gaji youtuber

Berapa Gaji Youtuber? ini Perhitungan Penghasilan atau Gaji Youtuber

Youtube dapat dikatakan sebagai layanan berbagi video paling populer di dunia. Diluncurkan pada tahun 2005, Youtube kini mempunyai jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Sebagian besar konten yang diunggah ke situs Youtube berasal dari individu atau yang disebut sebagai Youtuber, dan banyak diantaranya menganggap Youtuber sebagai pekerjaan mereka dan saluran mereka sebagai sumber pendapatan utama. 

Besarnya gaji Youtuber dikalkulasikan berdasarkan jumlah subscriber dan views yang melihat video mereka. Angkanya pun sangat fantastis, loh! Penasaran ulasan lengkapnya? Check this out! 

 

Berapa Gaji Youtuber Pemula? 

Selama bertahun-tahun, pengguna Youtuber telah mengubah saluran video mereka menjadi karier dan ini memiliki dampak yang luar biasa pada keadaan industri hiburan. Lantas, berapa sebenarnya gaji Youtuber pemula?

Perlu diketahui, Google membayar sekitar 68% pendapatan dari AdSense, maksudnya untuk setiap 100 US dollars yang dibayarkan oleh pihak pengiklan kepada Google, maka Google akan membayar sekitar 68 US dollars atau sekitar Rp.952 ribu kepada Youtuber. Tarif yang dibayar pihak pengiklan sebenarnya bervariasi, antara 0,10 US dollars hingga 0,30 US dollars per tampilan iklan.

Melansir dari katadata.co.id, gaji youtuber pemula rata-rata mencapai 18 US dollar atau sekitar Rp.245.000 untuk 1000 tayangan. Jumlah pendapatan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu seiring perkembangan trend di Youtube. 

 

Perhitungan Gaji Youtuber

Jumlah gaji Youtuber dipengaruhi oleh banyak faktor seperti klik pada tampilan iklan, lokasi negara, topik video, konten video, dan harga iklan atau AdSense. Oleh karena itu, bisa saja pendapatan Youtuber di luar negeri dan di Indonesia bisa saja berbeda karena tarif iklan nya pun berbeda. 

Rata-rata saluran video Youtuber menerima penghasilan sebesar 18 US dollar atau sekitar Rp.252.000  per 1.000 penayangan iklan, yang mana setara dengan 3 US dollar hingga 5 US dollar per 100 penayangan video atau sekitar Rp.45.000  hingga Rp. 70.000. 

Gaji Youtuber dihitung dengan menggunakan konsep cost per mille atau biaya yang dihitung per seribu tampilan. Tak hanya itu, penghasilan Youtuber juga berasal dari banyaknya penonton klik iklan yang muncul muncul pada saluran video. Selain iklan, penghasilan Youtuber juga didapatkan dari hasil endorsement atau bekerja sama dengan suatu brand atau merek produk. 

 

Baca Juga: Mau Jadi Content Creator? Kenali Skill Wajib yang Harus Dikuasai! 

 

Top 10 Penghasilan Youtuber di Indonesia

Saat ini, profesi menjadi seorang Youtuber cukup digemari masyarakat Indonesia, terutama kalangan anak muda. Berikut 10 Youtuber Indonesia yang populer beserta penghasilannya:

1. Ria Ricis

Di posisi pertama, Ria Ricis merupakan Youtuber Indonesia dengan jumlah subscriber 25,7 juta dan jumlah video yang diupload sebanyak 1.369 video. Berdasarkan banyaknya video yang diupload tersebut, Youtuber Ria Ricis memiliki jumlah penonton sekitar 3.8 milyar. Dengan banyaknya jumlah penonton tersebut, maka gaji Youtuber Ria Ricis sebesar 195 ribu US dolar hingga 312 ribu US dollar per bulan atau sekitar Rp.2,7 milyar – Rp.4,5 milyar.

 

2. Atta Halilintar

Atta Halilintar memiliki jumlah subscriber yang tidak beda jauh dengan Ria Ricik yakni sebanyak 27,6 juta subscriber dengan jumlah video sebanyak 1.306. Hal ini menyebabkan Atta Halilintar memiliki total jumlah penonton sebanyak 3,3 milyar. Kanal Atta Halilintar diprediksi menghasilkan pendapatan sebesar 131 ribu US dollar – 209 ribu US dollar atau setara dengan Rp.1,8 milyar – Rp.2,9 milyar per bulan. 

 

3. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Rans Entertainment)

Artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ternyata juga mencoba peruntungannya di industri Youtube dengan nama kanal Rans Entertainment. Meski jumlah subscriber Rans Entertainment tidak sebanyak Ria Ricis maupun Atta Halilintar, tetapi penghasilan Rans Entertainment jauh lebih besar yakni sekitar 34 ribu US dollar –  558 ribu US dollar atau setara dengan Rp.499 juta – Rp.7.98 milyar per bulannya. Rans Entertainment memilih jumlah subscriber 20.7 dengan 2.196 video yang diunggah, serta jumlah penonton akumulatif sebanyak 4.21 milyar.  

