business development

Tugas dan Syarat Menjadi Business Development

Business Development adalah proses identifikasi jangka panjang untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui pengembangan hubungan, market, dan customer. Tanpa Business Development yang berkelanjutan, suatu perusahaan tidak bisa mengembangkan bisnis mereka dengan maksimal. Proses Business Development disesuaikan dengan bisnis dan segmentasi perusahaan tersebut. Karena bersifat terus menerus dan jangka panjang, proses Business Development dalam suatu perusahaan sangatlah penting.  

 

Pentingnya Business Development

Perusahaan membutuhkan pengembangan yang berkelanjutan untuk menghadapi tantangan di dunia bisnis. Di sini peran penting Business Development untuk membantu mengembangkan perusahaan tersebut. Pengembangan Bisnis mencakup riset pasar, mengembangkan dan memelihara hubungan dengan klien potensial baru, mendeteksi dan menciptakan peluang bisnis potensial. 

Semua cakupan tersebut membuat Business Development harus cakap dalam membuat suatu strategi bisnis perusahaan. Jika Business Development tidak mampu membuat strategi yang mampu membuat perusahaan berkembang atau bertahan melalui tantangan dan rintangan di dunia bisnis, maka perusahaan akan sulit melalui tantangan dan tersebut. Oleh sebabnya Business Development membutuhkan analisis yang sangat mendalam mengenai pengembangan perusahaan.  

 

Baca Juga : Pentingnya Visi Misi dalam Perusahaan

 

Tanggung jawab Business Development

Tanggung jawab inti dari Business Development adalah menumbuhkan bisnis. Proses mengembangan bsisnis perusahaan tergantung pada insdusti masing-masing perusahaan. Namun, inti tanggung jawab Business Development tetap sama. 

  1. Riset pasar, mencari peluang pelanggan baru, dan menjaga hubungan dengan pelanggan<
  2. Bekerja sama dengan divisi lain seperti divisi teknis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan / pasar
  3. Mengembangkan dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan
  4. Perbarui pengetahuan tentang perkembangan pasar dan pesaing
  5. Melakukan penelitian secara teratur pengembangan bisnis perusahaan

 

Tugas Business Development

Bersamaan dengan tanggung jawab, Business Development juga memiliki beberapa tugas yang harus mereka lakukan setiap harinya. Tugas Business Development antara lain: 

  1. Menghubungi klien potensial untuk menjalin hubungan dan mengatur pertemuan
  2. Merencanakan dan mengawasi inisiatif pemasaran baru
  3. Meneliti organisasi dan individu untuk menemukan peluang baru
  4. Meningkatkan nilai pelanggan saat ini sambil menarik yang baru
  5. Menemukan dan mengembangkan pasar baru dan meningkatkan penjualan
  6. Menghadiri konferensi, rapat, dan acara industri
  7. Mengembangkan penawaran dan proposal untuk klien
  8. Mengembangkan tujuan untuk tim pengembangan dan pertumbuhan bisnis dan memastikan mereka terpenuhi
  9. Melatih personel dan membantu anggota tim mengembangkan keterampilan mereka

 

Baca Juga : Tugas Training Development Specialist dalam Perusahaan

 

Syarat Menjadi Business Development

Profesi Business Development mulai banyak dilirik khususnya oleh fresh graduate milenial. Menjadi Business Development dinilai merupakan posisi bergengsi dengan jenjang karir yang cukup gemilang. Namun, karena perannya yang krusial dalam perusahaan, untuk menjadi seorang Business Development pun diharuskan memenuhi beberapa persyaratan. Apa saja persyaratan menjadi seorang Business Development?

 

1. Mampu Menganalisis Pola Bisnis 

Seorang Business Development perlu memiliki keterampilan analisis dan riset pola bisnis yang kuat. Ini diperlukan untuk menjadi tolak ukur kompetisi dan menjaga perusahaan tetap unggul.

 

2. Keterampilan Komunikasi & Interpersonal

Profesi Business Development menuntut untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Sehingga individu harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat. Seorang Business Development harus berkomunikasi, menyajikan, menegaskan, dan berbicara kepada semua pihak terkait dengan meyakinkan.

