online learning platform

Rekomendasi 7 Online Learning Platform Terbaik Tahun 2023

Setelah melewati era pandemi, banyak orang yang sudah terbiasa untuk mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang positif.

Salah satu contohnya adalah mengikuti pembelajaran secara online di online learning platform untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mereka.

Online learning platform adalah wadah kegiatan belajar mengajar yang bisa dilakukan dari mana saja dengan menggunakan perangkat mobile dan koneksi internet, kegiatan ini juga bisa disebut sebagai distance learning.

Secara umum, pembelajaran online ini akan dilakukan melalui video secara langsung maupun rekaman video.

Jika Anda tertarik mengikuti pembelajaran online, Anda perlu tahu online learning platform yang terbaik. Untuk itu, artikel dari LinovHR ini akan menjelaskan kepada Anda mengenai rekomendasi 7 online learning platform terbaik pada tahun 2023.

Simak ulasannya berikut ini ya! 

 

Apa Itu Online Learning Platform?

Online learning platform adalah sebuah wadah pembelajaran secara daring yang menyediakan pembelajaran atau pelatihan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi setiap orang yang mengikutinya.

Online learning platform sering disebut dengan kursus online karena memberikan kesempatan bagi setiap orang di usia kerja untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka dalam bidang tertentu. 

Biasanya kursus online ini akan menawarkan pembelajaran dalam bidang digital marketing, IT, data analyst, SEO, business development, dan lain sebagainya.

 

7 Rekomendasi Online Learning Platform

Online learning platform merupakan jenis dari learning management system yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menyelenggarakan sebuah kursus online.

Hal ini berguna untuk membantu karyawan untuk meningkatkan keterampilan serta keahliannya agar perusahaan bisa meningkatkan produktivitasnya.

Adapun 7 rekomendasi online learning platform adalah sebagai berikut:

 

  1. Udemy

Udemy merupakan salah satu platform learning online yang cukup populer di dunia. Platform ini menawarkan sekitar 213.000 video online untuk pelatihan dan pembelajaran.

Selain itu, platform ini memiliki sekitar 40 juta peserta didik dan 50 ribu instruktur yang ahli di bidangnya masing-masing.

 

  1. Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online yang mewadahi setiap orang yang ingin menambah keterampilannya. Platform ini memiliki sekitar 82 juta peserta didik yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini menandakan bahwa platform online ini memiliki citra yang baik di tengah masyarakat dunia. 

Coursera bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di seluruh dunia sebagai tenaga pengajar. Untuk itu, Coursera bisa dikatakan online platform yang cukup berkualitas.

Selain itu, Coursera juga akan memberikan sertifikasi kepada setiap peserta sebagai tanda bahwa peserta telah mengikuti kursus online.

 

Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Menggunakan Aplikasi LMS dan Rekomendasi Terbaiknya

 

  1. Edmodo

Edmodo adalah sebuah online platform berbasis media sosial yang didirikan oleh Nic Borg. Platform online ini akan memungkinkan siswa, guru, dan orang tua untuk bisa berinteraksi selama proses pembelajaran. 

Dengan Edmodo, instruktur dapat memberikan materi pembelajaran dan penugasan sekaligus melakukan survei atas pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini akan membuat para peserta menjadi interaktif pada saat proses pembelajaran.

 

  1. edX dan Open edX

EdX dan Open edX merupakan suatu platform pembelajaran yang menawarkan opsi tujuan yang berbeda. EdX adalah online learning platform yang memungkinkan para peserta bisa belajar secara daring. 

Sedangkan, Open edX merupakan sebuah platform yang memungkinkan peserta mengikuti kegiatan pembelajaran di berbagai universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia.

Kedua platform tersebut diciptakan oleh tim ilmuwan dari Universitas Harvard dengan tujuan untuk menyediakan pembelajaran online pada tingkat universitas di seluruh dunia.

 

Baca Juga: Manfaat Diterapkannya Software e Learning

 

  1. Udacity

Udacity merupakan sebuah platform learning online yang mengajarkan para pesertanya untuk mempelajari keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk menunjang karier para peserta di industri teknologi.

Udacity merupakan platform learning online yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang ingin meniti karier dalam bidang IT.

Selain itu, mereka juga sudah berkolaborasi dengan perusahaan besar di dunia seperti Google dan Microsoft.

 

  1. Moodle

Moodle adalah sebuah software pembelajaran berbasis CMS (Course Management System), yang memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan praktis.

Hal ini karena seorang instruktur hanya berperan sebagai fasilitator yang menyediakan sumber pembelajaran.

Platform learning online ini menawarkan beberapa fitur, seperti video pembelajaran, assignment submission, forum diskusi, kuis online, berita, dan lain sebagainya.

 

  1. LinovHR

 

Learning Management System
Learning Management System

 

LinovHR merupakan online learning platform Indonesia yang menawarkan kemudahan dalam menyelenggarakan pembelajaran online.

Pembelajaran dilakukan melalui LMS atau learning management system yang bisa memudahkan perusahaan untuk membuat sebuah pelatihan secara online untuk meningkatkan skill karyawannya.

LinovHR tidak hanya menawarkan pembelajaran online saja, tetapi software ini juga terintegrasi dengan sistem HR lain seperti absensi, penilaian kinerja, manajemen data karyawan, rekrutmen, dan lain sebagainya.

Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pengembangan sumber daya manusia.

 

Tips Memilih Online Learning Platform

Memilih online learning platform perlu dilakukan dengan hati-hati agar Anda tidak mengalami kerugian. Untuk memilih platform belajar terbaik, Anda perlu memilih platform dengan kriteria sebagai berikut:

 

  1. Kemudahan dalam Penggunaan

Pastikan platform yang dipilih mudah untuk digunakan, baik dari sisi pengguna, pemateri, atau administrator. 

 

  1. Kompatibel

Pilihlah online learning platform yang dapat diakses dengan berbagai format. Seperti video pembelajaran yang dapat diakses melalui Youtube, Facebook, atau bahkan PDF.

 

  1. Harga Terjangkau

Pilihlah learning platform online yang menyediakan pembelajaran dengan harga yang terjangkau agar Anda dapat menghemat biaya pengeluaran.

 

  1. Keamanan Data

Pilihlah learning platform online yang bisa menjamin data diri Anda terjaga dengan baik. Berhati-hatilah untuk memberikan data pribadi terhadap kursus online, karena apabila data Anda digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka hal tersebut bisa merugikan Anda.

 

Learning Management System LinovHR: Online Learning Platform Indonesia Terbaik 

 

software hris

 

Saat ini Anda sudah memahami dan mengetahui online learning platform yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian Anda. 

Tidak hanya memudahkan dalam proses pembelajaran bagi siswa dan mahasiswa, online learning platform ini juga bisa direkomendasikan untuk memberikan pelatihan online kepada karyawan di perusahaan. 

Perusahaan bisa menggunakan Learning Management System untuk membuat pelatihan online guna meningkatkan skill para karyawannya.

Dengan memberikan pelatihan kepada karyawan, perusahaan dapat mengatasi skill gap yang sering terjadi serta dapat menambah keahlian dan keterampilan karyawan sehingga tetap relevan dengan persaingan bisnis.

 

Oleh sebab itu, sudah saatnya perusahaan menggunakan Learning Management System yang terdapat dalam Software HRIS LinovHR untuk membuat pelatihan yang tepat bagi karyawan.

Dengan menggunakan Learning Management System LinovHR, perusahaan dapat mendigitalisasi seluruh proses pelatihan karyawan, mulai dari tahap perencanaan, implementasi, hingga evaluasi. Hal ini dikarenakan Software Learning Management System LinovHR memiliki fitur yang lengkap.

Penggunaan Learning Management System LinovHR di perusahaan dapat menjawab tantangan dan hambatan yang sering ditemui oleh perusahaan ketika sedang mengadakan sebuah pelatihan.

Mulai dari sulitnya meningkatkan keterlibatan peserta, sampai sulitnya membuat silabus sebagai pedoman pembelajaran dan indikator pencapaian dari suatu pembelajaran. Seluruh tantangan dan hambatan tersebut bisa dengan mudah diatasi dengan software Learning Management System LinovHR.

 

Karena itulah, gunakan LMS LinovHR sekarang juga. Kunjungi situs resminya untuk menjadwalkan demo aplikasi!