mentoring

Mentoring: Pengertian, Jenis dan Perbedaan dengan Coaching

Anda mungkin pernah mendengar istilah mentoring dalam perusahaan. Program tersebut umumnya ditujukan karyawan yang harus meningkatkan kompetensi tertentu. Apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan program tersebut? Simak penjelasan di bawah ini!  

 

Pengertian Mentoring

Mentoring adalah sebuah hubungan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk membantu, membimbing dan juga pengawasan antara perorangan atau kelompok. Kegiatan ini melibatkan 1 orang yang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan juga kemampuan yang lebih atau disebut dengan mentor, guru, atau model.

Sedangkan dalam KBBI, mentoring adalah petunjuk (penjelasan) cara mengerjakan sesuatu, tuntunan, dan pimpinan. Sementara itu, beberapa ahli juga mempunyai pendapat tersendiri. Berikut pengertian mentoring menurut beberapa ahli: 

 

1. Kasper (2002)

Kasper mendefinisikan mentoring adalah kegiatan khusus yang berkaitan dengan pengawasan, hubungan yang saling mendukung antara dua orang atas dasar kepercayaan dan saling menghargai.

 

2. Hasan dan Chien (2003)

Mentoring adalah proses yang akan menggunakan berbagai aspek termasuk dengan kemahiran seseorang yang berpengalaman melalui bimbinnngan, pendidikan dan juga pelatihan kepada remaja untuk tujuan pembelajaran.

 

3. Du Bois dan Karche (2005)

Mentoring adalah suatu hubungan yang berlandaskan kepercayaan berstruktur yang melibatkan remaja, dimana pada proses ini menawarkan bimbingan, dukungan dan memberikan semangat yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter mentee.

 

4. Kurniawati (2015)

Kurniati beranggapan bahwa mentoring adalah proses pembelajaran dimana seorang mentor mampu untuk membuat mentee atau peserta yang sebelumnya tergantung menjadi mandiri.

 

5. Anderson dan Shannon (1998)

Menurut Anderson dan Shannon, mentoring merupakan proses alami dimana terdapat 1 orang yang memiliki lebih banyak kemampuan dan pengalaman melayani sebagai peran, mode, sponsor, guru, konsultan, pendorong dan teman kepada seseorang yang dianggap memiliki kemampuan dan pengalam lebih sedikit.

 

Perbedaan Coaching dengan Mentoring

Mentoring adalah sebuah program dimana seseorang yang akan berbagi ilmu dan juga pengalamannya kepada satu orang atau kelompok yang membutuhkan atau belum begitu mahir dalam suatu hal. Kata kunci dari kegiatan ini adalah berbagi ilmu dan pengalaman. Contohnya bisa ditemui pada proses pendidikan, pembinaan, dan pelatihan.

Sedangkan, coaching adalah kegiatan transfer skill yang bertujuan untuk membantu satu orang atau kelompok untuk mencapai tujuan atau target yang sedang dicapai. Kata kunci dari kegiatan coaching ini adalah untuk mencapai suatu tujuan atau goals. Contoh dari kegiatan coaching ini dilakukan pada sebelum melakukan perlombaan atau olimpiade.

 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan dalam Coaching Karyawan

 

Jenis-Jenis Mentoring

Terdapat beberapa jenis pelaithan dan pengambangan yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

 

  • Jarak Jauh

Walau perbedaan tempat yang sangat jauh, kegiatan ini masih bisa dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan teknologi. Banyak sekali fitur atau aplikasi yang akan membantu proses jarak jauh. Contohnya, Zoom meeting, google meets, dan lain-lain.

 

  • Lintas Budaya

Setiap individu harus dapat bekerja di dalam lingkungan yang berbeda-beda. Untuk itu, program lintas budaya ini dibutuhkan karena beragamnya etnik, budaya, gender, suku, ras, agama, dan kebangsaan.

 

  • Kelompok

Pelatihan dan pengembangan secara berkelompok ini dihadiri oleh 1 mentor dengan beberapa mentee. Jenisnya sendiri memiliki dua pendekatan, yaitu: 

 

  • Action Learning

Kelompok dibentuk untuk melakukan pembelajaran bersama untuk mengatasi kesulitan dan pemecahan masalah.

 

Baca Juga : Cara Membuat Action Learning Program dengan Software HR

 

  • Komunitas Praktis

Kolaborasi antar dua kelompok untuk mempelajari sesuatu dan juga mencari solusi dari setiap permasalahan.

 

  • Mentoring Sesama Karyawan

Mentoring sesama karyawan yaitu posisi antara mentor dan juga mentee berada pada level atau pengetahuan yang setara. Program ini terjadi ketika individu memiliki tingkat yang sama untuk mengembangkan efektivitas satu sama lain.

 

  • Mentoring Organisasi

Mentoring organisasi ini adalah hubungan antara bisnis ke bisnis. Tujuan utamanya adalah membantu dan membangun organisasi lain. Biasanya metode ini dilakukan melalui studi kasus. 

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Workshop dan Training? HRD Harus Tahu!

 

Manfaat Mentoring

Agar kegiatan pelatihan dan pengembangan berjalan dengan lancar, setiap sesi dan kurikulum harus dibuat dengan cara yang menyenangkan. Peran aktif seorang mentor sangatlah dibutuhkan untuk membangun suasana. 

  1. Meningkatkan profesionalisme seseorang
  2. Mendapatkan masukan dari mentor lain dengan tujuan untuk pengembangan skill dan pengetahuan
  3. Meningkatkan motivasi karena merasa didukung perusahaan
  4. Memiliki skill baru yang bisa digunakan di tempat lain.
  5. Membuka jenjang karir yang lebih luas

 

Mengadakan Program Mentoring Bersama Software HR LinovHR

Mentoring merupakan salah satu bagian dari kegiatan pelatihan dan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawan. Mengadakan pelatihan dan pengembangan sendiri merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Sebab, karyawan yang mendapatkan pelatihan yang mumpuni dapat memberikan kontribusi terbaiknya kepada perusahaan. 

Perusahaan dapat menggunakan modul learning and development dalam Software HRD dari LinovHR untuk menyusun pelatihan dan pengembangan yang sistematis. Berkat LinovHR, HRD lebih mudah untuk menentukan jenis pelatihan dan pengembangan, anggaran, sesi, peserta, dan sebagainya dalam satu sistem. 

Software HRD dari LinovHR mempunyai tampilan yang mudah dipahami. Sehingga HRD tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi menggunakan sistem dan fitur yang ada. 

Karena tersistem dengan baik, modul learning and development dalam Software HRD dari LinovHR juga memudahkan HRD dalam mendokumentasikan program mentoring yang telah usai. Segera jadwalkan demo Software HRD dari LinovHR dengan klik tautan berikut ini! – LinovHR/Free-Demo/