untuk memahami kenapa konflik terjadi, dapat menstabilkan kondisi dan emosi anggota, serta berkolaborasi untuk memecahkan masalah.

 

Melakukan Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja merupakan proses untuk menciptakan lingkungan kerja yang dapat membuat seluruh pihak yang terlibat dapat memberikan kinerja terbaik sesuai dengan tujuan perusahaan. Sebagai manajer tentunya hal ini menjadi tanggung jawab untuk memastikan kinerja sebuah tim dapat terkendali, maka dari itu diperlukan adanya materi manajemen kinerja.

 

Keterampilan Kepemimpinan Digital

Pada setiap organisasi atau perusahaan pastinya memerlukan adanya pembaharuan teknologi agar bisnis yang dijalankan bisa lebih berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Sehingga, setiap pemimpin diwajibkan untuk bisa bersiap menghadapi tantangan zaman di era serba digital seperti sekarang ini.

 

Baca Juga : 8 Cara Menjadi Leader yang Baik dan Unggul

 

Learning and Development by LinovHR, Solusi Training Perusahaan Anda!

Program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan dan juga jajaran pemimpin adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dan mengasah skill. Namun terkadang, hal ini menjadi kendala perusahaan untuk mengadakan program tersebut karena keterbatasan sumber daya.

Salah satu cara agar program training kepemimpinan dan karyawan bisa dilakukan secara teratur adalah dengan memanfaatkan modul Learning and Development dari LinovHR. 

Melalui modul ini, perusahaan dapat mengelola segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dan pengembangan untuk meningkatkan skil, kapabilitas, dan kompetensi pemimpin dan karyawan.

Perusahaan juga dapat merencanakan dan melakukan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan. Dilengkapi dengan berbagai fitur yang tersedia, modul ini akan memudahkan Anda untuk melancarkan program pelatihan. Fitur-fitur yang tersedia ini dapat berfungsi sebagai:

  • Menampilkan tugas yang harus diselesaikan dengan fitur Learning Checklist
  • Mengkalkulasikan budget kegiatan pelatihan dengan Budget Calculation
  • Merangkum hasil kegiatan pelatihan melalui fitur Activity Catalog
  • Mengatur sesi pada setiap pelatihan dengan fitur Session
  • Mengelola program training yang diadakan perusahaan dengan fitur Development Activity

 

Dengan menggunakan fitur-fitur tersebut, program pelatihan menjadi lebih efektif dan penyampaian materi bisa diterima dengan baik oleh para peserta.

 

Leadership training yang dilakukan secara tepat akan mencetak para pemimpin yang berkompeten dan handal. Sehingga, pentingnya penggunaan sistem untuk melakukan training kepemimpinan menjadi pilihan yang tepat. Untuk itu, gunakan modul Learning and Development dari LinovHR untuk pelaksanaan pelatihan yang efektif!