penutup surat lamaran pekerjaan

Jangan Bingung! Berikut Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Salah satu dokumen yang paling penting dalam melamar pekerjaan tentu saja surat lamaran kerja. Ketika Anda membuat surat lamaran kerja harus memperhatikan seluruh strukturnya yang baik, terlebih lagi bagian penutup surat lamaran pekerjaan. Bagian penutup umumnya dianggap banyak orang tidak sepenting bagian isi atau pembukaan.

Padahal, kalimat penutup surat lamaran pekerjaan menjadi hal yang krusial dan disorot oleh para rekruter yang menentukan proses selanjutnya. Oleh sebab itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai bagian penutup pada surat lamaran kerja serta memberikan contoh yang Anda harus ketahui.

 

Mengapa Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Itu Penting?

Pada dasarnya, surat  lamaran kerja terdiri dari berbagai unsur seperti kop surat, isi, dan penutup. Semua hal tersebut tentunya penting untuk diperhatikan baik bagi penulis maupun pembaca surat tersebut.

Bagian penutup pada surat lamaran pekerjaan sama pentingnya dengan bagian pembukaan dan isi. Bagian penutup berfungsi sebagai penegasan kembali bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi suatu posisi/jabatan dan Anda memiliki ketertarikan yang tinggi untuk bekerja dengan perusahaan yang Anda lamar.

Namun, tidak jarang pula orang yang masih mengabaikan bagian penutupan ini. Sehingga, meskipun isi surat lamaran pekerjaannya cukup baik jika tidak diimbangi dengan penutupan yang baik maka sulit untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Oleh karena itu, Anda penting untuk selalu memperhatikan bagian penutup surat lamaran pekerjaan dengan menuliskan ucapan terima kasih dan penegasan kembali ketertarikan Anda pada lowongan pekerjaan tersebut.

 

Baca juga: Perhatikan 7 Alasan Berikut Ini Jika Surat Lamaran Kerja Sering Ditolak

 

Tips Menulis Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam menulis kalimat penutup pada surat lamaran pekerjaan Anda, ada beberapa hal penting yang diperhatikan. Jangan sampai Anda menulisnya dengan kalimat-kalimat yang santai dan terlalu percaya diri. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang perlu Anda hindari.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam menulis kalimat penutupan surat lamaran pekerjaan:

  1. Ucapkan Kalimat Terima Kasih

Mengucapkan kalimat terima kasih merupakan hal yang lazim pada setiap surat lamaran pekerjaan. Kalimat terima kasih berguna sebagai bentuk terima kasih Anda kepada recruiter yang telah mau menyisihkan waktunya untuk membaca surat lamaran pekerjaan Anda.

 

  1. Rangkum Ketertarikan Anda

Salah satu kalimat penutup surat pekerjaan yang tepat adalah dengan merangkum ketertarikan Anda terhadap lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini pastinya akan membuat recruiter yakin bahwa Anda adalah orang yang memiliki semangat bekerja di perusahaan tersebut.

 

  1. Menuliskan Harapan Pelamar

Menuliskan harapan pelamar pada bagian penutupan surat lamaran kerja tidak ada salahnya. Hal ini baik karena recruiter akan mengetahui apa saja yang Anda harapkan kedepannya terhadap kontribusi yang Anda akan lakukan.

Anda dapat menyampaikan kemampuan yang Anda miliki yang mungkin akan membantu perusahaan di masa depan untuk mencapai tujuannya. Selain itu, Anda juga dapat menyampaikan harapan kontribusi riil yang segera Anda lakukan jika Anda menjadi kandidat yang terpilih.

 

  1. Memberikan Kontak Pribadi

Salah satu hal yang terpenting dari menuliskan kalimat penutup surat lamaran kerja adalah dengan memberikan kontrak pribadi. Kontak tersebut tentunya harus bisa dihubungi agar tim perekrut dapat menghubungi Anda untuk proses kedepannya.

 

Baca juga: Bisakah Melamar Kerja Tanpa Lowongan? Yuk, Kenali Dulu Letter of Interest!

 

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah Anda mengetahui tips menulis bagian penutup pada surat lamaran pekerjaan, berikut ini terdapat beberapa contoh penutup surat lamaran pekerjaan yang dapat Anda terapkan baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja menggunakan Bahasa Indonesia

 

  1. Saya berharap surat lamaran kerja ini dapat menjadi pertimbangan oleh Bapak/Ibu untuk melanjutkan saya pada tahap selanjutnya. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu telah berikan, saya ucapkan terima kasih.

 

  1. Terima kasih Bapak/Ibu yang telah meluangkan waktunya untuk membaca dan meninjau surat lamaran kerja saya. Saya berharap dengan segala kemampuan yang telah saya sebutkan di atas, saya dapat menjadi aset yang potensial untuk dapat membantu perusahaan Bapak/Ibu semakin berkembang. Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui email dan nomor telepon yang sudah dilampirkan di dalam surat lamaran ini.

 

  1. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya lampirkan. Saya berharap dapat menjadi salah satu bagian dari perusahaan Bapak/Ibu untuk terus berkontribusi dan belajar bersama. Terima kasih atas segala waktunya yang telah Bapak/Ibu luangkan untuk meninjau surat lamaran ini. Saya dapat dihubungi melalui nomor telepon dan email yang sudah tercantum pada surat lamaran ini.

 

  1. Besar harapan saya agar surat lamaran kerja ini dapat mengantarkan saya pada tahap selanjutnya. Dengan segala pengalaman dan kemampuan yang saya telah sebutkan di atas, saya yakin Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai kandidat yang potensial. Demikian surat lamaran ini dibuat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

  1. Terima kasih atas waktu yang Bapak/Ibu luangkan untuk meninjau surat lamaran pekerjaan saya. Saya berharap mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan Bapak/Ibu terhadap apa yang dapat saya lakukan untuk perusahaan. Saya yakin bahwa visi dan nilai pribadi saya cocok dengan perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Baca juga: Mau Melamar Kerja? Cek 5 Contoh Application Letter Profesional Ini

 

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Kerja dan Bahasa Inggris

 

  1. I’m looking forward to meeting you in the near future to discuss how my background and qualifications can benefit your company. Feel free to contact me by phone or email address at the above. Thank you in advance for your time and consideration.

 

  1. The attached resume will give you more details about my background. I would be happy to have the opportunity to discuss with you how my background and qualifications can be used for your company. You can contact me via the phone number and email address that I have included in this cover letter. Thank you for your time and consideration.

 

  1. I really hope to be able to proceed to the next stage.With all the skills and experience I have, I believe I can contribute more to the progress of your company. Thank you for all the considerations and your time.

 

  1. I am looking forward to discussing the position and my experience with you in more detail soon. I feel confident that I fulfill the requirements for the Back-end Developer at your company. Thank you for your time and consideration.

 

  1. I enclose  my CV for your inspection and look forward to hearing from you soon. I am available for an interview at your convenience.

 

Itulah beberapa contoh dan penjelasan dalam membuat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Meskipun tidak ada format baku untuk membuat kalimat penutup pada surat lamaran pekerjaan, tentunya Anda harus memperhatikan nilai-nilai kesopanan dan tata bahasanya.

Semoga artikel ini bermanfaat!