Pentingnya Penerapan Pay Equity Audit oleh Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pay Equity Audit
Isi Artikel

Isu kesetaraan di dunia kerja belakangan ini mulai disadari oleh banyak perusahaan. Salah satu isu terkait dengan ketidaksetaraan di lingkungan kerja adalah masalah gaji.

Biasanya gaji karyawan pria lebih besar dari wanita.

Maka dari itu, untuk mengatasi adanya kesenjangan gaji tersebut perusahaan melakukan pay equity audit. Hal ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mengambil langkah strategis dalam rangka menghilangkan gap antar pekerja.

Untuk itu, artikel dari LinovHR ini akan membahas mengenai pentingnya penerapan pay audit oleh perusahaan.

Simak ulasannya berikut ini ya!

 

Apa Itu Pay Equity Audit

Pay equity audit adalah suatu proses pemeriksaan atau identifikasi terhadap gaji karyawan untuk mengetahui kesenjangan gaji yang ada di perusahaan. Serta faktor apa saja yang memengaruhinya baik itu ras, suku, agama, sampai jenis kelamin.

Di dalam prosesnya, audit ini akan melibatkan perbandingan gaji karyawan yang melakukan pekerjaan yang sama di dalam perusahaan serta memperhitungkan apa saja yang menjadi faktor mengapa terdapat perbandingan gaji yang tinggi dan mengapa hal tersebut harus diatasi.

Nantinya perusahaan akan mengkaji beberapa data dalam melakukan audit, mulai dari masa kerja, kredensial, prestasi kerja, jenis kelamin, ras, usia.

 

Baca Juga: Seperti Apa itu Pay Equity dan Mengapa itu Penting?

 

Alasan Perusahaan Perlu Melakukan Pay Equity Audit

Pay equity audit akan memungkinkan perusahaan dalam melakukan identifikasi kesenjangan gaji di antara pekerja. Hal ini perlu dilakukan perusahaan agar karyawan bisa mendapatkan gaji secara adil berdasarkan kinerja mereka di perusahaan.

Dengan adanya audit ini, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang adil dan budaya perusahaan inklusif.

 

Cara Melakukan Pay Equity Audit

Supaya berjalan dengan efektif, ada beberapa cara yang harus lakukan dalam pay equity audit, seperti berikut ini:

 

1. Menentukan ruang lingkup

Sebelum Anda bisa melakukan audit, Anda perlu membuat beberapa keputusan mengenai ruang lingkupnya. Tentukan siapa saja yang akan terlibat dalam analisis dan pengambilan keputusan mengenai gaji karyawan.

Setelah itu, kumpulkan berbagai informasi mengenai ras, agama, jenis kelamin dan lain sebagainya.

 

2. Melakukan audit

Setelah Anda menentukan keputusan mengenai ruang lingkupnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan audit.

Aturlah beberapa informasi mengenai ras, agama, jenis kelamin, shift karyawan dan lain sebagainya di spreadsheet. Kemudian, lakukan analisis berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

 

3. Melakukan peninjauan

Setelah perusahaan mendapatkan semua data dan informasi dengan terorganisir, langkah selanjutnya adalah untuk melakukan peninjauan lanjutan.

Cari perbedaan antara gaji karyawan dengan karyawan lainnya, setelah itu dokumentasikan agar setiap perbedaan gaji bisa terlihat dengan jelas.

 

4. Ambil tindakan

Setelah melakukan tiga tahapan di atas, selanjutnya Anda perlu memutuskan tindakan apa yang akan Anda ambil. Sesuaikan gaji karyawan yang perlu diubah, dan pertahankan gaji karyawan yang sudah sesuai dengan semestinya.

 

Payroll Service LinovHR Bantu Perusahaan Terapkan Penggajian yang Lebih Baik

 

payroll

 

Pay equity audit adalah salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk menerapkan kesetaraan di lingkungan perusahaan. Dengan ini, semua karyawan bisa mendapatkan gaji yang pantas sesuai dengan performa mereka, bukan dari ras, agama, gender dan lain sebagainya.

Untuk melakukannya, data mengenai penggajian sangat penting di sini. Perusahaan harus memiliki data lengkap mengenai komponen gaji setiap karyawan serta report penggajiannya.

Di sini tidak jarang perusahaan mengandalkan jasa payroll eksternal untuk membantu mereka menangani segala data dan report seluruh gaji karyawan. Jasa payroll ini memang salah satu solusi yang efektif untuk membantu melakukan audit lebih mudah dan cepat.

Namun, tidak semua jasa payroll itu sama, pastikan Anda memilih jasa payroll yang sudah menggunakan teknologi agar tidak ada kesalahan dalam perhitungan gaji dan pembuatan report.

Salah satu yang bisa Anda andalkan adalah Payroll Service LinovHR yang merupakan jasa payroll andal dengan tim profesional dan memanfaatkan teknologi dalam menghitung dan membuat report.

Di dalam perhitungan gaji karyawan, nantinya Payroll Service LinovHR akan menggunakan Software Payroll LinovHR yang memang dipersonifikasi untuk keperluan mengelola, menghitung, serta membuat laporan penggajian setiap karyawan.Hal ini membuat hasil penghitungan dapat lebih akurat dan cepat.

Dengan bantuan software payroll indonesia terbaik serta tim profesional Payroll Service LinovHR akan menjadikan pembuatan laporan gaji sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Serta konsultasi mengenai gaji dan perpajakan. Sehingga bila Anda ingin melakukan audit, Anda sudah punya bekal data yang cukup.

 

Dengan begini, proses audit dapat dilakukan lebih cepat dan tepat. Segala kemudahan dalam pay audit bisa dilakukan bersama Payroll Service LinovHR.

Gunakan sekarang juga!

 

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter