Morning Person adalah: Pengertian, Manfaat, dan Tips Produktif di Pagi Hari

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

morning person
Isi Artikel

Apakah Anda seseorang yang terbiasa bangun dan aktif di pagi hari? Selamat, Anda termasuk sebagai morning person.

Selain menjadi lebih produktif, seorang yang bangun dan aktif di pagi hari biasanya lebih produktif dan bisa menjalani harinya jauh lebih baik.

Menjadi seorang morning person tidak hanya baik untuk menjalani hari, tetapi baik juga untuk kesehatan Anda. Akan tetapi, apakah gaya hidup seperti ini bagus untuk waktu yang lama? Apakah morning person memiliki sisi lemah?

Simak tulisan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

 

Apa itu Morning Person?

Morning person adalah julukan bagi orang yang terbiasa bangun lebih awal dan melakukan banyak aktivitas di pagi hari.

Seseorang dengan julukan ini akan memulai harinya dengan penuh aktivitas, lalu produktivitasnya akan menurun ketika hari mulai gelap. Seorang morning person juga dikenal sebagai early bird karena kebiasaan yang aktif sebelum matahari terbit.

Saat menjadi morning person artinya Anda akan sulit untuk terjaga sepanjang malam. Berbeda dengan night person, seorang yang terbiasa bangun pagi akan memiliki jam tidur yang lebih teratur. Biasanya, seorang early bird akan tertidur sebelum pukul 11 malam. 

Menjadi morning person akan membuat produktivitas dan suasana hati Anda jauh lebih baik. Selain itu, gaya hidup ini akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Beberapa pakar menyatakan bahwa seorang yang terbiasa bangun pagi akan terhindar dari risiko diabetes dan membuat waktu tidur lebih berkualitas.

 

Karakteristik Morning Person

karakteristik morning person
Sumber: Pexels by Acharaporn Kamornboonyarush

 

Seorang morning person dikenal dengan kebiasaan yang selalu memulai hari dengan penuh semangat. Selain itu, ada karakteristik lain yang melekat pada diri seorang early bird ini.

 

Berikut adalah karakteristiknya:

  • Selalu tidur lebih awal dan tidak suka begadang.
  • Terbiasa bangun lebih pagi, bahkan saat langit masih belum sepenuhnya terang.
  • Selalu bersemangat dalam memulai hari.
  • Energi seorang morning person akan berkurang saat sore dan malam hari.
  • Sulit untuk fokus pada saat siang hari.

 

Manfaat Menjadi Morning Person

Seorang morning person atau early bird memiliki banyak manfaat karena kebiasaannya yang bangun lebih pagi. Apa sajakah manfaatnya? Berikut penjelasannya. 

 

Memiliki Pola Tidur yang Baik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang morning person cenderung sulit untuk terjaga di malam hari.

Mereka akan memanfaatkan waktu malam hari dengan sebagaimana mestinya, yaitu untuk tidur. Itulah mengapa pola tidur morning person sangat baik. 

 

Tidur Lebih Berkualitas

Pada waktu tertidur, seorang morning person cenderung tidak mengalami gangguan, sehingga mereka akan bangun bisa langsung beraktivitas. Terbangun tanpa adanya rasa lelah adalah salah satu indikasi dari tidur yang berkualitas. 

 

Baik untuk Memelihara Kesehatan Mental

Pola tidur yang baik dan berkualitas serta paparan sinar matahari dapat membuat seorang morning person terhindar dari gangguan kesehatan mental.

Paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D dapat membuat suasana hati jauh lebih baik. Meski hal ini bukan jaminan, tetapi menjadi lebih produktif dapat membuat Anda terfokus pada hal-hal yang ada di depan mata Anda, bukan pada hal-hal lain yang mungkin belum tentu terjadi. 

 

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, Berikan Karyawan Mental Health Day Off

 

Baik untuk Kesehatan

Seorang morning person akan memiliki gaya hidup yang terstruktur. Berbeda dengan sang night owl yang kerap melakukan banyak hal di malam hari, termasuk mengkonsumsi makanan berat. 

Seorang early bird cenderung memiliki pola makan yang baik. Mereka akan memanfaatkan malam hari untuk tidur, bukan untuk makan. 

Itulah mengapa seorang morning person akan terhindar dari penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, bangun pagi bisa membuat Anda berkesempatan untuk melakukan olahraga di tengah segarnya udara pagi. 

 

Produktif dalam Bekerja

Bangun lebih pagi dapat membuat Anda mengerjakan banyak hal dengan energi yang masih terjaga. Anda juga bisa mengatur aktivitas apa saja yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan mudah. Dengan demikian, Anda bisa lebih produktif. 

 

Mudah dalam Melakukan Banyak Hal

Toko-toko, perkantoran, tempat makan, dan tempat-tempat lain akan mudah diakses di siang hari. Hal ini juga mengindikasikan bahwa banyak peluang yang bisa Anda dapatkan sebagai morning person.

Jika Anda teliti, menjadi morning person atau bangun lebih pagi adalah salah satu tips atau rahasia yang banyak dibagikan oleh orang-orang sukses di dunia.

 

Kelemahan Morning Person

kelemahan morning person
Sumber: Pexels by Andrew Neel

 

Terlepas banyaknya kelebihan, seorang morning person juga memiliki kelemahan dalam dirinya. Berikut adalah kelemahan dari seorang morning person. 

