online training

Pelatihan Online Training Karyawan Lebih Efektif dengan LMS

Setelah melewati masa pandemi, pola kerja telah berevolusi. Tidak sedikit perusahaa yang menetapkan sistem kerja work from home (WFH) atau berdasarkan shift yang lebih fleksibel di sektor perkantoran.

Namun bagaimanapun juga, perusahaan ingin menambah kualitas kinerja karyawan dengan mengadakan training atau pelatihan untuk meningkatkan mutu dan kualitas tenaga kerja.

Agar hal tersebut bisa terwujud, banyak perusahaan memilih untuk mengadakan program online training. 

Untuk itu, HR harus mengenali proses persiapan dan kendala yang mungkin dihadapi apabila perusahaan ingin menerapkan pelatihan online. Simak selengkapnya di artikel ini!

 

 

Apa Itu Training Online ?

Berbeda dari training atau pelatihan biasa, training online dilakukan dari jarak jauh. Pasalnya jenis pelatihan karyawan yang satu ini hanya ditandai dengan adanya forum diskusi, video, animasi, dan lain sebagainya, tergantung fasilitas perusahaan tersebut, lewat platform online. 

Karyawan dengan mudah bisa mendapatkan kemampuan atau pengetahuan baru hanya dengan membuka smartphone atau PC, di mana pun dan kapan pun.

Hal ini dapat memajukan karyawan sekaligus seluruh isi perusahaan dan juga dianggap sebagai cara yang sangat efektif.

Training atau pelatihan adalah proses mengajar keterampilan yang dibutuhkan karyawan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Biasanya, karyawan yang baru menjadi bagian dari perusahaan mengikuti training terlebih dahulu untuk meningkatkan keterampilan secara teknis, pengetahuan, dan efisiensi. 

Kegiatan ini diadakan agar karyawan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, di mana tak hanya tersedia bagi karyawan baru, karyawan lama pun dapat turut serta dalam memperbaharui kemampuannya.

 

Proses Persiapan Online Training

Karyawan yang menyiapkan program online training
Proses Persiapan Pelatihan Online

 

Selain tujuan training yang diadakan di tempat kerja maupun secara online, proses penerapan training online juga harus dipersiapkan oleh perusahaan untuk menunjang penyampaian materi kepada karyawan tetap lancar dan berjalan dengan baik, seperti:

 

1. Penerapan Strategi Pembelajaran

Proses pembelajaran harus bisa menggunakan sedikit improvisasi agar pembelajaran mudah dipahami oleh karyawan yang mengikuti training online, dan bukan hanya sekedar menyampaikan materi dan para karyawan hanya mencatat saja.

 

2. Cara Penyampaian Materi

Beda materi dan audiensnya, beda pula model atau cara pengajarannya.

Contoh mudahnya adalah pelatihan kepada karyawan muda yang familiar dengan teknologi dan karyawan senior yang cenderung kurang menguasai teknologi.

Hal ini perlu menjadi perhatian lebih bagi HRD agar mampu mencari celah dan cara penyampaian materi yang paling cocok sesuai target. 

 

3. Memanfaatkan Teknologi Pembelajaran

Perusahaan juga harus paham bagaimana memanfaatkan teknologi yang tersedia guna pembelajaran dapat lebih efektif dan efisien.

Para karyawan dapat memanfaatkan pelatihan berbasis online, seperti memanfaatkan teknologi CMS (Course Management System).

 

Baca Juga: Pelatihan SDM Lewat Training Management System

 

Kendala Mengadakan Online Training

Meski banyak perusahaan yang tertarik dan mengandalkan pelatihan online sebagai bagian dari pelatihan untuk mengasah kemampuan karyawan mereka. Namun, pelatihan online juga memiliki kendalanya sendiri.

Berikut ini beberapa kendala online training:

 

1. Membutuhkan Motivasi dan Disiplin Diri

Training online memiliki banyak keuntungan, tetapi juga membutuhkan tingkat motivasi dan disiplin diri yang tinggi.

Akan lebih sulit bagi beberapa individu untuk mengikuti keseluruhan training dalam bentuk online ini, namun sebaliknya bagi individu lain akan sangat menikmati materi training tanpa kendala.

 

2. Teknologi Harus Memadai

Karena pelatihan online memerlukan komputer, koneksi internet dan perangkat lunak yang diperbarui.

Namun terkadang, tidak semua karyawan memiliki fasilitas ini. Pada akhirnya hal ini menjadi masalah bagi keberlangsungan pelatihan online.

Selain itu, hal ini mungkin melibatkan biaya ekonomi pribadi tambahan dalam beberapa situasi.

 

3. Kesulitan dalam Evaluasi Pelatihan

Jika training online dapat dilakukan secara fleksibel dan berbasis video, hal ini terkadang dapat mempersulit trainer atau orang yang melatih untuk mengontrol hasil evaluasi.

Apalagi jika yang mengikuti training tersebut tidak fokus artinya selama pembelajaran materi berlangsung, akibatnya materi training terlewatkan akan begitu saja.

 

Baca Juga:  Fungsi Laporan Pasca Pelatihan Karyawan 

 

Mudahkan Online Training Karyawan di Perusahaan Anda dengan LinovHR

Modul LMS - LinovHR
Modul LMS – LinovHR

 

Dengan memahami kendala online training yang sudah disebutkan di atas, perusahaan dapat memanfaatkan software training untuk memudahkan perancangan berbagai jenis pelatihan.

Salah satu software training yang bisa membantu program onlien training di perusahaan adalah Learning Management System LinovHR. LMS ini merupadakan software training yang paling banyak digunakan perusahaan untuk proses training karyawan di perusahaan terkait.

 

Melalui Learning Management System LinovHR, divisi HR bisa mendapatkan kemudahan seperti berikut ini:

  1. Menetapkan apa saja isi dan materi pelatihan
  2. Menentukan siapa pelatih atau coach serta karyawan yang wajib mengikuti program 
  3. Merancang sesi pelatihan yang akan dilaksanakan
  4. Merangkum pelatihan yang telah selesai serta anggaran yang telah terpakai
  5. Membuat laporan pelatihan untuk evaluasi

 

Jika proses pelatihan dan pengembangan karyawan berjalan lancar, dapat dipastikan bahwa mutu karyawan juga ikut meningkat.

 

Banner Keunggulan LMS LinovHR
Keunggulan LMS LinovHR

 

Software training dari LinovHR memiliki beragam manfaat yang akan memudahkan proses pelatihan karyawan, seperti:

  1. Proses program training dilakukan dengan mudah hingga mendapatkan hasil yang terbaik.
  2. Melakukan estimasi berapa total biaya yang sudah dikeluarkan, serta memudahkan manajemen HR dalam merangkum hasil dari pelatihan. 
  3. Membuat sebuah pelatihan lebih dari satu sesi, dan memudahkan mengatur setiap sesi dari training yang sudah dibuat.
  4. Pelatihan yang telah diatur dapat membantu mengukur skill dan kompetensi apa saja yang akan dicapai.

 

Ingin informasi selengkapnya mengenai bagaimana Learning Management System LinovHR dapat mempermudah penerapan pelatihan online?

Segera hubungi tim LinovHR dan jadwalkan demo Learning Management System untuk perusahaan Anda sekarang juga!