aplikasi lms

Rekomendasi Aplikasi LMS Terbaik untuk Atur Pembelajaran

Dengan adanya perkembangan teknologi seperti saat ini, tentu kebutuhan digital akan semakin digandrungi oleh perusahaan guna mendapatkan banyak kemudahan, salah satunya adalah dengan penggunaan aplikasi LMS.

Penggunaan aplikasi ini sendiri dinilai penting bagi perusahaan, karena dapat mempermudah perusahaan dalam melakukan proses pelatihan karyawan guna meningkatkan skill dan kompetensi yang mereka miliki.

Pada artikel LinovHR kali ini, kami akan menjelaskan pentingnya penggunaan LMS hingga merekomendasikan beberapa LMS terbaik yang dapat Anda gunakan.

 

 

Apa itu Aplikasi LMS?

Aplikasi LMS adalah software atau perangkat lunak yang khusus dirancang untuk mendistribusikan, membantu, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran melalui jaringan yang terpusat.

Awalnya, Learning Management System sendiri hadir dengan tujuan untuk memudahkan tenaga pendidik dalam perencanaan proses pembelajaran secara online atau distance learning kepada peserta.

Dalam perusahaan, aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi karyawan dalam melakukan proses training yang bertujuan untuk meningkatkan skill, kapabilitas, dan kompetensi yang dimilikinya.

Melalui aplikasi ini, tentu para karyawan akan sangat dimudahkan dalam mengakses pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Hal ini dapat terjadi karena aplikasi LMS memiliki sifat pembelajaran e-learning yang memberikan fleksibilitas penuh kepada penggunanya.

 

Baca Juga: Apa Saja Fitur yang Perlu Ada dalam Aplikasi Learning Management System?

 

Mengapa Harus Memakai LMS untuk Pembelajaran?

Agar dapat lebih meyakinkan Anda mengenai manfaat dan kemudahan dari aplikasi LMS, berikut adalah beberapa alasan pentingnya bagi perusahaan untuk menggunakan aplikasi Learning Management System dalam proses training karyawan.

 

1. Memberikan Fleksibilitas Terhadap Karyawan

Pada era digital seperti saat ini, tentu para karyawan mengharapkan fleksibilitas yang diberikan oleh perusahaan.

Melalui LMS, perusahaan dapat memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk dapat mengakses pembelajaran dan pelatihan dari mana saja dan kapanpun mereka mau.

 

2. Dapat Mengatur Semua Konten Pembelajaran di Satu Tempat

Melalui aplikasi LMS, perusahaan dapat membuat, mempersonalisasi, menyelenggarakan, dan menyimpan seluruh modul pembelajaran dan pelatihan karyawan di satu tempat yang saling terhubung.

Dalam hal ini, LMS bersifat sebagai sebuah jembatan antara pengajar dan peserta dalam melakukan pembelajaran.

 

3. Dapat Menghemat Waktu

Melakukan pembelajaran secara manual tentu hanya akan membuang waktu dan tenaga para karyawan maupun perusahaan.

Jika perusahaan menggunakan bantuan LMS, maka karyawan tidak lagi perlu untuk menghadiri pembelajaran tatap muka.

Hal ini dapat terjadi, karena perusahaan memiliki opsi e-learning yang dapat memberikan fleksibilitas kepada karyawan dalam melakukan pembelajaran dan tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih.

 

4. Menghemat Biaya

Sebelum berinvestasi pada aplikasi LMS, tentu perusahaan akan memiliki asumsi bahwa aplikasi tersebut hanya akan meningkatkan biaya bisnis yang Anda jalani.

Namun, pada kenyataannya, aplikasi tersebut dapat dapat menghemat biaya perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini dapat terjadi, karena perusahaan tidak lagi perlu untuk mengeluarkan biaya dalam menyewa fasilitas, membayar instruktur, dan bepergian ke lokasi pelatihan.

 

5. Meningkatkan Kualitas Pelatihan Karyawan

Penggunaan LMS pada pelatihan karyawan juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelatihan karyawan di kemudian hari.

Tak hanya sebagai media pembelajaran, software LMS juga dapat berguna dalam mengumpulkan umpan balik dari para karyawan ketika sesi dan kursus yang diikutinya telah usai.

Dalam hal ini, perusahaan akan mendapatkan kemudahan dalam mengukur dan menganalisis dampak yang dirasakan oleh para karyawan. Sehingga ketika mengikuti pelatihan yang sudah disediakan dapat meningkatkan kualitas pelatihan karyawan.

 

6. Memudahkan Perusahaan dalam Melacak Kemajuan Karyawan

LMS Software ternyata juga dapat memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam melihat kemajuan karyawan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat melihat statistik tentang berapa banyak karyawan yang telah memulai kursus pelatihan, seberapa jauh kemajuan dari setiap karyawan, dan berapa banyak karyawan yang telah lulus atau gagal.

 

7. Dapat Melindungi Data Perusahaan

Salah satu kendala yang sering dialami dalam dunia digital adalah tingkat keamanan. Namun, Anda tidak perlu lagi untuk merasa khawatir.

Hal ini karena biasanya, aplikasi LMS sudah dihadiri dengan basis cloud yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan dapat melindungi data perusahaan secara maksimal.

