fasilitas kerja

10 Fasilitas Yang Bikin Karyawan Betah di Perusahaan Anda

Dilansir dari Cleanalert.com, menurut hasil penelitian dari Sodexo dan Royale Institute of Chartered Surveyors menyatakan bahwa dari 61% partisipan survey mengatakan adanya peningkatan  pada fasilitas kerja di perusahaan bisa meningkatkan produktivitas mereka. 

Bahkan dilihat dari tingkat suhu ruangan pun sudah bisa memengaruhi tingkat produktivitas dari karyawan, data dari salah satu penelitian di Cornell University menyatakan bahwa meningkatkan suhu ruangan di kantor dari 20 derajat Celcius ke 25 derajat Celcius membuat karyawan mengalami penurunan kesalahan dalam mengetik sebanyak 44%. 

Jadi apa yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas fasilitas kerja bagi karyawan?

 

1. Mendesain Ruang Kerja Dengan Berbagai Macam Gaya

Dalam sebuah perusahaan tentu diisi dengan berbagai macam tipe karyawan, ada yang bisa bekerja di tempat terbuka dan umum dengan segala macam suara tanpa kehilangan konsentrasinya, ada yang lebih bisa tenang bekerja jika suasananya lebih tenang, ada yang bisa fokus jika kerja sambil makan, dan sebagainya. 

Ketika mendesain ruang kerja bagi karyawan pastikan karyawan bisa memilih gaya kerja sesuai dengan kebutuhannya. Selain meja-meja kerja di tengah ruangan bisa juga disediakan ruang duduk dengan kursi dan meja yang lebih nyaman, tempat kerja di mana karyawan bisa pindah ke ruang kerja lain jika perlu, sehingga suasana kerja tidak kaku harus selalu duduk berjam-jam di tempat yang sama. 

 

2. Ruang Rapat yang Cair 

Ruang rapat tidak hanya dipakai untuk mengadakan pertemuan dengan atasan tapi juga bisa digunakan sebagai ruangan brainstorming jadi sediakanlah ruang rapat dengan suasana  yang lebih cair dan desain interior yang lebih modern terutama jika karyawan Anda banyak yang dari generasi milenial. Ruang rapat yang lebih santai akan membuat karyawan lebih rileks dan bisa mengeluarkan ide-ide baru dibandingkan dengan suasana brainstorming yang kaku dan formal. 

 

Baca Juga  : Hindari 7 Hal ini Agar Rapat Menjadi Efektif

 

3. Kurangi Polusi Suara 

Suara adalah faktor yang sangat mengganggu bagi sebagian orang sementara orang lain mungkin tidak terlalu terganggu dengan suara-suara yang ada di sekitar ketika bekerja. Ruang fasilitas kerja harus bisa memastikan polusi suara yang masuk ke dalam ruang kerja tetap minimal. 

Misalnya  menggunakan mesin printer dan fotokopi yang tidak mengeluarkan suara berisi ketika digunakan, segera lakukan perbaikan pada AC jika sudah mengeluarkan suara yang mengganggu, melapisi lantai menggunakan karpet juga bisa meredam suara dari luar agar tidak masuk ke dalam, dan sebagainya. 

 

4. Sediakan Ruang Istirahat yang Nyaman

Waktu istirahat penting bagi karyawan agar tetap memiliki konsentrasi yang tinggi selama jam kerja. Maka dari itu buatlah tempat istirahat untuk karyawan yang lebih nyaman misalnya memilih desain interior yang modern, memilih perabotan yang ergonomis dan nyaman bagi karyawan untuk sekedar duduk maupun ngobrol dengan koleganya, dan pastikan selalu dalam keadaan yang bersih. 

Pisahkan ruang untuk merokok, sediakan fasilitas makanan dan minuman yang bisa diakses oleh karyawan untuk refreshing sehingga ketika suntuk mereka memiliki tempat yang baik untuk santai sejenak dan mengistirahatkan otak.

 

5. Desain Perabotan yang Ergonomis

Selain bentuk meja dan kursi, desain ergonomis untuk fasilitas kerja juga bisa diwujudkan dengan pemilihan ukuran layar monitor yang pas dengan jarak posisi mata, posisi keyboard yang bisa diatur sesuai keinginan, hingga meja-meja berdiri tanpa kursi untuk karyawan yang ingin bekerja di komputer tapi capek duduk lama. 

