hubungan karyawan

Cara Menjaga Hubungan Sesama Karyawan di Lingkungan Kerja

Menjaga hubungan karyawan agar bisa tetap berjalan dengan baik adalah salah satu tugas bagi divisi HRD sebagai pengelola dan pengembangan sumber daya manusia perusahaan. Hubungan yang baik antara satu karyawan dengan karyawan lain akan menciptakan lingkungan kerja yang baik dan berdampak pada kesuksesan perusahaan itu sendiri.

Untuk itu, mari simak beberapa cara menjaga hubungan sesama karyawan di bawah ini! .

 

1. Adakan Diskusi Lintas Divisi

Hubungan baik tidak harus dijaga oleh satu divisi, namun setiap karyawan juga harus bisa berinteraksi dengan baik kepada seluruh karyawan di luar divisi mereka. Harap diingat pada dasarnya setiap divisi akan saling melengkapi satu sama lain. 

Cara paling efektif untuk meningkatkan hubungan karyawan adalah mengadakan program diskusi lintas divisi. Program diskusi bisa membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang menyangkut dua divisi sekaligus. Pada diskusi ini, para karyawan akan saling bertukar ide dan informasi agar bisa menghasilkan suatu inovasi baru.

Selain itu, karyawan juga bisa saling mengenal karyawan lain di luar divisi sehingga dapat meningkatkan interaksi antar sesama karyawan. 

 

Baca Juga : Strategi Mentoring untuk Meningkatkan Kemampuan Karyawan

 

2. Memberikan Fasilitas Bimbingan Pada Karyawan

Karyawan yang sukses adalah mereka yang haus akan inovasi dan selalu mencoba mempelajari hal baru. Agar keinginan mereka bisa tersalurkan dengan baik, adakanlah fasilitas bimbingan karyawan dengan menyediakan mentor kerja.

Anda bisa menentukan siapa saja karyawan yang berhak menjadi seorang mentor untuk membimbing karyawan lainnya. Dengan program bimbingan ini, mereka akan saling membantu satu sama lainnya. Tidak hanya itu, program bimbingan juga akan membantu karyawan dalam menggapai karir impian.

performance review

 

3. Kenali Seluruh Karyawan Anda

Agar karyawan bisa merasa dihargai, hal kecil yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara mengenali seluruh karyawan. Dengan mengenali seluruh karyawan, akan memudahkan Anda untuk melakukan interaksi baik secara formal atau informal di luar pekerjaan. Selain merasa dihargai dan meningkatkan interaksi, hal ini membuat karyawan merasa keberadaan mereka di kantor telah diakui.

Terdapat banyak kasus penurunan produktivitas di tempat kerja hanya karena karyawan tersebut tidak dikenal oleh rekan-rekannya, bahkan divisi HR. Walau terdengar sepele, tapi hal ini cukup berdampak besar pada produktivitas dan semangat serta motivasi kerja karyawan. Bahkan, banyak juga karyawan yang merasa tidak betah hingga stress karena merasa tidak dihargai dalam perusahaan. 

 

4. Tawarkan Bantuan

Saat melihat rekan kerja atau karyawan Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menawarkan bantuan walau mereka belum memintanya. Dengan melakukan inisiatif seperti ini tentu saja akan sangat membantu mereka dan meringankan beban kerja. Hal ini tentu akan meningkatkan hubungan karyawan di perusahaan. Menawarkan bantuan pun akan menumbuhkan rasa percaya karyawan kepada perusahaan. 

 

5. Kumpulkan Feedback

Hubungan antar karyawan juga bisa ditingkatkan dengan cara saling memberi feedback kepada satu karyawan dengan karyawan lain. Feedback sangat berguna untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan selama proses kerja. 

Namun bagi sebagian karyawan, mereka tidak akan memberikan feedback tanpa diminta terlebih dahulu, sehingga Anda harus secara aktif bertanya langsung kepada mereka apa saja kelebihan dan kekurangan apa yang mesti diperbaiki.  Cara ini akan membuat mereka mengeluarkan keluh kesah dan pendapatnya sehingga Anda bisa memahami hal-hal apa yang masih menjadi hambatan atau yang harus diperbaiki.

 

Baca Juga: Cara Memberikan Feedback Kepada Karyawan Setelah Review Kinerja 

 

Kenyamanan dalam lingkungan kerja menjadi salah satu hal penting yang harus dijaga. Hubungan karyawan yang baik akan berdampak baik pada kelancaran proses kerja.

Sebaliknya juga hubungan antara karyawan buruk, maka pekerjaan pun tidak bisa dilakukan secara maksimal sehingga tidak bisa memberikan hasil kerja yang diinginkan. Cara menjaga hubungan karyawan di atas pun dapat Anda terapkan di perusahaan. Selamat mencoba!