 

3. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Rasa ingin tahu yang tinggi mendorong seorang individu untuk menggali informasi dan knowledge suatu bidang jauh lebih dalam. Begitu pula dengan Business Development yang harus menggali informasi dan data dari berbagai sumber untuk pengembangan perusahaan. 

 

4. Realistis dalam Menentukan Ekspektasi

Dalam menentukan strategi, seorang Business Development harus tetap realistis sesuai dengan fakta dan kondisi perusahaan. Menentukan strategi dan ekspektasi pengembangan bisnis yang tidak realistis akan menyebabkan perusahaan menuju kegagalan

 

5. Berwawasan Luas

Wawasan luas adalah kunci untuk menganalisis pola atau tren suatu pasar. Seorang Business Development harus memahami posisi pesaing perusahaan dan strategi apa yg dibutuhkan untuk mengungguli mereka. Berbagai macam data dikumpulkan dan dikolaborasikan dengan pengetahuan yang dimiliki oleh Business Development untuk menyiapkan analisis yang akurat.  

 

6. Fleksibel dan Mampu Beradaptasi

Kondisi perusahaan tidak selalu stabil dan akan ada banyak tantangan. Kondisi-kondisi tersebut membuat perusahaan harus menentukan keputusan. Business Development harus fleksibel dan mampu beradaptasi dengan cepat ketika kondisi perusahaan tiba-tiba terdapat hambatan dan sigap merancang kembali strategi atau taktik lain untuk menghadapinya. 

 

Tantangan Business Development Perusahaan

Selain sebagai profesi yang memiliki cukup banyak persyaratan, Business Development dalam perusahaan juga menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan yang dihadapi oleh Business Development dalam suatu perusahaan adalah: 

 

Perubahan Tren Bisnis Cepat Berubah

Seperti yang diketahui, tren bisnis berubah sangat cepat bahkan dalam hitungan hari. Tidak ada kepastian mengenai kapan bisnis akan berubah atau bagaimana tren bisnis akan berubah. Bahkan suatu proyeksi bisnis pun bisa saja berubah seiring dengan waktu. Perubahan tren bisnis dipengaruhi berbagai macam faktor, yaitu; teknologi, kebijakan dan regulasi pemerintah, dan nilai yang berkembang di tengah masyarakat. 

 

software hris

 

Time Management

Business Development suatu perusahaan harus mengalokasikan waktu mereka dengan seefisien dan seefektif mungkin untuk mengikuti perubahan yang ada. Dalam hal ini time management sangat diperlukan. Seluruh tim dalam Business Development harus bekerja sama untuk dapat beradaptasi dalam waktu yang mungkin cukup terbatas dalam transisi perubahan tren bisnis. 

 

Menghubungkan Koneksi Bisnis

Dalam perkembangannya, Business Development harus selalu menghubungkan titik-titik koneksi dalam lingkungan bisnis perusahaan untuk perkembangan bisnis secara berkelanjutan. Proses memulai koneksi bisnis tidaklah mudah. Business Development harus memahami bagaimana tipe individu atau organisasi yang mereka butuhkan agar koneksi dapat terjalin dengan baik. 

 

Baca Juga : Tugas Resepsionis dan Tanggung Jawabnya

 

Financial Management 

Setiap adaptasi atas suatu perubahan pasti akan memerlukan biaya. Tim Business Development harus melakukan financial management yang tepat sasaran. Untuk dapat mengalokasikan dana dengan tepat, suatu perusahaan harus menganalisis bagaimana perubahan bisnis yang terjadi di sekitar lingkungan mereka dan biaya apa saja yang akan dikeluarkan untuk penyesuaian. . 

Apakah tertarik untuk menjadi seorang Business Development? Menjadi Business Development konon juga menjanjikan honor yang tinggi, loh! Tanggung jawabnya pun juga ikut tinggi dan sangat besar. Apa Anda siap menjadi Business Development yang handal?

 

Bagi HRD dapat menggunakan Software HR untuk mudah dalam melakukan manajemen berbagai tugas bagi Business Development. LinovHR memiliki berbagai modul dan fitur yang dapat dimanfaatkan Divisi HR melakukan pengelolaan tugas maupun skill yang mesti dimiliki untuk posisi tertentu. Segera hubungi kami melalui url linovhr.com/contact-us/ berikut untuk mencoba Software HR LinovHR.