 

4. Deddy Corbuzier

Setelah pensiun dari profesinya sebagai pesulap profesional, Deddy Corbuzier mulai melebarkan kariernya di industri Youtube. Perkembangan karir Deddy Corbuzier di Youtube berkembang pesat, bahkan saat ini kanal Youtubenya sudah memiliki 14,5 juta subscriber dengan total unggahan video sebanyak 858. Berdasarkan jumlah video yang diunggah, kanal Youtube Deddy Corbuzier memiliki jumlah penonton (akumulatif) sebanyak 2.49 milyar.

 

5. Baim Wong dan Paula Verhoeven (Baim Paula)

Di posisi kelima, masih dari kalangan artis yaitu Baim Wong dan Paula Verhoeven dengan nama channel nya yaitu BaimPaula. Gaji Youtuber Baim Paula diprediksi sebesar 19 ribu US dollar hingga  300 ribu US dollar atau sama dengan Rp.275 juta – Rp.4.41 milyar setiap bulannya. Youtuber BaimPaula memiliki jumlah subscriber sebanyak 18.8 juta, total unggah video sekitar 1.414, dan jumlah penonton akumulatif sebanyak 3.25 milyar. 

 

6. Jess No Limit

Jess No Limit adalah seorang Youtuber Indonesia yang konten-konten videonya berfokus pada streaming game online atau review game. Sebagai salah satu gamers yang paling populer, kanal Youtube Jess No Limit memiliki total subscriber sebanyak 19,7 juta dengan total video yang diunggah 1.341 video. Gaji Youtuber Jess No Limit per bulannya diprediksi berkisar 18,9 ribu US dollar hingga 302 ribu US dollar atau setara Rp.267 juta hingga Rp.4,2 milyar.

 

Baca Juga: Keterampilan Wajib yang Harus Dikuasai Programmer

 

7. Frost Diamond

Frost Diamond mungkin nama yang cukup asing di telinga kita, namun Youtuber satu ini cukup terkenal dengan konten-kontennya yang meliputi Gaming, Review, dan Hiburan. Frost Diamond memiliki jumlah subscriber yang cukup banyak yakni 15,7 juta subscriber dan jumlah video yang telah diunggah sebanyak 1.337 video. Penghasilan Youtuber Frost Diamond per bulannya juga cukup fantastis yakni berkisar 43,7 ribu US dollar hingga 699,5 ribu US dollar atau setara dengan Rp.617 juta hingga Rp.9.46 milyar.

 

8. Jessica Jane

Jessica Jane adalah salah satu Youtuber yang cukup terkenal di kalangan anak muda dengan kontennya seperti Gaming, Review Makanan, dan Resep Makanan. Jessica Jane memiliki jumlah subscriber sebanyak 6,98 juta subscriber dengan jumlah video sebanyak 512. Berdasarkan ratusan video yang diunggah, jumlah penonton (akumulatif) pada kanal Jessica Jane sebanyak 823 juta. Penghasilan Youtuber satu ini diprediksi sekitar 18,3 ribu US dollar hingga 292,5 ribu US dollar atau setara dengan Rp.258  juta sampai Rp.4,1 milyar.

 

9. Budi 01 Gaming

Sesuai namanya kanal Youtube nya, Budi01 Gaming merupakan Youtuber Indonesia yang konten-kontennya berhubungan dengan Gaming atau Review. Budi 01 Gaming memiliki jumlah subscriber yang cukup banyak yakni 9,31 juta subscriber dengan total video sebanyak 167 video. Kanal Youtube Budi 01 Gaming memiliki jumlah penonton (akumulatif) sekitar 645 juta penonton. Penghasilan kanal Youtube Budi 01 Gaming diperkirakan mencapai 16,1 ribu US dollar hingga 257 ribu US dollar atau sekitar Rp.227 juta hingga Rp.3,63 milyar per bulan.

 

10. Efdewe

Di posisi terakhir, ada Efdewe dengan konten-kontennya yang kreatif di bidang Gaming, review, dan Hiburan. Gaji Youtuber Efdewe diprediksi sekitar 110,5 ribu US dollar hingga 68,4 ribu US dollar atau setara dengan Rp.148 juta sampai Rp.2,3 milyar. Kanal Youtube Efdewe memiliki subscriber dengan total 5,8 juta subscriber dengan jumlah video sebanyak 393, serta jumlah penonton (akumulatif) sebanyak 503 juta.

 

Kesimpulan 

Itulah sejumlah gaji Youtuber Indonesia yang sedang populer saat ini. Penghasilan Youtuber bisa dibilang sangat fantastis dan menggiurkan, sehingga tak heran jika kini banyak artis yang berlomba-lomba melebarkan kariernya di industri Youtube dengan mencoba membuat konten-konten video yang menarik di kalangan masyarakat. Semoga bermanfaat!