 

Aplikasi LMS Terbaik untuk Pembelajaran

Jika perusahaan yang Anda jalani sedang mencari LMS terbaik, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi LMS yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

 

1. LinovHR

Learning Management System
Learning Management System

 

LinovHR adalah salah satu software HRIS terbaik di Indonesia yang hadir sebagai solusi untuk memudahkan manajemen SDM di perusahaan melalui modul dan fitur yang tersedia, salah satunya adalah modul Learning Management System LinovHR.

Melalui modul LMS LinovHR, perusahaan akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan pengembangan karyawan. 

Modul LMS LinovHR sendiri tersedia berbagai fitur, di antaranya: 

  • Topic, 
  • Course,
  • Test Template,
  • Feedback Learning,
  • E-certificate,
  • Learning Plan,
  • Learning Overview,
  • Training Request. 

 

2. Vokal LMS

Contoh aplikasi LMS selanjutnya adalah Vokal LMS yang dapat memungkinkan penyatuan dan fleksibilitas terhadap karyawan dan perusahaan.

Melalui aplikasi ini, dapat memungkinkan bagi perusahaan dalam membuat grup pengguna, mempertahankan kontrol, dan bekerja dengan sistem yang ada melalui integrasi dasar langsung dari dasbornya.

Aplikasi Vokal LMS sayangnya tidak menawarkan paket gratis, namun mereka masih menyediakan uji coba gratis kepada para pelanggannya.

 

3. Braincert Enterprise LMS

Braincert Enterprise LMS adalah aplikasi LMS all-in-one dan cocok digunakan untuk bisnis kecil dengan memiliki empat platform inti di satu tempat, di antaranya seperti platform khusus, pengujian online, ruang kelas virtual, dan sistem manajemen konten pembelajaran.

Namun, sayangnya aplikasi ini tidak dapat diakses melalui seluler dan hanya dapat digunakan melalui desktop. Aplikasi ini menawarkan uji coba gratis namun hanya terdapat opsi berbayar yang tersedia di luar uji coba. 

 

Buat Pelatihan Karyawan Perusahaan dengan Aplikasi LMS LinovHR 

Penggunaan aplikasi LMS adalah salah satu bentuk inovasi yang dihadirkan perusahaan guna memudahkan proses training karyawan agar lebih efektif dan efisien. Sehingga, tujuan yang diharapkan pun dapat tercapai.

Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan bisa menghemat budget pelatihan yang dahulu perlu dilakukan secara offline. Selain itu, perusahaan pun bisa mengukur seberapa efektif pelatihan yang diikuti karyawan.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah hadir beberapa aplikasi LMS terbaik yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah Software HRIS LinovHR yang memiliki Modul Learning Management System.

 

Banner Keunggulan LMS LinovHR
Keunggulan LMS LinovHR

 

Software LMS LinovHR memungkinkan perusahaan untuk membuat dan mengadakan training karyawan lebih efektif dan terarah. Ada begitu banyak fitur yang tersedia dalam software ini, seperti:

  • Learning Plan: Dengan fitur ini perusahaan bisa melakukan training secara online dengan mengunggah materi pelatihan ke dalam sistem. Materi sendiri baik berupa PPT, PDF, sampai dengan Video. Nantinya materi ini bisa diakses oleh karyawan baik melalui website maupun Aplikasi ESS LinovHR
  • Course: Fitur ini membantu perusahaan dalam menyusun silabus pelatihan apa saja yang perlu diikuti karyawan serta apa hasil yang diharapkan setelah pelatihan.
  • Topic: Fitur ini memudahkan para HR dalam membuat kategori course, learning atau pelatihan tertentu yang akan di buat.
  • Test Template: Di sini HR bisa menyusun seperti apa tes atau ujian yang ingin diberikan kepada karyawan. Fitur ini memudahkan HR dalam memberikan kuis kepada karyawan untuk mengetahui hasil pembelajaran dari materi yang sudah diberikan
  • Feedback Learning: Untuk mengetahui tingkat efektivitas training yang diberikan, HR bisa membuat daftar pertanyaan feedback menggunakan fitur ini.
  • Learning Overview: Dengan fitur ini, perusahaan bisa melihat secara holistik ringkasan data pelatihan, seperti detail e-learning, data peserta, data tracking, dan lain sebagainya
  • Training Request: Nantinya karyawan akan memiliki menu khusus yang memungkinkan dirinya untuk melihat apa saja pelatihan yang perlu mereka ikuti. Data ini berbentuk grafik yang diambil dari performa dan kompetensi yang perlu mereka tingkatkan.

 

Karyawan bisa mengajukan request pelatihan sesuai dengan jenis pelatihan yang perlu mereka ikuti.

Melalui seluruh fitur yang disediakan oleh Software LMS LinovHR, maka Anda dapat melakukan program pelatihan karyawan secara cepat, tepat, dan mudah.

Dengan menggunakan Software LMS LinovHR, para karyawan perusahaan juga tidak perlu lagi menghadiri pelatihan secara tatap muka.

 

Ayo tunggu apa lagi? Segera rasakan seluruh kemudahannya dengan menggunakan Aplikasi LMS LinovHR sekarang juga!