sustainability report

Apa itu Sustainability Report, dan Mengapa Ini Jadi Penting?

Laporan keberlanjutan atau sustainability report merupakan hal yang penting harus disertakan perusahaan. Report tersebut dibuat dengan desain tertentu agar menghindari kegiatan usaha dari masalah lingkungan dan sosial. Desain laporan berkelanjutan tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab setiap tahun pihak Otoritas Jasa Keuangan mewajibkan penyertaan dalam laporan perusahaan. 

 

Sekilas Tentang Sustainability Report

Sustainability report adalah laporan keberlanjutan yang diterbitkan oleh perusahaan dengan tujuan melaporkan kinerja perusahaan. Ada 3 aspek utama yang dijabarkan yakni  aspek lingkungan, aspek ekonomi, dan aspek sosial.

Dulunya laporan keberlanjutan bukan laporan wajib ada bagi setiap perusahaan. Seiring perkembangan zaman dan tuntutan pertanggungjawaban dari pemerintah, laporan ini menjadi hal wajib ada. Terutama digunakan untuk pertanggungjawaban perusahaan kepada masyarakat luas mengenai aktivitas yang dilakukan dan dampak program.

Sustainability report baru populer sekitar tahun 1980-an. Pertama kalinya digagas oleh sebuah perusahaan kimia dengan tujuan memperbaiki citra yang bermasalah. Adapun perusahaan lain yang mempelopori laporan keberlanjutan yakni perusahaan tembakau. Tujuannya untuk meningkatkan tren investor agar tertarik menginvestasikan uang mereka (ethical investing).

 

Mengapa Sustainability Report Penting?

Suatu laporan pasti memiliki alasan mengapa harus dibuat. Ada berbagai alasan pentingnya sustainability report sebuah perusahaan, antara lain:

 

Menjaga dan Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Pertama, dalam rangka menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan. Laporan ini juga mendorong perbaikan transparansi dan pelaporan demi terciptanya kepercayaan masyarakat kepada perusahaan. Berdasarkan studi dari Boston College Center for Corporate Citizenship dan EY (2013) mengungkapkan laporan keberlanjutan mampu mengoptimalkan reputasi perusahaan.

 

Memenuhi Harapan Karyawan

Melalui laporan tersebut dapat memenuhi harapan dari seluruh karyawan. Bahkan dikatakan perusahaan yang menerbitkan laporan berkelanjutan menciptakan loyalitas karyawan lebih tinggi.

 

Baca Juga: 10 Manfaat Membangun Relasi dengan Rekan Kerja

 

Meningkatkan Akses Terhadap Modal

Berdasarkan penelitian terbaru pada perusahaan yang mengeluarkan laporan berkelanjutan memiliki Kaplan-Zingales. Dimana indeks skor 0,6 lebih dan positif untuk meningkatkan akses modal perusahaan.

 

Melakukan Efisiensi dan Pengurangan Limbah

Melalui laporan berkelanjutan juga perusahaan dapat mengefisiensi dan mengurangi dampak limbah bagi lingkungan sekitar. Dalam proses pembuatan sustainability report mendorong perusahaan agar mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak terhadap lingkungan. Melalui data tersebut tercipta transparansi atas kinerja perusahaan. Sehingga dapat mengambil keputusan untuk mengurangi penggunaan SDA, meningkatkan efisiensi, dan kinerja operasional.

 

Hal-hal yang Harus Ada dalam Sustainability Report

Sustainability report versi GRI biasanya dijadikan referensi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Jadi, hal-hal yang harus ada dalam sustainability report, antara lain:

 

Strategi dan Profil

Menampilkan pandangan strategis tingkat tinggi terkait hubungan organisasi dengan keberlanjutan dalam rangka penyediaan konteks laporan lebih detail. Strategi ini penting untuk menunjukkan apakah perusahaan adalah organisasi yang kredibel atau tidak. 

 

Profil Organisasi

Profil organisasi atau perusahaan menampilkan identitas perusahaan secara singkat. Umumnya profil organisasi akan memuat poin-poin berikut ini:

  1. Nama organisasi
  2. Merek, produk, dan jasa utama
  3. Struktur operasional organisasi (divisi utama, perusahaan menjalankan usaha, perusahaan anak dan usaha patungan.
  4. Lokasi kantor pusat organisasi 
  5. Jumlah negara atau wilayah perusahaan beroperasi
  6. Sifat kepemilikan (legalitas)
  7. Pelayanan pasar (berdasarkan geografi, sektor, jenis konsumen)
  8. Skala organisasi (jumlah pegawai, penjualan neto, dan pendapatan netto) 

 

Parameter Laporan

Isi dari parameter laporan dibuat sangat terperinci. Informasi yang ditampilkan terdiri dari:

  1. Periode pelaporan (tahun fiskal atau kalender)
  2. Tanggal laporan sebelumnya yang terbaru
  3. Siklus pelaporan 
  4. Alamat kontak

 

Baca Juga: Pengertian Company Profile dan Contohnya

 

Tata Kelola, Komitmen, dan Keterlibatan

Semua perusahaan pasti mempunyai tata kelola, komitmen, dan keterlibatan dalam aspek tertentu. Untuk lebih jelasnya, informasi yang disajikan adalah sebagai berikut: 

  1. Tata kelola organisasi, termasuk komite yang memiliki tanggung jawab pada tugas khusus, contohnya menetapkan strategi atau mekanisme.
  2. Komitmen terhadap inisiatif eksternal. Termasuk juga pendekatan dan pencegahan yang dilakukan oleh perusahaan.
  3. Keterlibatan pemangku kepentingan umumnya yang turut campur selama periode laporan dibuat.

 

software hris

Tanggung jawab pada Lingkungan

Dimensi lingkungan keberlanjutan disinyalir berpengaruh terhadap sistem biotik dan abiotik. Sementara, lingkungan meliputi kinerja yang berkaitan dengan input (air, material, energi) dan output (air limbah, limbah, emisi). Banyak perusahaan di Indonesia yang wajib menerbitkan laporan keberlanjutan. Contoh daftar perusahaan yang memberikan sustainability report antara lain: 

  1. PT Vale Indonesia Tbk
  2. PT Perusahaan Gas Negara Tbk
  3. PT Pupuk Kalimantan Timur
  4. PT Pupuk Indonesia (Persero)
  5. PT Pertamina Hulu Energi ONWJ (PHE ONWJ)
  6. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk
  7. PT ANTAM Tbk
  8. PT Indo Tambangraya Megah Tbk
  9. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
  10. PT Indonesia Power
  11. PT Bio Farma (Persero)

 

Beralih Membuat Sustainability Report dengan LinovHR

Menyoal pembuatan sustainability report dibutuhkan pengkajian secara mendalam. Apabila dikerjakan mendadak dan kurang persiapan akan mengurangi kualitas dan transparansi. Solusi terbaik membuat laporan melalui Software HRD LinovHR. Laporan keberlanjutan yang dibuat akan terpisah dari penilaian kinerja. LinovHR sangat cocok digunakan pada pembuatan sustainability report secara kontinu. Selain itu, LinovHR juga membantu memperbaiki rencana kinerja untuk jangka panjang agar lebih efektif.  Hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut!