pencapaian kerja

5 Cara Merayakan Keberhasilan Pencapaian Kerja Selama WFH

Perusahaan terkadang menyelenggarakan perayaan ketika mencapai hal tertentu seperti keberhasilan penjualan, pencapaian kerja, hingga karyawan berulang tahun. 

Akan tetapi, pandemi COVID-19 memaksa sebagian perusahaan untuk menetapkan program bekerja dari rumah atau work from home.

Pandemi COVID-19 mengubah cara bekerja di banyak perusahaan. Mau tak mau, perusahaan harus mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Semua itu demi menjaga keselamatan antara karyawan agar tidak tertular infeksi COVID-19. 

Bekerja dari jauh bukanlah halangan jika pihak perusahaan dapat mengembangkan ide untuk pengelolaan tenaga kerja. 

Lalu, bagaimana caranya untuk merayakan keberhasilan kerja ketika work from home? 

Kali ini LinovHR akan mengulas beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk merayakan keberhasilan kerja selama bekerja dari rumah. 

 

1. Mengadakan Happy Hour Virtual

Dalam kondisi pandemi COVID-19, melakukan pesta atau berkumpul dengan sesama rekan atas pencapaian target kerja sangat tidak memungkinkan. Hal tersebut berpotensi meningkatkan penularan COVID-19. Untuk itu, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan Happy Hour Virtual.

Happy Hour virtual ini berisi kegiatan yang menyenangkan dengan tujuan untuk merayakan pencapaian kerja. 

Dalam hal ini Anda bisa melakukan makan siang bersama secara virtual, melakukan berbagai games ice breaking, menonton film, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama dengan rekan divisi. 

HRD bisa menggunakan aplikasi video conference seperti Zoom Meeting, Skype, Google Meets atau yang lainnya untuk mendukung kegiatan ini.  

 

2. Mengapresiasi Hasil Pencapaian Kerja 

Manusia cenderung akan bersemangat jika dipuji dan diapresiasi bahkan hanya melalui ucapan selamat. Walau terdengar sangat sederhana, tetapi pemberian ucapan selamat karena telah menyelesaikan target pekerjaan sangatlah bermakna. 

Anda bisa menuliskan ucapan dengan mengirimkan pesan langsung kepada rekan Anda atau menuliskannya di platform media sosial. 

Pemberian ucapan ini tidak harus dilakukan oleh para atasan kepada karyawannya, tetapi antar sesama rekan satu divisi atau antar divisi juga bisa dilakukan. Ingatlah bahwa setiap apresiasi yang Anda berikan sangatlah bermakna untuk mereka.

 

Baca Juga: Tips Mengelola Team Feedback yang Berkesan dan Membangun

 

3. Unggah Pencapaian Kerja Anda ke Media Sosial

Media sosial dapat menjadi wadah untuk memberikan cerita atau keberhasilan yang sudah dicapai. Dengan menunjukkan secara publik pencapaian kerja yang dilakukan secara individu atau tim, secara tidak langsung perusahaan melakukan promosi kepada kandidat karyawan dan masyarakat umum. Citra perusahaan pun juga akan semakin baik di mata publik.  

 

4. Saling Mengirim Paket atau Hadiah

Selain ucapan apresiasi, HRD juga bisa mengirimkan kado kepada karyawan tersebut. Paket atau hadiah itu bisa dengan melakukan pengiriman makanan, parcel, kupon belanja, hingga barang-barang yang pastinya akan sangat berguna seperti paket multivitamin dan masker. 

Benda tersebut akan sangat terpakai di tengah pandemi yang belum kunjung usai. Tidak hanya HRD, antara atasan dan sesama karyawan pun juga dapat saling mengirimkan hadiah untuk merayakan keberhasilan kerja. 

Contohnya, divisi sales telah melampaui target penjualan yang telah direncanakan. Hal ini akan mempererat hubungan karyawan walau bekerja saling berjauhan. 

 

Baca Juga: 7 Cara Menangani Kritik dan Saran dari Karyawan

 

5. Mengadakan Penghargaan Formal Secara Virtual

Pernah terbayang mengadakan acara formal secara virtual? 

Cara ini bisa Anda pilih jika menginginkan selebrasi yang tidak biasa. Perusahaan bisa mengadakan penghargaan formal yang dilakukan secara virtual. 

Kegiatan ini bermanfaat untuk mendorong semangat kerja individu atau tim. Agar kegiatan ini bisa berlangsung dengan lancar, cara yang bisa Anda lakukan di antaranya:

  • Pilih MC Terbaik dengan menunjuk seseorang yang terbiasa berbicara di depan umum.
  • Persiapkan pidato
  • Atur panggung dengan mendownload latar belakang yang cocok digunakan
  • Sebelum acara dimulai, bagikan susunan acara dan juga dress code yang akan digunakan
  • Buatlah tagar atau hastag agar para karyawan bisa membagikan acara tersebut ke media sosial

 

Pandemi COVID-19 memang banyak mengubah pola atau cara kerja di perusahaan. Tetapi, masih banyak hal kreatif yang  bisa dilakukan untuk menunjang relasi antar karyawan tanpa perlu mengundang banyak kerumunan. Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa cara sederhana untuk merayakan keberhasilan kerja saat work from home. 

Selamat Merayakan Keberhasilan Pencapaian Kerja