motivasi karyawan

Cara Jitu Meningkatkan Motivasi Karyawan di Era Pandemi

Pandemi COVID-19 belum juga usai dan berpengaruh terhadap pola kerja kebanyakan perusahaan.  Walau begitu, roda kegiatan bisnis seperti di suatu perusahaan harus terus berjalan. Ada kalanya motivasi karyawan pun menurun dan akhirnya berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.  

Lalu bagaimana cara memotivasi karyawan di tengah era pandemi? Yuk, simak ulasan di bawah ini! 

 

1. Menjaga Hubungan Komunikasi

Komunikasi adalah kunci utama untuk membangun dan mempertahankan suatu hubungan. Aturlah waktu untuk berkomunikasi dengan karyawan Anda melalui aplikasi video conference atau yang lainnya. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui perkembangan kinerja karyawan dan juga mengetahui masalah apa yang sedang mereka hadapi.

 

performance review

2. Prioritaskan Kesehatan Karyawan

Masih ada beberapa jenis perusahaan yang tidak bisa menerapkan sistem work from home sepenuhnya. Hal ini juga dipengaruhi dengan pola dan industri perusahaan itu sendiri. 

Karena pandemi di Indonesia belum usai, perusahaan harus memprioritaskan karyawannya berada dalam keadaan sehat.  HRD bisa melakukannya dengan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan perusahaan. Dengan begitu karyawan akan tetap aman di lingkungan kantor.  

Sementara untuk perusahaan yang memungkinkan untuk work from home, maka tidak ada salahnya menerapkan work from home untuk sebagian atau seluruh karyawan. Perusahaan bisa juga menerapkan perpaduan work from home dan work from office, tergantung dari kebutuhan perusahaan. 

 

3. Selalu Menerima Feedback

Perusahaan yang baik adalah mereka yang selalu mendengar dan menerima setiap kritik dan saran yang diberikan karyawannya. Dengan cara ini Anda akan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki di kemudian hari atau mungkin mengetahui ketidaknyamanan yang sedang dirasakan oleh karyawan. Selain itu, hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan tentu saja akan lebih termotivasi dalam bekerja.

 

4. Berikan Apresiasi atau Reward

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada karyawan Anda karena telah berhasil menyelesaikan target kerja. Karyawan pastinya telah meluangkan waktu dan juga tenaga mereka untuk mengerjakan tugas tersebut. 

Pemberian apresiasi adalah suatu cara untuk memberikan penghargaan kepada karyawan. Kebiasaan seperti ini akan meningkatkan motivasi kerja karyawan dan membentuk lingkungan kerja yang positif. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mereka reward dalam bentuk kenaikan gaji atau pemberian bonus.

 

Baca Juga : 7 Strategi Efektif HRD Dalam Penyusunan Sistem Reward dan Punishment

 

5. Mengatur Jam Kerja yang Fleksibel

Menurut sebuah studi global dari Buffer dan AngelList, survei dari 98% karyawan menginginkan pengaturan jam kerja yang fleksibel agar mereka bisa bekerja di mana saja, termasuk di rumah. Jam kerja yang fleksibel akan membuat karyawan dapat memenuhi setiap tugas yang mereka kerjakan dan meminimalisir terjadinya human error. 

 

Baca Juga : Apa itu Leadership? Pengertian, Sikap, Manfaat & Cara Membangun nya

 

6. Tanyakan Kebutuhan Karyawan

Luangkan lah waktu untuk menanyakan kepada karyawan Anda perihal apa yang sedang mereka butuhkan, baik hal pekerjaan ataupun peningkatan karir mereka. Dari situ, Anda bisa menarik kesimpulan apa saja yang sedang mereka butuhkan seperti meminta cuti, tambahan bonus, atau hal lainnya.

 

7. Yakinkan Bahwa Setiap Karyawan Pantas untuk Tumbuh

Selain mendapatkan gaji yang tinggi, karyawan juga layak untuk mendapatkan peningkatan karir yang lebih tinggi lagi. Buatlah suasana lingkungan kerja sebagai tempat untuk tumbuh dan berkembang karyawan. Anda bisa melakukannya dengan cara membuka jenjang karir, promosi jabatan, dan memberikan pelatihan dan pengembangan skill.

 

8. Buatlah Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Setiap karyawan pastinya akan menghabiskan waktu 5 hingga 9 jam di tempat kerja. Agar kinerja mereka tetap stabil dan meningkat, buatlah kenyamanan di dalam lingkungan kantor. 

Meskipun pandemi membuat sebagian orang harus menjalani WFH, suasana dalam kantor harus tetap memberikan aura yang positif agar karyawan bisa lebih semangat dalam bekerja. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan suasana kantor yang tidak terlalu formal, mengurangi tekanan kepada karyawan, dan yang lainya.

 

Baca Juga : 10 Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik dengan Software HRD

 

9. Tumbuhkan Kepercayaan kepada Karyawan

Cara lain untuk meningkatkan motivasi karyawan adalah memberikan kepercayaan kepada karyawan. Cara ini akan melatih rasa tanggung jawab mereka dan juga merasa ikut andil pada setiap proses kerja. Memberi kepercayaan tersebut akan membuat karyawan bangga karena merasa dilibatkan dalam pekerjaan.

 

10. Tetap Tenang dan Positif Thinking!

Karena tidak ada yang tahu pasti kapan virus ini akan hilang, kondisi ini bisa saja membuat karyawan akan merasa lebih cemas, takut, hingga bersikap apatis terhadap perusahaan. 

HRD pun harus bisa bersikap tenang dan menularkan pemikiran positif kepada sesama staf HRD dan karyawan. Berikanlah pengertian yang lebih terhadap situasi saat ini dan tetaplah tenang agar bisa fokus dalam melakukan setiap tugas. Maka situasi kondusif akan tetap terjaga. 

 

Pandemi di Indonesia memang belum usai dan menunjukan perubahan signifikan. Namun, bukan berarti perusahaan dapat membiarkan karyawannya kehilangan motivasi. Dengan meningkatkan motivasi karyawan, perusahaan dapat tetap menjaga operasional secara optimal. Sehingga keberlangsungan bisnis tetap aman meski menghadapi banyak tantangan. Semoga informasi di atas dapat membantu!