performance matrix

Mengenal Fitur Performance-Potential Matrix LinovHR dan Manfaatnya

Setiap perusahaan memiliki bagian HRD atau Human Resource Department yang umumnya melakukan pengelolaan terhadap karyawan. Tidak hanya bertugas mengelola karyawan, tugas seorang HRD adalah mengembangkan performa karyawannya. 

Salah satu cara mengembangkan karyawan adalah melalui performance matrix.

Performance matrix dapat digunakan HR untuk mengetahui potensi serta performa seorang karyawan yang tentunya dapat membantu HRD untuk mengembangkan potensi karyawan tersebut.

Salah satu fitur dalam software HRIS LinovHR untuk mendukung penilaian potensi atau performa karyawan bernama Performance-Potential Matrix.

 

Apa Itu Fitur Performance-Potential Matrix LinovHR?

Performance-Potential-Matrix
Performance-Potential-Matrix

 

Fitur Performance-Potential Matrix dalam LinovHR menyajikan tabel matrix dimana menunjukkan indikator performance matrix dan potential matrix. Kedua matrix ini tentunya menyajikan data yang berguna untuk HRD dalam mengembangkan potensi karyawannya.

Anda juga tidak perlu khawatir karena fitur Performance-Potential Matrix LinovHR mudah untuk dioperasikan. Tampilan yang diberikan pun memudahkan Anda untuk menilai performa dan potensi karyawan Anda.

 

Manfaat Fitur Performance-Potential Matrix

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, fitur ini dapat digunakan untuk menganalisa serta mengembangkan potensi karyawan dalam perusahaan.

Tujuan dari menggunakan matrix ini adalah mengevaluasi kinerja karyawan di masa lalu dan merencanakan karyawan menempati posisi-posisi strategis berdasarkan potensinya.

Performance matrix digunakan oleh HRD untuk menilai kinerja seorang karyawan di masa lalu. Apakah mereka memiliki performa rendah, sedang, atau tinggi. 

Begitu pula dengan potential matrix yang digunakan untuk mengetahui suatu potensi dari seorang karyawan apakah rendah, sedang, atau tinggi.

Beberapa manfaat jika Anda menggunakan fitur Performance-Potential Matrix sebagai berikut:

 

1. Mudah Digunakan

Performance-Potential Matrix pada dasarnya mudah digunakan bagi HRD bahkan yang baru mengenal matrix ini. Memiliki penggambaran kelompok yang jelas serta mudah dipahami dalam membuat suatu penilaian.

Potential dan performance matrix juga berguna dalam menghadapi jebakan assessment karyawan yang biasanya tidak sesuai terhadap hasil assessment yang dilakukan.

 

2. Lebih Akurat

Meskipun subjektivitas dalam penilaian karyawan tidak dapat dihilangkan, namun dengan menggunakan Performance-Potential Matrix Anda mendapatkan data yang lebih akurat. 

Tidak jarang para manajer memiliki penilaian sendiri terhadap performa karyawan secara subjektif.

 

3. Berpusat Pada Karyawan

Penilaian yang berpusat pada karyawan menjadi hal yang baik. Hasil penilaian tersebut tentunya dapat memberikan manfaat bagi perkembangan karyawan kedepannya. Bahkan, dapat membantu karyawan yang tidak mengetahui potensi atas dirinya sendiri.

 

Baca juga: Perbedaan Performance Management dan Performance Development

 

Analisa Karyawan Potensial Bersama LinovHR

LinovHR merupakan jawaban Anda dalam mengelola karyawan potensial dengan modul Succession Management. Memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi di perusahaan Anda.

Fitur Succession Settings dalam modul Succession Management memudahkan Anda mengatur berbagai level kesiapan karyawan untuk menduduki jabatan atau posisi penting kedepannya. Selain itu, untuk menentukan potential successor Anda dapat menggunakan fitur Career Path.

Untuk melihat karyawan yang telah memenuhi kualifikasi untuk menduduki posisi-posisi penting, Anda dapat memanfaatkan fitur Succession Pool. Bahkan, terdapat fitur Bench Strength yang membantu Anda untuk melihat sejumlah posisi dengan status successornya. Apakah posisi tersebut memiliki calon pengganti yang telah siap atau belum ada sama sekali.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengelola suksesi karyawan dalam perusahaan untuk meningkatkan output yang diharapkan. Kelola dengan mudah dan praktis menggunakan software HRIS LinovHR.

 

Dengan menggunakan software HRIS LinovHR pastinya dapat membuat tugas HRD perusahaan Anda semakin mudah. Anda dapat mengelola perkembangan potensi karyawan dengan Fitur potential dan performance matrix yang telah disediakan oleh LinovHR.