decision making

Apa itu Digital Agency? Berikut Pembahasannya

Zaman kini telah berkembang dan menyebabkan penggunaan teknologi juga kian berkembang. Layanan digital agency pun kian menjamur di dunia bisnis yang menawarkan jasanya kepada perusahaan lain. Sebab, faktanya belum banyak perusahaan yang mampu menggunakan sumber daya internalnya untuk mengembangkan produk digital.  Apa saja sih layanan yang diberikan digital agency? Untuk lebih paham, simak pembahasannya di bawah ini! 

 

Pengertian Digital Agency

Apa itu digital agency? Singkatnya, digital agency adalah suatu usaha yang terdiri dari beberapa orang dengan kemampuan berbeda untuk membantu client (baik dalam bentuk usaha maupun perorangan) dalam pembuatan dan perancangan aset digital sesuai kebutuhan. 

Mengapa banyak orang yang membutuhkan jasa digital agency? Seperti yang diketahui, arus teknologi kian pesat dari hari ke hari. Namun, tidak semua perusahaan mampu mengembangkan aspek digital seperti pembangunan website, pemasaran digital, dan lainnya. Biasanya ketidakmampuan tersebut dikarenakan kurangnya tenaga kerja, kemampuan, atau waktu untuk menangani hal tersebut. 

Untuk itulah keberadaan digital agency sendiri sangat penting. Client cukup memberikan brief singkat mengenai kebutuhannya kepada agency, kemudian agency akan merundingkannya bersama tim internal untuk merancang kebutuhan yang paling sesuai dengan pihak client. Jadi client tinggal menunggu hasil jadi dan fokus kepada inti bisnis perusahaan.  

 

Layanan Digital Agency

Dengan menggunakan jasa digital agency, perusahaan diuntungkan karena tidak perlu mencari dan menyeleksi tenaga ahli di bidang digital. Kebutuhan perusahaan baik dari industri kecil dan menengah serta perusahaan skala besar juga semakin banyak untuk bersaing di bidang digital marketing. Apa saja sih layanan digital agency

Optimasi SEO

Dilansir dari Kominfo, per 2020 jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 73,7%, naik dari 64,8% dari tahun 2018. Hal ini membuktikan bahwa kebanyakan orang akan mencari informasi di internet menggunakan search engine seperti Bing atau Google. Agar informasi mengenai perusahaan berada dalam halaman awal, penggunaan Search Engine Optimization (SEO) pun harus ditingkatkan. 

Sederhananya, SEO adalah serangkaian algoritma yang dapat menjadikan informasi dari website Anda berada di halaman pertama search engine. Jika informasi mengenai perusahaan berada di halaman pertama, maka itu artinya pengunjung website perusahaan pun akan meningkat. 

 

Baca Juga: Mengenal Copywriter, Peramu Tulisan Menarik untuk Produk Anda

 

Social Media Marketing

Siapa yang tidak kenal sosial media di era teknologi ini? Menurut Katadata, jumlah pengguna aktif sosial media sebesar 160 juta atau 59% dari total penduduk Indonesia. Fenomena ini pasti menjadi perhatian lebih bagi para pengusaha untuk memasarkan produk mereka melalui sosial media. Namun, diperlukan suatu perencanaan yang matang untuk mengeksekusi pemasaran via sosial media. Sebab, persaingan di sosial media sangatlah ketat. 

 

Web Design

Website biasa digunakan perusahaan untuk meletakkan informasi mengenai produk dan detail bisnis. Mengapa menggunakan website? Karena mayoritas orang menggunakan search engine untuk mencari suatu informasi. Memiliki sebuah website juga menjadi tanda bahwa perusahaan adalah perusahaan kredibel dan terpercaya. 

Akan tetapi, pembuatan website sangat rumit. Khususnya ada berbagai fitur yang harus tersedia dalam website. Belum tentu perusahaan mempunyai waktu dan tenaga yang mumpuni untuk merancang sebuah website. Nah, digital agency membantu perusahaan yang membutuhkan website. 

 

Baca Juga: Mengenal Profesi Web Designer Masa Kini

 

Graphic Design

Semua postingan yang menarik di sosial media. Mulai dari pemilihan font, gambar, dan desain akan berpengaruh terhadap citra perusahaan di mata konsumen. Oleh karena itu, banyak perusahaan menggunakan jasa agency untuk merancang desain yang menarik bagi masyarakat. Biasanya agency jugalah yang membantu research hal apa yang sedang populer di masyarakat. Sehingga perusahaan tidak perlu lagi melakukan research mengenai masyarakat atau konsumen dari produk yang bersangkutan untuk keperluan desain. 

 

Video Production dan Editing

Selain dalam bentuk desain gambar, banyak perusahaan juga memanfaatkan video sebagai campaign produk mereka. Membuat video sendiri tidak mudah. Dibutuhkan ide-ide segar untuk memberikan sentuhan kreatif di sebuah video. Jika video yang digunakan untuk promosi semakin menarik, maka video tersebut akan viral dan dikenal banyak masyarakat luas.  

Perkembangan pemasaran di ranah digital membuat perusahaan harus semakin kreatif untuk mengembangkan usaha dan bersaing dengan kompetitor. Menggunakan jasa digital agency tidak ada salahnya jika perusahaan belum memiliki sumber daya manusia dan kemampuan yang mumpuni. Nah, apakah Anda tertarik menggunakan layanan digital agency?