Mengenal Pay Equity, Keadilan dalam Memberi Upah Karyawan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

pay equity
Isi Artikel

Sudah sejak lama kita tahu bahwa di dunia kerja pria menerima upah yang lebih besar dari wanita. Padahal bisa saja pekerja perempuan tersebut memiliki kompetensi dan kinerja yang lebih baik dari pekerja pria.

Untuk itu pay equity atau kesetaraan upah adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan.

Keadilan pengupahan memiliki arti di mana para pekerja akan mendapatkan upah yang sesuai atas apa yang sudah dikerjakan oleh mereka.

Sampai sekarang masih sedikit sekali jumlah perusahaan yang menerapkan keadilan dalam penggajian. Banyak dari perusahaan yang tidak tahu bagaimana cara menerapkannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

Pengertian Pay Equity

Pay equity atau kesetaraan upah adalah suatu konsep yang merujuk pada kompensasi karyawan dengan gaji yang sebanding sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. Hal tersebut tentu terlepas dari jenis kelamin, ras, etnis, maupun status lainnya.

Kompensasi sendiri merupakan salah satu hal yang cukup krusial untuk para karyawan, karena kompensasi adalah sumber pendapatan bagi mereka.

Kompensasi yang didapatkan oleh karyawan dapat berasal dari pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja yang dimilikinya, serta tanggung jawab posisi di perusahaan tersebut.

Kompensasi dinilai sebagai salah satu elemen kepuasan kerja bagi seorang karyawan. Sedangkan, elemen utama yang mempengaruhi kepuasan kerja seorang karyawan adalah keadilan terhadap upah dan pekerjaan yang sudah dilakukannya, atau yang disebut dengan pay equity.

 

Pentingnya Pay Equity

Melalui penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui sedikit mengenai pentingnya suatu perusahaan memberlakukan pay equity terhadap karyawannya. 

Selain hal yang sudah dijelaskan diatas, berikut adalah beberapa point penting dari pay equity yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Mempertahankan pegawai yang sedang bekerja pada saat ini.
  • Dapat meningkatkan produktivitas dan moral para karyawan.
  • Mencegah tuntutan hukum akan diskriminasi.
  • Menjadi daya tarik karyawan baru.
  • Dapat menciptakan administrasi perusahaan yang lebih efisien.

 

Baca Juga: Perbedaan Pay Equity dan Pay Parity itu Apa?

 

3 Jenis Keadilan Pengupahan

Dalam pay equity, terdapat 3 jenis keadilan pengupahan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Keadilan Individual

Keadilan individual adalah pemberian kompensasi oleh perusahaan kepada karyawan yang didasari oleh prestasi yang dimiliki oleh karyawan.

 

  1. Keadilan Internal

Keadilan internal adalah kriteria keadilan dari kompensasi yang akan diterima oleh karyawan dari pekerjaan yang sudah dilakukannya dan dikaitkan dengan nilai internal masing-masing pekerjaan.

 

  1. Keadilan Eksternal

Keadilan eksternal adalah pengupahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Di mana perusahaan dalam menentukan kompensasi harus memerhatikan mengenai perbandingan upah yang diberikan oleh perusahaan lain untuk jabatan yang sama.

 

Bagaimana Cara Perusahaan Menerapkan Keadilan Pengupahan 

Menerapkan keadilan pengupahan adalah salah satu cara untuk mencapai kepuasan kerja karyawan. Lantas apa saja yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menerapkan hal ini? 

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam menerapkan keadilan pengupahan:

  • Melakukan survei terhadap gaji.
  • Menentukan nilai jabatan melalui evaluasi jabatan.
  • Mengelompokkan jabatan dalam tingkat upah
  • Menetapkan harga pada setiap tingkatan posisi melalui kurva upah.
  • Menyempurnakan tingkat upah.

 

Baca Juga: Pro Kontra Biweekly Pay untuk Perusahaan dan Karyawan

 

Kelola Pengupahan Karyawan dengan Software Payroll LinovHR

Pay equity adalah salah satu cara perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja tanpa memandang gender, ras, serta agama. Implementasinya akan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan positif.

Untuk menerapkan keadilan pengupahan terhadap karyawan, tentu perusahaan harus melakukan manajemen kompensasi seperti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. 

Perusahan yang masih melakukan pengelolaan pengupahan karyawan dengan cara yang manual tentu akan memakan banyak waktu dan bisa memungkinkan terjadinya human error, seperti ketidakadilan atau kesalahan dalam pengupahan karyawan.

Untuk mempermudah hal ini, sebuah perusahaan memerlukan sebuah perangkat dalam melakukan pengelolaan terhadap pengupahan karyawan.

 

Aplikasi Absensi Online
Software Payroll LinovHR

 

Salah satu perangkat lunak terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Software Payroll LinovHR.

Dengan menggunakan Software Payroll LinovHR, perusahaan Anda dapat melakukan manajemen kompensasi lebih efektif.

Anda dapat menggunakan fitur Payroll Group untuk mengelompokkan beberapa karyawan yang memiliki kompensasi dan gaji sama.

Fitur ini juga memungkinkan perusahaan untuk secara detail mengelompokkan tanggal penggajian, pajak, sampai mata uang yang digunakan.

Lalu, ada juga fitur Employee Set yang akan membantu HR dalam mengelompokkan komponen gaji yang diterima setiap karyawan.

Sehingga tidak akan ada kesalahan dalam proses seperti perhitungan payroll, pembayaran gaji beserta dengan komponen-komponennya secara rutin maupun periodik

Semua fitur yang ada Software Payroll LinovHR dirancang untuk menghadirkan kemudahan dan menghilangkan kompleksitas dalam penggajian.

Ingin perusahaan Anda melakukan manajemen kompensasi secara efektif? Coba ketahui lebih lanjut manfaat Aplikasi Payroll LinovHR melalui demo!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru