Rekan Kerja

10 Manfaat Membangun Relasi dengan Rekan Kerja

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan sesamanya. Artinya, selama manusia masih hidup, manusia akan membutuhkan bantuan orang lain. Begitu pula dalam dunia kerja. Apalagi di dunia kerja, karyawan akan menemui berbagai tantangan dan hambatan. Penting bagi karyawan untuk membangun relasi dengan rekan kerja agar tidak sendirian menjalani pekerjaannya. 

 

Pentingnya Membangun Relasi dengan Rekan Kerja

Diperlukan relasi yang kuat, positif, dan harmonis dengan karyawan lain untuk membantu kinerja karyawan. Banyak berteman bukan berarti kinerja akan menurun, loh! Sebuah riset yang dilakukan oleh LinkedIn menyebutkan 46% profesional percaya bahwa berteman di dunia kerja dapat meningkatkan kebahagiaan karyawan. Relasi dengan rekan kerja membantu sesama karyawan untuk merasa terhubung, termotivasi, dan produktif. 

Untuk itulah karyawan wajib mencari tahu bagaimana cara berteman yang baik. Karyawan dengan temannya tidak akan merasa sungkan untuk meminta saran atau kritik untuk membangun kinerja satu sama lain. Khususnya jika beban kerja sedang banyak-banyaknya. Bukankah akan lebih mudah jika beban kerja dikerjakan bersama-sama? 

 

Manfaat Membangun Relasi dengan Rekan Kerja

Bagi banyak pengusaha dan manajerial berpikir bahwa pertemanan di dunia kerja dapat menurunkan produktivitas dikarenakan karyawan akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengobrol dibandingkan bekerja dengan efisien. Hal ini adalah pemikiran yang keliru. Ada begitu banyak manfaat menjalin pertemanan di tempat kerja. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah manfaat membangun relasi dengan rekan kerja! 

 

1. Bekerja Lebih Menyenangkan

Ketika seorang karyawan bekerja bersama rekan kerja yang telah dikenalnya dengan baik, karyawan akan merasa lebih senang walau menghadapi hambatan dan tangan dalam bekerja. Beban kerja tidak terasa karena karyawan akan bersama-sama mencari solusinya. Sebaliknya, jika karyawan tidak punya rekan terdekat, maka beban kerja karyawan terasa lebih berat dan karyawan cenderung merasa bosan. 

 

2. Support System

Keberadaan support system atau sistem dukungan sosial sangat penting bagi seorang manusia. Support system adalah beberapa orang terdekat tempat menyampaikan keluh kesah dan mencari saran. Melalui support system, karyawan akan menghabiskan waktu istirahat bersama, berbagi pengalaman, meminta saran dan kritik, dan lainnya. Mereka sudah tahu seperti apa kejadian yang karyawan tersebut alami karena mereka melalui waktu bersama-sama dengan karyawan.

 

3. Kepuasan Kinerja

Memiliki teman di tempat kerja membuat karyawan merasa lebih terhubung dengan perusahaan. Rasa terhubung yang lebih kuat membuat karyawan merasa lebih puas dalam bekerja. Karyawan yang memiliki kepuasaan kinerja tinggi dikenal loyal dan mampu berkontribusi lebih kepada perusahaan. Jika seorang karyawan ingin mencintai pekerjaannya, maka fokuslah untuk mengembangkan lingkungan positif di sekitar dan berinteraksi dengan kenalan sesama karyawan dengan cara yang ramah.

 

performance review

4. Meningkatkan Sense of Belonging

Tidak ada yang suka merasa kesepian. Manusia adalah makhluk sosial, dan itu tidak berubah hanya karena individu bekerja. Hubungan yang baik dengan rekan kerja akan membantu karyawan merasa diterima di tempat kerja. Rasa keterlibatan yang lebih jauh akan meningkatkan sense of belonging. Karyawan yang memiliki sense of belonging tinggi cenderung bekerja lebih rajin dan tulus untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. 

 

5. Merangsang Produktivitas dan Motivasi

Berkutat terlalu lama dengan pekerjaan dan terisolasi di balik meja akan menyedot motivasi untuk  menyelesaikan pekerjaan. Kemudian pada akhirnya karyawan merasa kewalahan dengan pekerjaan dan akan mengurangi produktivitas. Di sisi lain, ketika  karyawan memiliki teman di tempat kerja dan kita dapat menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan mereka, karyawan merasa lebih termotivasi dan menjadi lebih produktif. 

 

Baca Juga: 7 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

 

6. Memperkuat Teamwork

Ketika orang mengenal satu sama lain dengan baik, kemungkinan besar mereka akan bekerja secara efektif dan efisien. Akan tetapi, jika beberapa orang yang tidak begitu dekat bekerja dalam satu tim, mereka akan membutuhkan banyak waktu untuk memulai pekerjaan dan mengkoordinasikan kinerja proyek. Hal ini akan berbeda dengan tim yang berisi karyawan yang sudah saling mengenal dengan baik. Karyawan berteman baik akan berkomunikasi satu sama lain tanpa ragu dan berkolaborasi untuk kemajuan kinerja tim. Jadi, dapat dikatakan teamwork pun akan semakin kuat dan solid. 

 

7. Sarana Menuju Karir Impian

Karyawan yang baru saja meniti karir membutuhkan banyak bimbingan dan bantuan dari karyawan lain yang lebih berpengalaman. Dengan menjalin pertemanan dengan karyawan yang lebih berpengalaman, karyawan tersebut lebih mudah untuk menuju karir impian. Karyawan tersebut dapat berkonsultasi dan mempelajari bagaimana kinerja seniornya yang lebih baik untuk perbaikan kinerja. 

 

8. Membangun Budaya Positif

Budaya kerja yang positif dihasilkan oleh kolaborasi kerja antara sesama karyawan, baik dengan staf dan manajerial. Saat budaya perusahaan yang positif mulai tumbuh, secara tak langsung hal itu akan menarik kandidat terbaik untuk melamar kerja di perusahaan. Sebab, kandidat terbaik biasanya lebih memilih perusahaan dengan budaya kerja yang positif. Adanya budaya yang positif juga meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat. Jadi, masyarakat tetap memilih dan menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. 

 

9. Mengembangkan Komunikasi

Berbicara dengan teman kerja mungkin berbeda dengan berbicara dengan supervisor atau manajer, tetapi setiap komunikasi kecil dengan teman kerja akan membantu karyawan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Sehingga karyawan lebih rileks dalam berkomunikasi dengan semua pihak, seperti client, manajer, dan sesama karyawan dari divisi lain. Skill komunikasi yang terus berkembang juga mengurangi stres. Sebab, komunikasi yang lancar dapat menekan kesalahpahaman sehingga kemungkinan konflik pun bisa diminimalisir sekecil mungkin. 

 

10. Memperkokoh Bisnis 

Manfaat terakhir yang dapat diambil dari membangun relasi dengan rekan kerja adalah memperkokoh bisnis perusahaan. Dengan produktivitas, motivasi tinggi, dan sense of belonging akan membuat kinerja karyawan jauh lebih sempurna daripada karyawan yang hanya sekedar bekerja saja. Dampaknya adalah bisnis perusahaan akan semakin kokoh untuk bersaing dengan kompetitor yang lain. 

Penting bagi HRD untuk berusaha menciptakan lingkungan kerja yang positif melalui pengelolaan karyawan yang optimal. HRD bisa membangun relasi yang baik dengan sesama karyawan dengan mengembangkan pelatihan soft skill seperti bagaimana melakukan kerja tim yang benar, public speaking, dan sebagainya. Modul Learning and Development dalam Software HRD dari LinovHR dapat membantu HRD menyusun pelatihan yang sistematis untuk mebangun hubungan sehat antara rekan kerja, sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik, Coba Gratis Software HR LinovHR dengan mengklik tautan ini -> Coba Gratis HR Software LinovHR

Itulah beberapa manfaat dari membangun relasi dengan rekan kerja. Semoga dapat membantu dan memberikan inspirasi!