Konsistensi

Jaga Performa Saat Bekerja! Inilah 8 Cara Mempertahankan Konsistensi Kerja

Untuk menjadi seseorang yang sukses dalam karirnya, penting bagi Anda untuk selalu memiliki konsistensi karena hal ini merupakan salah satu kunci dari sebuah keberhasilan akan suatu hal. 

Tidak peduli seberapa kecil ataupun besar hal yang dilakukan, bila Anda melakukannya secara konsisten dan tidak mengenal menyerah, maka dapat dipastikan bahwa kesuksesan akan ada di depan mata.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsistensi adalah ketepatan dan kemantapan dalam bertindak.

Jadi dapat dikatakan bahwa seseorang yang melakukan suatu hal secara terus menerus tanpa henti maka orang tersebut dapat dikatakan sebagai seseorang yang konsisten. 

Meskipun cukup sulit untuk dilakukan, menjadi seseorang yang konsisten sangatlah dibutuhkan dalam berkarir demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan proses yang juga membentuk Anda menjadi individu dengan kemampuan yang luar biasa.

 

Mengapa Konsistensi Diperlukan dalam Karir? 

Setelah mengetahui apa itu konsistensi dan pentingnya menjadi seseorang yang memiliki kemampuan untuk tetap konsisten di dalam hidupnya, karir pun juga membutuhkan Anda untuk menjadi seseorang yang konsisten.

Hal ini dikarenakan menjadi konsisten dapat membantu Anda dalam hal menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dan juga efisien.

Semakin sering dan rajin Anda menyelesaikan pekerjaan dengan tatanan waktu dan juga strategi yang Anda miliki sendiri, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk lebih cepat dalam hal menyelesaikan pekerjaan dan juga mencapai tujuan dalam karir Anda. 

Tidak hanya itu, memiliki konsisten dalam berkarir juga dapat membuat Anda menjadi lebih teguh dan juga memiliki pendirian yang sulit untuk digoyahkan meskipun dihadang oleh berbagai rintangan ketika sedang mencapai titik tujuan Anda.

Kini sudah tahu seberapa penting bagi seseorang untuk terus berkonsisten dalam pekerjaan?

 

Baca Juga: Sulit Konsentrasi Saat Kerja? Berikut 9 Tips Meningkatkan Konsentrasi!

 

performance review

 

Manfaat Konsistensi Bagi Perkembangan Karir dan Kinerja

Menjadi seseorang yang konsisten di dalam pekerjaannya memang merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki karena hal ini memiliki berbagai manfaat untuk setiap pribadi yang menganut budaya ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari menjadi seseorang yang memiliki konsistensi di dalam karirnya:

 

  • Lebih cepat dalam hal pencapaian tujuan
  • Terlatih untuk melakukan manajemen waktu
  • Terus termotivasi karena adanya tujuan yang ingin dicapai
  • Menjadi pribadi yang disiplin dalam melakukan pekerjaannya
  • Membentuk karakter yang lebih baik sehingga lebih mudah untuk dipercaya orang
  • Memudahkan Anda untuk melacak peningkatan atau pengembangan pekerjaan
  • Menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan yang dimiliki

 

Bagaimana? Sangat banyak manfaat yang bisa didapat apabila Anda menjadi seseorang yang konsisten?

 

8 Cara Menjaga Konsistensi untuk Karir Lebih Baik

Mengacu kepada pengertian konsistensi untuk memiliki ketepatan dan kemantapan dalam bertindak, berikut ini adalah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga konsistensi untuk karir Anda yang lebih baik di masa mendatang.

 

1. Menetapkan Tujuan dan Komitmen 

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjadi konsisten dalam berkarir adalah menetapkan tujuan dan juga komitmen. Anda perlu membangun dasar yang kuat mengenai apa yang Anda inginkan, sukai, serta tujuan dalam kehidupan. 

Dengan cara ini, Anda akan terus termotivasi untuk selalu berusaha dalam mewujudkan keinginan dan mencapai tujuan hidup Anda.

 

2. Fokus Pada Satu Hal

Untuk menjadi seseorang yang memiliki konsistensi dalam karirnya, Anda perlu untuk mempertahankan suatu hal hingga melekat pada diri Anda sehingga hal tersebut menjadi suatu kebiasaan dan bagian yang baik di dalam diri Anda.

Tidak sampai situ saja, Anda juga diharuskan untuk selalu fokus pada suatu hal demi mencapai tujuan yang dimiliki yang ingin dituju. 

 

3. Berkomitmen

Jika ingin menjadi orang yang konsisten diharuskan mampu untuk menghadapi suatu hal yang kompleks, hal ini tentunya sangat salah. Hal ini dikarenakan Anda akan lebih mudah untuk menjadi seseorang yang konsisten dengan melakukan hal kecil yang namun dikerjakan secara terus-menerus dengan komitmen yang penuh. 

Sebagai contohnya, seseorang yang diet dan lebih berfokus pada olahraga ringan dan makan makanan yang sehat secara teratur akan lebih cepat untuk menurunkan berat badannya dibandingkan seseorang yang berolahraga hingga memforsir habis dirinya tanpa jadwal yang teratur.

 

Baca Juga: Jadilah Agen Perubahan atau Agent of Change dalam Perusahaan!

 

4. Utamakan Efisiensi Serta Kreativitas

Menjadi kreatif memang merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap orang yang memiliki karir, karena dengan memiliki kreativitas seseorang dapat menemukan jalan keluar dari berbagai macam hal. Menjadi kreatif juga dapat mendorong orang-orang untuk terus berkembang di luar kemampuan dasarnya. 

Namun, perlu diketahui juga bahwa menjadi seseorang yang kreatif pun juga harus tetap mengutamakan efisiensi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih demi menjaga konsistensi Anda di dalam sebuah pekerjaan.

 

5. Jangan Terlalu Fokus dengan Hasil

Menjadi seseorang yang konsisten memang memerlukan Anda untuk terus fokus, namun perlu diingat juga bahwa fokus yang Anda miliki harus terletak kepada konsistensi Anda dalam mencapai suatu hal bukan fokus kepada hasil yang dituju. 

Hal ini dikarenakan apabila Anda hanya meletakkan fokus pada hasilnya saja maka Anda akan lebih mudah kecewa dan konsistensi Anda dalam bekerja pun akan menurun.

Maka dari itu, lebih baik bagi Anda untuk fokus kepada proses dan selalu menjadikan hasil yang didapat sebagai motivasi Anda untuk terus menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

6. Realistis

Meskipun memiliki tujuan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi setiap individu demi selalu terdorong untuk melakukan yang terbaik setiap harinya.

Meskipun demikian, Anda juga perlu memiliki tujuan yang realistis di dalam hidup Anda dan menyesuaikannya dengan kemampuan yang Anda miliki. Dengan demikian tujuan yang Anda tentukan akan lebih mudah untuk dicapai dengan upaya konsisten.

 

7. Teratur Membuat Agenda

Bila Anda baru saja memulai untuk menjadi orang yang konsisten di dalam pekerjaan Anda, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk membuat agenda mengenai hal-hal yang perlu dilakukan setiap harinya dengan tenggat waktu yang juga Anda sesuaikan sehingga Anda pun akan lebih terbiasa untuk menjadi teratur.

 

8. Evaluasi Berkala

Untuk melakukan segala hal dengan konsisten, Anda tentunya disarankan juga untuk mengevaluasi diri Anda untuk memperbaiki hal-hal yang sekiranya membutuhkan perubahan atau perbaikan setelah mendapatkan hasil.

Dengan evaluasi yang rutin, Anda dijamin untuk bisa lebih konsisten, terlebih lagi hal yang Anda kerjakan sudah Anda perbaiki dari yang sebelumnya.

 

Sekian informasi seputar menjadi individu yang konsisten hingga cara-cara yang perlu dilakukan untuk memudahkan Anda dalam menjadi seseorang yang memiliki konsistensi kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!