e slip gaji

Mengenal Fitur Salary Slip LinovHR: Solusi E-Slip Gaji Karyawan

Slip gaji merupakan bukti penerimaan gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Saat ini, e-slip gaji atau elektronik slip gaji mulai digunakan oleh perusahaan dengan memanfaatkan aplikasi e-slip gaji atau software agar lebih praktis. 

Perlukah slip gaji untuk karyawan? Tentu perlu. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan pada Pasal 17 Ayat 2 yaitu: Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh Pekerja pada saat upah dibayarkan. 

Nah, untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan pembayaran gaji dan juga pemberian e-slip gaji untuk karyawan, HRIS dari LinovHR memiliki modul Payroll yang akan memberikan Anda kemudahan tersebut! Simak rangkuman dari kami tentang modul Payroll berikut ini!

 

Mengenal Modul Payroll dalam HRIS LinovHR

Apakah itu modul Payroll? Modul Payroll dari HRIS LinovHR ini merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data payroll dari perusahaan Anda secara otomatis dan dapat meminimalkan human error dengan tingkat akurasi dan keamanan yang tinggi.

Modul Payroll ini memiliki 10 fitur atau menu yang bisa digunakan perusahaan untuk mengurus pembayaran gaji karyawannya secara otomatis.

 

Data Bank Payroll 

Fitur ini memiliki fungsi untuk menyimpan dan mengelola data-data bank yang berkaitan dengan proses pembayaran gaji/ payroll dari perusahaan. Melalui fitur ini, koordinasi antar bank dan perusahaan dalam proses payroll akan terjalin lebih mudah. 

 

Payroll Komponen

Payroll komponen merupakan fitur yang memungkinkan perusahaan mengatur dan mengelola komponen gaji apa saja yang diterima oleh karyawannya. Biasanya payroll karyawan memang terdiri dari beberapa komponen seperti gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dan lain-lain. 

 

Payroll Process

Payroll process akan membantu Anda dalam mengkalkulasi total payroll setelah semua data-data dan komponen dikelompokkan. Kalkulasi ini kemudian akan memunculkan hasil payroll yang akan diterima karyawan pada setiap periode. Dalam fitur ini ada beberapa tipe proses payroll, ada standar untuk periode berjalan, Severance serta Retroactive. 

 

Payroll Group

Jika payroll komponen dapat mengatur komponen gaji yang diterima, Payroll Group dapat melakukan pengelompokkan payroll dan sekaligus mengatur proses pembayarannya. Proses pembayaran ini dapat meliputi periode, tanggal, metode hingga tax dan currency.  

 

Employee Set 

Pada fitur ini, manajemen HR dan Payroll akan terbantu untuk mengelompokkan karyawan dengan mudah dalam hal penerimaan komponen gaji yang telah ditetapkan oleh perusahaan. 

 

Baca Juga: Memahami Asas Pemungutan Pajak dan Jenisnya di Indonesia

 

Payment Method

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan metode pembayaran apa yang digunakan saat transaksi finansial oleh perusahaan. Hal ini tentu dapat meminimalisir human error dan lebih efektif digunakan. 

 

Account Code 

Payroll umumnya akan dikelompokkan dalam komponen-komponen berdasarkan kode akuntansi. Nah, fitur Account Code ini dapat memudahkan pembuatan kode akuntansi untuk melakukan pengelompokkan tersebut.

 

E-Payroll – Laporan Payroll

Laporan payroll atau file report payroll seringkali diperlukan untuk berbagai kebutuhan. E Payroll dalam software ini dapat dengan mudah digunakan untuk mengeluarkan file report payroll yang bisa dipilih berdasarkan periode, tahun, payroll group hingga project dan bank payroll. 

 

Salary Slip 

Salary slip merupakan fitur Payroll yang digunakan untuk mencetak slip gaji karyawan dalam bentuk elektronik. Slip gaji akan hadir dalam bentuk soft file sehingga lebih mudah menyimpan dan mencetaknya jika diperlukan. 

 

Tax Calculator 

Pajak sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab dari perusahaan dimana kita bekerja. Melalui fitur ini, Anda dapat melihat simulasi pembayaran pajak yang akan dilakukan selama satu tahun ke depan!

 

Baca Juga: Daftar Insentif Pajak yang Diperpanjang Hingga Akhir 2021

 

Fitur Salary Slip LinovHR Mudahkan Pembuatan Slip Gaji Karyawan

Salary slip menjadi fitur yang juga sangat menguntungkan dalam software Payroll dari LinovHR. Kewajiban untuk memberikan slip gaji karyawan oleh perusahaan tentu akan semakin mudah dilakukan dengan pemberian e-slip gaji. 

Penggunaan e-slip gaji ini sangat praktis. Melalui fitur Salary Slip, e-slip gaji dapat diunduh  dengan format pdf lalu bisa langsung dicetak. Pencetakan e-slip gaji ini juga bisa dilakukan berdasarkan periode, tahunan, juga berdasarkan group payroll. 

Kewajiban perusahaan Anda akan terpenuhi dalam pemberian slip gaji karyawan. Tentu dengan lebih praktis dan efektif juga meminimalisir kesalahan data pencatatan komponen dan jumlah payroll yang diterima. 

Dari rangkuman fungsi dan kegunaan modul Payroll LinovHR di atas, Payroll perusahaan dapat dilakukan dengan lebih efektif. Fitur yang berada di aplikasi Payroll LinovHR tentu akan membantu mengatur pembayaran gaji di perusahaan Anda secara lebih sistematis. 

Fitur unggulan seperti Salary Slip untuk membantu pembuatan e-slip gaji tentu akan memudahkan HRD karena dapat meminimalisir human error atau  kesalahan hitung dan pengolahan data. Tunggu apalagi, segera gunakan modul Payroll dari HRIS LinovHR untuk manajemen gaji perusahaan Anda dengan ketuk tautan berikut!