letter of interest

Melamar Kerja Tanpa Lowongan, Apa Bisa? Kenali Letter of Interest!

Menunggu lowongan pekerjaan memang tidak bisa ditentukan. Tapi pernahkah Anda berpikir untuk melamar kerja tanpa lowongan? Jika Anda ingin mencoba hal tersebut, membuat Letter of Interest adalah hal yang harus Anda lakukan pertama kali.

Namun, apakah Anda sudah paham dengan istilah Letter of Interest? 

 

Sekilas Mengenai Melamar Kerja Tanpa Lowongan

Hampir kebanyakan orang melamar pekerjaan ketika suatu perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan. Namun, tidak sedikit juga para karyawan mendapatkan pekerjaannya tanpa adanya lowongan yang dibuka oleh perusahaan.

Jika Anda sebagai jobseeker, mencoba melamar tanpa lowongan ini bisa Anda gunakan untuk segera mendapatkan pekerjaan. Terdapat 2 alasan mengapa Anda harus melamar kerja tanpa adanya lowongan:

 

HRD Akan Terkejut dengan Lamaran Anda

HRD memiliki banyak pengalaman pada saat proses rekrutmen. Rekrutmen karyawan adalah proses yang harus dilakukan secara teliti, maka dari itu pihak HRD harus bisa mendapatkan karyawan yang terbaik dan spesial.

Jadi ketika Anda mengirim lamaran pekerjaan tanpa adanya lowongan yang sedang dibuka, HRD akan berpikir bahwa Anda memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

 

Lamaran Akan Mendapatkan Tanggapan Serius dari HRD

Ketika Anda ingin mengirim lamaran pekerjaan tanpa adanya lowongan yang sedang dibuka, buatlah body email serta CV yang menarik. Cantumkanlah bahwa Anda memahami tentang tujuan perusahaan, tantangan, serta kontribusi apa yang bisa Anda berikan jika diterima kerja.

Hal ini akan membuat pihak HRD yakin terhadap antusias Anda untuk bekerja di perusahaan sehingga mendapatkan tanggapan serius dan langsung mendapatkan jadwal wawancara.

Agar lamaran kerja bisa dilirik oleh HRD, Anda bisa membuat Letter of Interest untuk mendapatkan perhatian yang lebih. 

 

Baca Juga : Ingin Bekerja di Digital Agency/ Pahami Digital Agency Lebih Lanjut! 

 

Hal yang Harus Anda Cantumkan dalam Letter of Interest

Letter of Interest adalah surat lamaran kerja yang bertujuan untuk menawarkan diri pada sebuah perusahaan. Mengirimkan surat lamaran tanpa lowongan adalah satu cara agar lamaran Anda bisa dilirik oleh HRD perusahaan.

Anda bisa mengirimkan surat tersebut kapan saja walaupun perusahaan sedang tidak membuka lowongan kerja.

Saat menuliskan Letter of Interest, terdapat beberapa hal yang harus ada dalam surat tersebut. Antara lain:

 

1. Pembuka 

Seperti pada surat lamaran lainnya, Letter of Interest juga harus diawali dengan paragraf pembuka surat.

Anda bisa memulainya dengan memberikan salam serta menyebutkan nama HRD jika Anda telah mendapatkan informasinya. Namun, Anda juga bisa membuat pembuka surat secara umum.

 

2. Perkenalan Diri

Setelah pembuka surat, Anda bisa langsung memperkenalkan diri Anda secara lengkap mulai dari nama, umur, alamat, pendidikan terakhir, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk sertakan alasan Anda melamar dan mengapa tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jelaskanlah posisi yang Anda incar sesuai dengan kualifikasi pada umumnya.

 

3. Kemampuan atau Skill

Penjelasan mengenai skill menjadi hal penting yang harus Anda tulis pada Letter of Interest. Jika tidak menuliskannya, pihak recruiter akan sulit untuk mempertimbangkan lamaran Anda.

Selain itu, tambahkan juga pencapaian apa yang telah Anda lakukan atau pengalam kerja yang relevan untuk menjadi tolok ukur keberhasilan karir Anda.

 

Baca Juga: Memahami Soft Skill Wajib untuk Fresh Graduate 

 

4. CTA (Call to Action)

Saat menuliskan bagian Call to Action, tulislah secara sederhana agar terhindar dari kesan berlebihan. Pastikan bahwa Anda sangat cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut dan berharap bahwa Anda berharap untuk mendapatkan kabar terbaru dari HRD.

 

5. Penutup 

Terakhir jangan lupa untuk menuliskan paragraf penutup pada surat. Tulislah penutup surat secara profesional seperti ‘Hormat Saya’ atau kalimat-kalimat lain yang sesuai dan diikuti oleh nama Anda.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan

Pada umumnya, surat lamaran kerja tanpa lowongan sama saja dengan surat lamaran lainnya. Namun yang membedakan adalah tujuan maksud surat serta lampiran dalam dokumennya.

Berikut ini terdapat contoh surat lamaran kerja tanpa lowongan yang bisa Anda gunakan.

 

Jakarta, 13 September 2021

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan

Kreatif Indo Sukses

Dengan hormat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama Lengkap : Alvin Prawiranegara

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 20 April 1997

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Pendidikan Terakhir :  Sarjana Ilmu Komunikasi / Public Relation (S1)

 

Bersama surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin, untuk mengisi posisi sesuai dengan pertimbangan Bapak/ Ibu.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen-dokumen pendukung yang saya miliki:

  • Ijazah sarjana
  • Transkip nilai
  • Sertifikat kursus Bahasa Inggris
  • Sertifikat kursus komputer
  • Sertifikat TOEFL
  • KTP
  • SIM A dan SIM C

 

Sekian permohonan ini saya sampaikan. Saya berharap Bapak/ Ibu bisa mempertimbangkan permohonan saya. 

Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Alvin Prawiranegara, S.Ikom

 

Pada dasarnya, HRD akan melakukan screening CV disaat perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan. Namun, Anda bisa mencoba untuk melamar kerja tanpa lowongan ini dengan menyertakan Letter of Interest. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan impian!