CHRP adalah

Sertifikasi CHRP Adalah Program Wajib untuk Menjadi Profesional HR Terbaik?

Sudah banyak yang mengetahui bahwa cakupan Human Resources sangatlah luas, sehingga sangat dibutuhkan baginya untuk mendapatkan pengetahuan dan juga kemampuan khusus dalam hal menjalankan bidang pekerjaannya. Oleh karenanya, kini terdapat program CHRP yang memiliki banyak manfaat karena dapat memberikan bekal penting kepada para praktisi HR. 

Dengan adanya program ini, HR dapat memiliki kemampuan yang lebih baik lagi dalam pengelolaan sumber daya di suatu perusahaan.

Namun, apa yang dimaksud dengan CHRP dan mengapa para HR membutuhkan program atau sertifikasi CHRP ini?

 

Apa itu CHRP?

Certified Human Resources Professional atau yang biasa dikenal dengan singkatannya CHRP adalah program yang dirancang dengan standar tinggi untuk menjaga kualitas profesionalisme dalam hal manajemen sumber daya manusia untuk kepentingan perusahaan dan juga karyawan.

Program ini dibagi menjadi tiga segmen dan setiap segmen memiliki dua modul yang masing-masing berlangsung selama enam bulan. Program ini diselenggarakan untuk HR profesional  tingkat pemula tanpa latar belakang HR, serta mereka yang sudah bekerja di profesi HR tetapi tanpa kualifikasi yang relevan.

Garis besar dari diadakannya program ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan HR yang dibutuhkan untuk mengelola tugas-tugas dalam lingkup sumber daya manusia.

Untuk kandidat yang menyelesaikan CHRP Level I, mereka harus melakukan latihan di tempat kerja yang akan diawasi baik oleh lembaga pelatihan maupun pihak dimana mereka ditempatkan. Di akhir, kandidat harus menyerahkan lampiran laporan mengenai tugasnya di tempat kerja ke lembaga pelatihan.

Setelah kandidat berhasil melakukan dua level, maka mereka memenuhi syarat untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi dari Pelatihan Sumber Daya Manusia.

 

Baca Juga: Bolehkah HRD Gunakan Daftar Blacklist Perusahaan Saat Rekrutmen?

 

Mengapa HRD butuh sertifikasi CHRP?

Adapun beberapa alasan yang membuat CHRP ini sangat dibutuhkan oleh para HRD. berikut ini adalah beberapa di antaranya:

 

Mendapatkan Pembelajaran Baru

Bagi para HR yang menjalankan program CHRP ini, sudah dipastikan bisa mendapatkan hal-hal baru yang menjadi sebuah pembelajaran atau ilmu untuk di masa depan saat mereka menjalankan jenjang karirnya sebagai HR di suatu perusahaan. Pengetahuan atau pembelajaran yang didapatkan pun juga 

 

Meningkatkan Kualitas Performa Kerja

Dengan Adanya program ini, HRD akan memiliki banyak pengetahuan seputar menjalankan bidang pekerjaannya. Tidak hanya itu, CHRP ini pun juga akan memberikan berbagai informasi dan juga pembelajaran terkait pengelolaan serta fungsi sumber daya manusia. Adanya CHRP sangat penting dan juga berpengaruh karena kualitas kinerja HRD akan meningkat di kemudian hari.

 

Bukti Komitmen Terhadap Pekerjaan

Program CHRP ini dirancang sedemikian rupa untuk membantu para HRD atau calon HRD untuk mengenal lebih dalam mengenai pengelolaan sumber daya alam dengan cara latihan langsung menjadi staff HR di perusahaan atau organisasi dimana ia ditempatkan.

Karena hal inilah, peserta atau HR akan belajar untuk berkomitmen dengan pekerjaannya meskipun baru sebatas demonstrasi.

 

Dimana Lembaga yang Mengadakan CHRP?

Untuk mendapatkan sertifikasi Certified Human Resources Professional atau CHRP, Anda dapat mengikuti biaya program training ini di berbagai lembaga, seperti Unika Atma Jaya, Sahabat Karir Indonesia dan masih banyak lagi. 

Program atau materi yang diberikan di setiap lembaga pun beragam jenis ataupun kriterianya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun materi atau skema pelatihan yang diberikan berbeda-beda, garis besar dari pelatihan ini tetap memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kemampuan dan juga pengetahuan untuk HR dalam hal pengelolaan sumber daya manusia.

 

Baca Juga: Cara HRD untuk Memaksimalkan Career Path Karyawan

 

Berapa Biaya Mengambil Sertifikasi CHRP?

Biaya yang dikenakan untuk mendapatkan sertifikasi CHRP besarannya berkisar antara Rp 6.500.000 hingga Rp 10.600.000 tergantung dengan lembaga yang Anda pilih.

Pembayaran ini pun juga bisa saja terkena potongan harga atau diskon apabila Anda mendaftarkan diri sebagai kelompok mulai dari 2 hingga 3 orang sekaligus.

 

Tingkatkan Kredibilitas Karyawan Dengan Praktis Bersama LinovHR!

Setelah mengetahui betapa pentingnya HR dalam hal mengembangkan dirinya melalui program pelatihan seperti CHRP, hal mengenai pentingnya mendapatkan sebuah pelatihan ini pun juga tentunya berlaku kepada seluruh karyawan. Dengan meningkatnya suatu pembelajaran atau kapabilitas setiap karyawan yang ada di suatu perusahaan, maka akan semakin lancar pula proses bisnis.

Maka dari itu, LinovHR hadir dengan seperangkat solusi untuk dapat memudahkan para HR dalam mengelola dan mengembangkan kompetensi dan juga skill karyawan yang ada di perusahaan menggunakan fitur Learning and Development. 

Modul Learning and Development ini dapat memberikan kemudahan akses kepada HR untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan skill karyawan sehingga proses pengerjaan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh para karyawan pun dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan skill-skill tertentu yang didapatkan dari berbagai pelatihan yang diberikan.

 

Dengan LinovHR, sudah dipastikan bahwa segala hal mengenai pengelolaan karyawan akan lebih mudah untuk dilakukan.

Ketuk link berikut ini untuk informasi lengkap mengenai modul Learning and Development!