 

Terbangun di Jam yang Sama

Jika Anda terbiasa menjadi seorang morning person, Anda akan terbangun di jam yang sama. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda yang sudah diatur seperti itu. Tidak peduli jam berapa pun Anda tidur, Anda akan terbangun di jam yang sama. 

Hal ini tentu bukan hal yang baik. Bayangkan jika Anda terpaksa tidur larut dan tetap terbangun dengan jam yang sama. Alih-alih produktif, rasa lelah akan Anda rasakan pada saat bangun di pagi hari.

 

Sulit untuk Bersosialisasi

Menurut eksperimen yang dilakukan oleh Tayeh Aledavood bersama teman-temannya di University of Aalto, seorang night owl lebih banyak memiliki koneksi dibandingkan dengan early bird.

Orang yang aktif di malam hari memiliki koneksi pertemanan yang luas, kuat, dan mudah untuk menemukan night owl lainnya. 

Dibandingkan dengan morning person, seorang night person menunjukan bahwa mereka adalah orang-orang lebih mudah untuk melakukan sosialisasi.

Hal ini semakin relevan mengingat kebanyakan orang yang aktif di pagi hari lebih produktif dengan pekerjaan mereka selama satu hari penuh dan membuat mereka jarang untuk membuka media sosial.

 

Dampak Kesehatan

Terbangun di pagi hari ternyata salah satu indikasi dari salah satu masalah kesehatan. Terlebih jika Anda merasa tidak ada lonjakan energi yang berlebihan di pagi hari atau merasa lelah saat bangun tidur. Hal ini mengindikasikan bahwa yang membangunkan Anda adalah gangguan tidur.

Beberapa gangguan tidur yang menyebabkan Anda terbangun lebih awal adalah sleep apnea, efek perubahan shift kerja, dan perubahan siklus tidur karena usia.

 

Cara Menjadi Morning Person

Untuk menjadi seorang morning person, Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini. Kebiasaan di bawah ini dapat membentuk Anda menjadi seorang yang terbiasa bangun pagi dan lebih produktif dalam menjalani hari. 

 

  1. Ubah Waktu Tidur

Salah satu cara menjadi seorang morning person adalah dengan mengubah pola tidur. Anda harus bisa mengatur pola tidur Anda dengan cara tidur lebih awal, sehingga kesempatan Anda untuk bangun lebih awal menjadi lebih besar.

 

  1. Memberi Akses Cahaya Matahari Masuk ke Kamar

Cahaya matahari dapat mengubah jam internal yang ada dalam tubuh Anda. Penting bagi Anda untuk memastikan cahaya bisa masuk ke dalam kamar dengan cara membuka tirai di jendela.

 

  1. Menjauhkan Alarm dari Jangkauan Tangan

Salah satu penggagal langkah Anda dalam menjadi morning person adalah alarm yang mudah untuk dimatikan.

Maka dari itu, Anda bisa meletakkan alarm tersebut jauh dari jangkauan Anda. Hal ini bisa membuat Anda mengeluarkan usaha lebih agar bisa terbangun.

 

  1. Konsisten

Agar hal-hal di atas bisa menjadi kebiasaan, Anda perlu melakukannya secara rutin dan konsisten. Konsistensi penting agar tubuh Anda lebih terbiasa dan mulai adaptasi dengan kebiasaan bangun pagi.

 

  1. Sesuaikan Pola Tidur dengan Pola Makan

Agar bisa tidur lebih awal, Anda bisa mengatur pola makan. Idealnya, Anda harus memberi jeda sekitar 2-3 jam antara makan malam dengan jam tidur Anda.

Hindari konsumsi gula, alkohol, kafein, serta makan berlebihan sebelum tidur.

 

Baca Juga: Bagaimana Aturan 5 Minute Rule Dapat Membuat Lebih Produktif?

 

Tips Produktif di Pagi Hari

Tips Produktif di Pagi Hari
Sumber: Pexels by Thirdman

 

Untuk menjadi produktif di pagi hari, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa bersemangat dalam memulai hari. Berikut adalah tips produktif di pagi hari:

 

  1. Menghindari Media Sosial

Media sosial akan membuat Anda berlama-lama di kasur. Padahal, Anda perlu langsung bangkit dari kasur saat bangun tidur agar bisa produktif.

 

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga dapat membuat tubuh Anda lebih segar dan bugar serta memperbaiki suasana hati. Hal ini baik untuk membuat Anda bersemangat melakukan aktivitas selanjutnya.

 

  1. Mengonsumsi Sarapan dengan Gizi Seimbang

Setelah melakukan olahraga ringan saatnya untuk mengisi perut. Anda dapat sarapan dengan asupan yang seimbang agar memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

 

  1. Membuat Playlist Musik Favorit

Memutar lagu yang Anda suka dapat membuat Anda jauh lebih rileks dan meningkatkan mood Anda dalam beraktivitas. Tanpa sadar, Anda sudah menyelesaikan banyak pekerjaan.

 

Itulah pembahasan tentang morning person, seseorang yang produktif saat memulai hari. Menjalani gaya hidup seperti ini membuat Anda jauh lebih produktif dan bersemangat dalam menjalani hari. Selain itu, kebiasaan ini dapat menjaga fisik dan mental Anda tetap sehat.

Siap menjadi seorang morning person

 

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter