Media komunikasi

Pengertian Media Komunikasi: Fungsi, Jenis, dan Berbagai Jenisnya

Komunikasi selalu dilakukan setiap hari. Baik ketika berbicara bersama orang lain sampai dengan mendapatkan informasi dari berbagai media. Karena itu penting sekali bagi kita untuk membahas tentang media komunikasi. Sebab komunikasi yang baik sangat bermanfaat mulai dari ketika di dunia kerja dan bisnis maupun dalam kehidupan secara umum. 

 

Apa Itu Media Komunikasi?

Komunikasi adalah cara bagaimana agar sebuah pesan dapat sampai dari pembawa pesan kepada penerimanya. Agar lebih memahami apa itu media komunikasi, mari telaah dahulu apa arti dari komunikasi itu sendiri. Berikut adalah pengertian media komunikasi dari beberapa ahli:

 

Harold Laswell (1948)

Menurut Laswell, komunikasi adalah upaya untuk menjawab pertanyaan apa, siapa, melalui saluran apa, kepada siapa dan memberi dampak apa. 

 

Blake & Horalsen

Media komunikasi adalah saluran yang digunakan untuk mengantarkan pesan dari pihak pembawa pesan kepada penerima pesan. 

 

Cangara (2006)

Media adalah sarana penyampaian pesan dari komunikator kepada audiens. Media yang sering digunakan dalam komunikasi adalah panca indera yang dimiliki manusia. Dimana pesan ditangkap oleh indera seperti mata dan telinga untuk kemudian diolah untuk kemudian dijadikan sebagai dasar tindakan.

 

Leslie J. Briggs

Media merupakan alat yang memiliki bentuk fisik digunakan untuk menyampaikan materi. Media tersebut dapat berupa televisi, komputer, video, gambar, grafik dan lain sebagainya.

 

National Education Association 

Lembaga ini mengutarakan bahwa media merupakan sarana dalam bentuk cetak atau audio visual untuk digunakan sebagai sarana komunikasi. 

 

Badusah (2000)

Media komunikasi adalah perantara yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan berbagai media seperti gambar, berita atau lainnya untuk menyampaikan pesan atau pandangan. 

Dari beberapa pandangan ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa media komunikasi adalah sarana atau perantara atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pihak pembawa pesan kepada penerima pesan. 

 

Baca Juga: Peranan Komunikasi Informal dalam Pengelolaan SDM Perusahaan

 

Fungsi Media Komunikasi

Media komunikasi sendiri memiliki beberapa fungsi. Apa saja fungsi-fungsi tersebut?

Menurut McNair, media komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut: 

 

  • Edukasi dan Pemberian Informasi. Menyampaikan fakta-fakta yang ada kepada penerima informasi. Media juga berfungsi untuk menyampaikan norma, aturan, dan nilai kepada pengguna media. 
  • Corong Opini. Masyarakat luas dapat menggunakan media komunikasi sebagai wadah untuk menyampaikan opini atau pendapat. 
  • Pengawas Kebijakan. Media komunikasi menjadi sarana untuk mempublikasikan apa saja yang kebijakan dan praktek dari kebijakan yang diambil oleh sebuah lembaga pemerintahan. 
  • Pemantauan. Media komunikasi juga berfungsi untuk memantau apa saja yang terjadi. Misalnya saja masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai perubahan iklim, bencana alam, atau informasi mengenai prosedur kesehatan dan lain sebagainya. 

Jenis Media Komunikasi

Berdasarkan Jenis Saluran

Apabila merujuk pengertian media sebagai saluran komunikasi maka jenis saluran yang ada terbagi menjadi dua yaitu verbal dan non verbal. 

 

Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah pesan yang disampaikan menggunakan suara atau pesan yang diucapkan. 

Bentuk dari komunikasi verbal terdiri sebagai berikut:

  1. Komunikasi Oral. Di dalam komunikasi oral, pesan disampaikan dari pembawa pesan kepada penerima menggunakan kata-kata yang diucapkan secara lisan. Dalam artian informasi yang disampaikan tidak ada bentuk cetak atau tertulis yang dapat dibaca, hanya dapat didengarkan. 
  2. Komunikasi Tertulis. Sementara itu di dalam komunikasi tertulis pesan disampaikan dalam bentuk tulisan yang disampaikan dari pembawa kepada penerima pesan. Komunikasi tertulis ini dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu membaca dan menulis. 

Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa harus menyampaikan pesan dengan suara ataupun bentuk pesan tertulis. 

Komunikasi non verbal memiliki beberapa bentuk seperti berikut ini:

  • Bahasa tubuh
  • Ekspresi wajah
  • Gerakan tubuh
  • Sentuhan
  • Penampilan
  • Sikap 
  • Dll.

 

Baca Juga: Kuasai Komunikasi Asertif Agar Kerja Selalu Lancar! 

 

Berdasarkan Cara Penyebaran

Sementara itu apabila melihat jenis media komunikasi berdasarkan cara penyebaran, maka terdapat beberapa jenis: 

Media Suara (Audio)

Pesan diterima menggunakan salah satu indra yaitu telinga. Sementara pesan disampaikan melalui suara atau verbal yang disampaikan menggunakan alat yang memancarkan frekuensi tertentu. Contohnya saja radio, CD motivasi, pemutar audio lainnya.

 

Media Visual

Media komunikasi visual adalah penyampaian pesan atau informasi menggunakan bentuk yang dapat dilihat oleh mata. Bentuknya dapat berupa foto, gambar, atau gambar bergerak. Bentuk media visual sering digunakan pada baliho, poster, atau iklan digital bergerak menggunakan videotron. 

 

Media Audio Visual

Media audio visual adalah penyampaian pesan menggunakan suara dan bentuk visual seperti gambar atau video yang digabungkan. Contoh paling mudah adalah televisi. Namun media audio visual kini semakin berkembang seiring kemajuan teknologi. Misalnya saja smartphone, media sosial daring seperti YouTube, Instagram, atau platform lain yang berbasis internet. 

 

Media Cetak

Media cetak adalah saluran untuk menyampaikan pesan menggunakan bentuk tulisan yang dicetak. Contohnya adalah surat kabar, buku, majalah, brosur, buletin dan sebagainya. 

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi kini semakin maju. Karena itu kita tidak bisa mengabaikan jenis media komunikasi yang digunakan berdasarkan cara pemindahan data. Diantaranya:

  • Analog: Jaringan untuk menyebarluaskan pesan seperti radio dan televisi
  • Digital: Teknologi yang digunakan sebagai perantara komunikasi data antar komputer. Seperti internet dan jaringan komputer lokal di dalam sebuah perusahaan. 

 

 

Media komunikasi adalah sarana yang sangat penting untuk menyampaikan pesan dari pemilik pesan kepada penerima pesan. Baik perorangan maupun secara massal. 

Sebab di era teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini, kebutuhan akan media komunikasi terus ada dan akan selalu meningkat.  Penggunaan media juga dapat Anda terapkan pada bisnis atau perusahaan Anda. Dengan media komunikasi yang tepat maka produktivitas akan terus meningkat.