Mess Karyawan, Perlukah Perusahaan Menyediakannya?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

mess karyawan
Isi Artikel

Di dunia bisnis yang terus berkembang, perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan mereka. Penyediaan fasilitas seperti mess karyawan termasuk salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam hal ini.

 

 

Lantas, seberapa penting penyediaan mess bagi karyawan? Artikel LinovHR ini akan mengulas lengkap tentang hal ini, serta memberikan beberapa contoh perusahaan yang telah sukses mengimplementasikannya.

 

Apa itu Mess Karyawan?

Mess karyawan adalah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Umumnya fasilitas ini diberikan oleh perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perminyakan, pelayaran, atau proyek besar lainnya.

Umumnya mess karyawan diberikan berupa kamar atau rumah, terutama kepada karyawan yang tinggal jauh dari lokasi kerja. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan mobilitas karyawan dalam bekerja, yang memungkinkan mereka lebih produktif.

Selain tempat tinggal, perusahaan juga biasanya menyediakan fasilitas lain berupa makanan sehingga kebutuhan dasar karyawan terpenuhi dengan baik.

Meski demikian, serupa dengan tempat tinggal di mess karyawan juga mengharuskan individu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar serta mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku.

 

Perlukah Perusahaan Menyediakan Mess?

Keputusan perusahaan untuk menyediakan mess seharusnya dipertimbangkan secara cermat berdasarkan konteks dan kebutuhan perusahaan.

Pertama-tama, perusahaan perlu memperhatikan lokasi kerja. Jika banyak karyawan tinggal di lokasi yang jauh, penyediaan mess dapat menjadi nilai tambah yang memudahkan karyawan.

Ini dapat menjadi bagian dari program kesejahteraan karyawan yang membantu meningkatkan efisiensi waktu karyawan sekaligus mengurangi gangguan selama jam kerja. Berikut ini manfaat mess bagi karyawan:

 

1. Mendongkrak Produktivitas Karyawan

Dengan memiliki tempat tinggal yang nyaman, karyawan dapat fokus pada pekerjaan mereka tanpa harus khawatir tentang mencari tempat tinggal yang layak. Ini mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup karyawan.

 

2. Menghemat Waktu dan Tenaga

Menyediakan tempat tinggal juga dapat menghemat waktu dan energi karyawan. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam dalam perjalanan pulang pergi dari tempat kerja ke rumah sehingga terdapat banyak waktu untuk beristirahat.

 

3. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Karyawan yang bekerja di perusahaan yang memedulikan kesejahteraan mereka cenderung memiliki tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi.

Penyediaan fasilitas mess karyawan adalah salah satu bentuk perhatian perusahaan terhadap kebutuhan karyawan.

Karyawan yang merasa dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan mereka akan lebih setia dan berkomitmen.

Namun, perusahaan juga harus memperhitungkan biaya yang terkait dengan operasional mess, termasuk fasilitas lain yang disediakan, pengelolaan harian, dan persyaratan hukum yang berkaitan dengan hal tersebut.

Secara umum, mess karyawan dapat bermanfaat bagi perusahaan jika dilakukan dengan bijaksana sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan.

Ini dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, sehingga berdampak positif pada budaya kerja dan retensi karyawan.

 

Baca Juga: 10 Fasilitas Kerja yang Bikin Karyawan Betah di Perusahaan 

 

Contoh Perusahaan yang Menyediakan Mess untuk Karyawan

Adapun contoh perusahaan yang menyediakan mess bagi karyawannya yang bisa dijadikan inspirasi:

 

Google

logo google
Sumber Gambar: Wikipedia

 

Google dikenal karena lingkungannya yang inovatif, termasuk fasilitas mess karyawan yang luar biasa. Mereka menawarkan berbagai pilihan makanan, dari makanan sehat hingga camilan ringan.

Inisiatif seperti ini membantu meningkatkan produktivitas karyawan mereka.

 

Microsoft

Microsoft
Sumber Gambar: Microsoft

Microsoft adalah perusahaan teknologi yang turut menyediakan mess. Mereka bahkan memiliki restoran dan kafe. Hal ini membantu karyawan untuk tetap fokus pada pekerjaan tanpa harus meninggalkan lokasi kerja.

 

Facebook

Facebook
Sumber Gambar: Facebook

 

Facebook juga memiliki mess karyawan yang mencukupi di kantor-kantor mereka di seluruh dunia.

Ini membantu menjaga semangat komunitas di antara karyawan dan memberikan mereka kemudahan dalam mencari makanan saat bekerja.

 

Kesimpulan

Menyediakan mess karyawan dapat memberikan banyak manfaat, keputusan untuk menyediakannya harus dipertimbangkan secara matang. 

Biaya dan pengelolaan operasional termasuk salah satu hal yang yang juga harus diperhitungkan.

Namun, jika dikelola dengan baik, mess karyawan dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan, efisiensi waktu, dan work-life balance

Sejumlah perusahaan besar telah membuktikan keberhasilan implementasi mess karyawan, dan ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk mempertimbangkan opsi ini sebagai bagian dari strategi kesejahteraan karyawan mereka.

 

Jangan Lupa, Atur Semua Pemberian Fasilitas dengan Aplikasi HR LinovHR

LinovHR

 

Penyediaan mess karyawan menjadi salah satu fasilitas yang membantu meningkatkan produktivitas dan performa karyawan.

Sebagai salah satu fasilitas perusahaan yang diberikan kepada karyawan, penting bagi perusahaan untuk mengelola dan mengatur pemberian fasilitas tersebut kepada karyawan.

Hal ini penting agar perusahaan tahu siapa yang bertanggung jawab atas aset tersebut, serta mengetahui keadaan aset tersebut ketika dibutuhkan. Di dalam hal ini, Software HRIS LinovHR dapat membantu Anda.

HRIS Software LinovHR yang memiliki modul Personnel Management akan membantu HR dalam melakukan pendataan pemberian fasilitas kepada karyawan. Di sini, HR dapat melakukan pendataan siapa karyawan yang mendapatkan fasilitas tersebut.

Mendata apa saja fasilitas yang diberikan, keadaan fasilitas saat diberikan, sampai jangka waktu penggunaan fasilitas.

Segala pemberian fasilitas ini juga akan terhubung dengan ESS karyawan, sehingga mereka juga dapat melihat data tersebut. Sehingga ada sinkronisasi data baik yang dimiliki HR dan karyawan.

Data segala fasilitas yang diberikan pun akan tersentralisasi di satu cloud, hal ini akan memudahkan saat perusahaan memerlukan data yang cepat.

Dengan Software HRIS LinovHR, pengelolaan segala fasilitas karyawan dapat dilakukan lebih mudah.

Jangan lewatkan peluang untuk mendapatkan kemudahan pengelolaan human resource dengan Software HRIS LinovHR. Ajukan demo gratis sekarang dan serahkan software HRD terintegrasi memudahkan proses bisnis Anda!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter