Program kerja HRD

Apa Saja Program Kerja HRD?

HRD atau Human Resource Development adalah sebuah divisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap sumber daya manusia perusahaan itu. Tugas HRD adalah melakukan pengembangan sumber daya manusia atau karyawan perusahaan, dan melakukan perekrutan karyawan. Terkadang HRD juga dikenal sebagai bagian personalia, di mana bagian ini tugasnya mengatur manajemen karyawan yang sedang bekerja dalam perusahaan. Secara umum tugas HRD adalah mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia dalam perusahaan. Selengkapnya mengenai Tugas HRD, anda bisa membacanya pada artikel kami lainnyadi sini.

Sebenarnya, tugas HRD dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia adalah pekerjaan yang berat. Karena keseharian HRD adalah mengkoordinasi karyawan yang bekerja, seperti menjadi pengayom karyawan tersebut. HRD sebagai pengayom karyawan terkadang terlihat sebagai divisi terpenting dalam perusahaan. Kadang-kadang HRD mempunyai otoritas yang tinggi dan vital dalam mengambil kebijakan-kebijakan bagi karyawan di perusahaan. Tetapi tentu saja semua itu bukan dilakukan dengan semena-mena, melainkan memang untuk tujuan baik bagi sumber daya manusia di perusahaan.

Tak heran, karena posisinya yang penting di perusahaan, HRD dituntut memiliki program kerja yang baik untuk mengembangkan dan mengelola bagian sumber daya manusia ini. Program-program kerja HRD haruslah mampu untuk membuat perusahaan mencapai targetnya dengan mengoptimalkan kinerja karyawan yang baik. HRD harus mampu menerjemahkan visi dan misi perusahaan kepada seluruh karyawan yang sedang bekerja. Dalam bekerja HRD haruslah memilikiprogram yang bagus seperti:

 

Program Pengembangan Karyawan

Memiliki program mengelola dan mengembangkan karyawan yang bekerja supaya memiliki kualitas kerja yang baik. HRD harus mampu membentuk karyawan yang bekerja mengeluarkan potensi terbaik mereka sehingga kinerja perusahaan menjadi meningkat seiring waktu.

 

Program Training

Membuat program training, pelatihan (soft skills maupun teknikal), dan development system yang baik. Program HRD yang baik akan mampu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan karyawan dengan mengadakan training soft skillsdan teknikal serta memiliki pengembangan sistem (development system) yang baik.

 

Mengadakan rekrutmen karyawan dan seleksi

Secara tidak langsung tugas HRD adalah merekrut atau mencari karyawan baru untuk bekerja di perusahaan. Ini adalah program yang bagus agar perusahaan memiliki karyawan yang baik dan mampu bersaing secara sehat dengan karyawan yang lain. Penyeleksian yang akurat pun adalah bagian kerja HRD, supaya perusahaan benar-benar mendapatkan karyawan yang kompeten bekerja. Dalam hal ini HRD juga membuat kontrak kerja baru dan memperbaharui kontrak lama.

Baca Juga: Proses Rekrutmen Lebih Mudah Dengan Software HRD Indonesia

 

Program merancang reward dan punishment

Penting bagi HRD untuk mempunyai program pemberian reward dan punishment yang adil dan seimbang. Ini akan mendorong karyawan termotivasi bekerja dengan lebih baik lagi.

 

Penyesuaian Payroll Karyawan

Membuat regulasi payroll dan insentif seperti gaji dan bonus-bonus tertentu yang diberikan kepada karyawan tentunya menjadi salah satu program yang memberikan manfaat sekaligus kesejahteraan kepada karyawan

 

Membuat jenjang karir yang jelas di perusahaan

Dengan adanya jenjang karir yang jelas karyawan yang bekerja dengan baik akan mendapatkan kesempatan untuk naik jabatan setiap mencapai keberhasilan pada titik tertentu. Penetapan jenjang karir ini akan membuat karyawan termotivasi untuk berkembang dan mengejar kemajuan.

 

Program Pemersatu Karyawan

Membuat suasana kerja perusahaan menyenangkan, bahkan sampai menjadi seperti keluarga besar. Untuk itu HRD harus mempunyai program “pemersatu” karyawan yang baik, walaupun mereka berbeda divisi seperti mengadakan outbound atau gathering.

 

Dengan adanya program kerja yang baik diharapkan HRD mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan karyawan yang bekerja. Jika karyawan bekerja dengan baik dan optimal secara otomatis kinerja perusahaan akan baik dan mampu mencapai target yang sudah ditetapkan. Untuk mendukung Program HRD agar berjalan dengan baik, dibutuhkan sistem HRD yang baik juga. Misalnya dengan menggunakanSoftware HRuntuk membantu hal-hal yang sifatnya administratif dan juga strategis.