 

Baca Juga : Santai tapi Produktif : Belajar dari Budaya Google

 

6. Fasilitas Keamanan

Adanya keamanan yang baik adalah fasilitas kerja yang bisa membuat karyawan merasa lebih aman terutama ketika jika mereka harus lembur sampai malam hari atau ada acara sosial yang diadakan di kantor hingga malam hari. Adanya penjaga keamanan yang berjaga selama 24 jam juga harus didukung dengan sistem keamanan lain misalnya tersedia kamera CCTV, akses yang terbatas untuk masuk ke ruang kerja, tempat parkir yang aman, dan sebagainya. 

 

7. Stok Kopi dan Makanan Kecil yang Cukup

Setiap perusahaan harus punya pantry untuk dimanfaatkan karyawan membuat minuman pilihannya sendiri agar bisa tetap berkonsentrasi. Meski kadang karyawan membawa makanan maupun minumannya sendiri, perusahaan harus tetap menyediakan stok makanan kecil dan juga kebutuhan minum bagi karyawan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kondisi karyawannya.  

 

8. Kemudahan Mengurus Administrasi

Tidak hanya fasilitas kerja dalam bentuk fisik, perusahaan juga harus bisa memiliki fasilitas pelayanan yang cepat responnya untuk memenuhi keperluan dari karyawan. Ketika karyawan melakukan perjalanan dinas misalnya, pengeluaran yang dikeluarkan karyawan untuk berdinas tentunya harus diganti oleh perusahaan, proses pencairan uang pengganti tersebut jangan lama-lama dan berbelit prosesnya karena tentu bisa merugikan karyawan. 

 

Baca Juga : 3 Keuntungan Menggunakan Software HRD

 

9. Fasilitas Rekreasi

Fasilitas kerja lain yang bisa membuat karyawan makin produktif adalah fasilitas yang bisa digunakan untuk kegiatan rekreasi Misalnya fasilitas gym agar karyawan bisa tetap memiliki gaya hidup yang lebih sehat meski sibuk kerja, fasilitas permainan board game, kafetaria dengan gaya yang modern ala kafe kekinian, dan berbagai macam fasilitas rekreasi lainnya yang bisa digunakan bebas oleh karyawan selama tugas mereka bisa terselesaikan tepat waktu dan hasilnya pun bagus.

 

10. Opsi untuk Bekerja Secara Remote

Praktek fasilitas kerja ini banyak dilakukan oleh perusahaan start up atau perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kreatif. Biasanya karyawan hanya diwajibkan masuk ke kantor selama beberapa hari kemudian sisa hari kerja bisa dilakukan di tempat yang dipilih oleh karyawan sendiri baik itu tetap di dalam kantor, bekerja di rumah, bekerja di kafe, atau bekerja di tempat lain.

Sehingga karyawan bisa mendapatkan suasana yang berbeda yang menurutnya lebih nyaman untuk menyelesaikan tugasnya. Komunikasi dengan kolega maupun atasan pun bisa dilakukan melalui jalur komunikasi modern jadi meski tidak bertatap muka langsung masih tetap ada koordinasi. 

Untuk mendukung sistem kerja remotely ini Anda bisa menggunakan aplikasi perangkat lunak absensi karyawan yang bisa diakses dengan menggunakan ponsel. Karyawan bisa tetap melakukan absensi di waktu yang sama dengan waktu masuk kerja dengan menggunakan ponselnya sehingga perusahaan memiliki data “kehadiran” karyawan meski fisiknya tidak ada di kantor. 

 

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi untuk Perusahaan

 

Karyawan yang memiliki produktifitas tinggi akan tercipta jika karyawan yang ada di perusahaan  betah dan nyaman bekerja untuk perusahaan. Tentunya pemberian fasilitas adalah salah satu cara untuk membuat karyawan nyaman dan betah untuk bekerja.

Sehingga karyawan akan dapat bekerja lebih giat lagi untuk mencapai target telah yang diberikan perusahaan. hal ini karena karyawan merasa telah dihargai oleh perusahaan atas fasilitas yang ada di perusahaan.