soft skill

8 Soft Skill Wajib untuk Fresh Graduate Agar Cepat Kerja

Soft skill adalah kemampuan karakter pribadi seseorang dalam interaksi dan meningkatkan kemampuan individu. Hal ini menjadi cukup penting bagi setiap aspek kehidupan, termasuk bagi fresh graduate yang baru saja lulus dan hendak mencari kerja. Menurut survei yang dilakukan oleh LinkedIn pada 2019, 92%  recruiter dan profesional bisnis menilai bahwa soft skill sangatlah penting dalam mengawali suatu karir.  Maka, soft skill adalah hal penting bagi fresh graduate yang baru saja lulus jika ingin mengawali karir dan mendapatkan pekerjaan. 

Sementara itu, fresh graduate sendiri belum memiliki banyak pengalaman dibandingkan profesional yang telah meniti karir lebih dahulu. Tentu saja kemampuannya pun akan jauh berbeda jika dibandingkan. Namun, bukan berarti minimnya pengalaman dan kemampuan yang dimiliki fresh graduate membuat mereka tak mampu menggapai karir idaman. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka, salah satunya adalah mempelajari hal-hal yang akan mendukung langkah mereka dalam mendapatkan pekerjaan. 

Nah, penasaran apa saja soft skill yang wajib dimiliki fresh graduate agar cepat dapat kerja? LinovHR akan membahasnya dengan lengkap spesial bagi fresh graduate yang ingin cepat kerja! 

 

Komunikasi 

Tahukah Anda jika kemampuan komunikasi yang buruk akan membawa perusahaan menuju kerugian? Salah satu faktor kegagalan perusahaan dalam menjalankan bisnis adalah pola komunikasi yang buruk. Dengan demikian, komunikasi yang efektif adalah alat penting bagi setiap perusahaan. Komunikasi yang efektif juga dapat membina hubungan kerja yang baik antara staf dan atasan yang akan meningkatkan moral dan efisiensi. Dalam konteks pekerjaan, komunikasi yang dimaksud mencakup komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi yang terjalin dengan baik pada awal pekerjaan turut membuat impresi yang berkesan bagi orang-orang baru di perusahaan. 

 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja

 

Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis data dan informasi secara logis dan objektif serta sangat berharga bagi pengusaha karena akan menghemat waktu dan upaya dalam bisnis. Semua pengumpulan data, pendapat, dan argumen harus berorientasi pada hasil dan sumber valid. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi secara secara rasional dari semua perspektif untuk mencapai solusi atau keputusan akurat. 

 

Mampu Bekerjasama dalam Tim

Tidak peduli apapun jenis pekerjaannya, karyawan akan selalu diminta untuk berinteraksi dengan orang lain seperti atasan dan sesama karyawan. Dalam interaksi ini, pastinya ada berbagai perbedaan latar belakang dan perspektif yang berbeda.  Oleh karena itu, kerjasama dalam tim adalah hal mutlak yang harus dimiliki dalam setiap individu. Kerjasama yang solid dan kuat sanggup membawa perusahaan kepada tujuan akhir yang pada akhirnya akan mensejahterakan karyawan. 

 

Problem Solving yang baik

Dalam bekerja, seorang karyawan akan selalu menghadapi berbagai macam masalah. Karyawan harus bersedia menghadapi risiko dan konsekuensi yang timbul pada masalah pada saat yang sama berusaha untuk memecahkan masalah secara profesional. Kemampuan problem solving akan menciptakan kesan profesional dan meningkatkan nilai si karyawan itu sendiri.  Tentu saja, perusahaan akan memberikan apresiasi berkat ketekunan dan tanggung jawab untuk memecahkan masalah.

 

Manajemen Waktu

Manajemen waktu menjadi poin yang amat penting. Di dunia kerja, terdapat berbagai macam rangkaian pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai target dan tepat waktu. Keterampilan ini akan menjadi penting karena perusahaan akan menuntut karyawan untuk disiplin dan dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Untuk memiliki manajemen waktu yang baik, ada baiknya para fresh graduate untuk mempelajari bagaimana memprioritaskan tingkat kepentingan dari kegiatan harian agar tidak kelabakan ketika menghadapi situasi kerja yang nyata. 

 

Baca Juga:  10 Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja

 

Perhatian terhadap detail

Perhatian terhadap detail adalah kemampuan untuk memperoleh akurasi dan presisi saat melakukan tugas. Dalam era modern ini, semua orang akan perlu untuk memiliki kemampuan untuk menghasilkan tugas yang bersifat komprehensif, menyeluruh dan akurat yang secara tidak langsung mencerminkan sikap profesionalisme dalam bekerja. Untuk memiliki kemampuan ini, fresh graduate dapat membiasakan diri dengan melakukan perencanaan sebelum melakukan tugas, memfokuskan diri, dan mengecek kembali pekerjaan yang telah dilakukan. 

 

Komitmen

Perusahaan tentu ingin karyawan yang memiliki komitmen tinggi. Adalah menjadi hal umum jika seorang karyawan yang bersedia serta mampu memberikan waktu terbaik dan dedikasinya akan bermanfaat bagi kemajuan perusahaan. Pada akhirnya keberhasilan atau kegagalan organisasi berhubungan erat dengan komitmen dan motivasi karyawannya. Oleh karena itu, penting untuk menekankan dari awal bahwa seorang fresh graduate memiliki komitmen besar untuk tumbuh dan berkembang dengan perusahaan.

 

Inovatif dan Kreatif 

Ide adalah hal yang sangat mahal dan dibutuhkan perusahaan dalam menghadapi kompetitor dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Perusahaan akan selalu meminta ide dan inovasi kreatif dari para karyawan demi perkembangan perusahaan agar sanggup menghadapi perubahan pasar yang dinamis. Maka dari itu, dibutuhkan kandidat yang mampu berpikir “out of the box” serta inovatif dan kreatif  dalam mencari ide. 

Mayoritas semua soft skill di atas tidak diajarkan semasa bangku kuliah. Namun jangan khawatir! Selama berusaha dengan keras dan kontinu, fresh graduate dapat mempelajarinya secara otodidak melalui kegiatan sehari-hari, menjadi sukarelawan, dan kegiatan organisasi. Maka, tak ada hal yang terlambat dipelajari selama diri bertekad untuk  untuk jauh lebih baik.