pelatihan bahasa inggris

Pentingnya Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan

 

Pelatihan Bahasa Inggris untuk karyawan tidak bisa diabaikan dalam era globalisasi ini. Pasalnya, bahasa Inggris kini telah menjadi bahasa internasional yang mendominasi komunikasi bisnis, teknologi, dan hubungan antarbangsa. 

Karyawan yang memiliki kemampuan berkomunikasi baik dalam Bahasa Inggris akan lebih mampu beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan kerja yang beragam dan menghadapi peluang bisnis internasional. 

Oleh karena itu, artikel kali ini akan mengulas pentingnya dari pelatihan Bahasa Inggris untuk karyawan serta daftar posisi kerja yang mengharuskan yang mengharuskan untuk bisa berbahasa Inggris.

 

Daftar Posisi yang Harus Bisa Bahasa Inggris 

Terdapat Posisi Tertentu yang Harus Bisa Bahasa Inggris
Terdapat Posisi Tertentu yang Harus Bisa Bahasa Inggris

 

Berikut adalah daftar beberapa posisi yang mewajibkan kemampuan berbahasa Inggris:

 

1. HRD

Human Resource Department memiliki sejumlah tanggung jawab yang beragam, termasuk salah satunya dalam proses rekrutmen karyawan baru.

Keahlian berbahasa Inggris akan sangat bermanfaat dalam peran ini, terutama ketika harus merekrut karyawan dari luar negeri, yang akan membuat proses seleksi menjadi lebih lancar.

 

2. Public Relations

Sebagai seorang public relations, peran utamanya adalah berkomunikasi dengan berbagai pihak. 

Oleh karena itu, memiliki kemampuan berbahasa Inggris menjadi hal yang penting karena bahasa ini dapat menjadi alat yang mempermudah proses komunikasi.

 

3. Research & Development

R&D atau Research & Development merupakan pekerjaan yang sedang populer saat ini. Selain mengharuskan kecermatan dan ketelitian, kemampuan berbahasa Inggris juga merupakan aset penting dalam pekerjaan di bidang R&D.

Bahasa Inggris dapat memfasilitasi akses yang lebih baik ke hasil penelitian atau pengembangan produk yang lebih akurat.

Hal ini karena kemampuan berbahasa Inggris memungkinkan untuk menyerap informasi dengan lebih efisien.

 

4. Brand Specialist

Seorang brand specialist bertanggung jawab dalam menjalin hubungan komunikasi dengan eksternal untuk mengembangkan perusahaan dan produknya.

Maka, pekerjaan ini sangat sesuai bagi individu yang memiliki kemahiran dalam berbahasa Inggris.

 

5. Penulis

Apabila Anda tertarik untuk mengikuti pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing, salah satu opsi yang tepat adalah menjadi penulis atau content writer.

 

Alasan HR Harus Mengadakan Pelatihan Bahasa Inggris 

karyawan yang kurses bahasa inggris
Karyawan yang Kursus Bahasa Inggris

 

Pelatihan Bahasa Inggris adalah suatu investasi penting yang harus diadakan oleh departemen HR dalam setiap perusahaan. 

Selain itu ada beberapa alasan kuat lain yang mengharuskan HR melakukan pelatihan bahasa inggris. Berikut alasannya:

 

1. Meningkatkan Komunikasi dengan Klien

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan klien merupakan salah satu keuntungan signifikan dari pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan. 

Berkomunikasi secara konsisten dan positif dengan klien bisa menjadi tugas yang menantang. Akan tetapi, dengan pelatihan bahasa yang tepat, karyawan akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memahami kebutuhan klien.

Dengan ini, karyawan tentunya dapat membangun hubungan kerja yang lebih baik di masa depan. 

Selain itu, meningkatkan keterampilan bahasa karyawan juga membuka peluang untuk bekerja dengan basis klien yang beragam dari berbagai latar belakang.

 

2. Meningkatkan Semangat dalam Tim

Manfaat berikutnya dari pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan adalah peningkatan semangat tim di tempat kerja. Seringkali, gangguan dalam komunikasi menjadi penyebab utama kegagalan tim.  

Pasalnya, tak sedikit anggota tim kesulitan menyampaikan dan memahami ide serta tantangan satu sama lain. Apalagi jika tim kerja terdapat orang dengan berlatar belakang negara yang beragam.

Pelatihan bahasa Inggris memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Pelatihan ini meningkatkan kemampuan anggota tim dalam berkomunikasi secara efektif, yang pada akhirnya  bisa mendorong peningkatan kerja sama tim.

 

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Peningkatan kepercayaan diri dalam situasi rapat dan presentasi merupakan salah satu manfaat penting dari pelatihan bahasa Inggris.

Seringkali karyawan mengalami kecemasan apabila diharuskan berbicara di depan umum. Kecemasan semacam ini dapat menjadi dua kali lipat ketika karyawan diharuskan berpartisipasi dalam rapat atau memberikan presentasi dalam bahasa kedua, misalnya bahasa Inggris.

Keuntungan dari pelatihan bahasa Inggris adalah karyawan dapat memperoleh kepercayaan diri yang diperlukan untuk menyampaikan ide dengan lebih jelas. 

Kepercayaan diri tersebut juga membantu dalam berbicara di depan umum. Yaitu, memungkinkan karyawan memahami pekerjaan rekan kerja mereka dengan lebih baik untuk tugas yang lebih efisien.

 

4. Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas

Keuntungan selanjutnya dari pelatihan bahasa Inggris adalah adanya peningkatan kinerja dan produktivitas karyawan.

Memahami bahasa Inggris dapat membantu karyawan menjadi komunikator yang lebih efektif.

Misalnya, karyawan dapat memperkaya pemahaman terhadap bahasa Inggris dengan mempelajari tata bahasa, struktur, dan kata-kata lainnya.

Oxford University Press mengungkapkan bahwa memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang bahasa asing akan meningkatkan kemampuan karyawan dalam berkomunikasi dengan rekan satu tim mereka. 

Hal ini berdampak pada peningkatan efisiensi dalam penyelesaian tugas sehari-hari sehingga produktivitas akan meningkat.

 

5. Meningkatkan Kemajuan Karir

Kemajuan karir adalah keuntungan berikutnya yang dapat diperoleh dari pelatihan bahasa Inggris untuk  karyawan. 

Dengan memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan bahasa mereka, perusahaan juga memberikan peluang promosi yang lebih besar bagi karyawan tersebut.

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan retensi karyawan, tetapi juga meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan.

Contohnya, kemahiran berbicara dalam bahasa setempat mempermudah interaksi dengan pelanggan lokal, membangun mitra bisnis internasional, dan memberikan dukungan yang unggul kepada klien.

 

6. Meningkatkan Hubungan Interpersonal

Peningkatan kemampuan bahasa karyawan memiliki dampak positif pada hubungan interpersonal di tempat kerja. 

Hal Ini tidak hanya memperkuat kepercayaan antar rekan kerja dan atasan. Tetapi, juga memungkinkan karyawan untuk membangun jaringan profesional yang lebih kuat serta membina relasi bisnis yang lebih baik

Sebagai contoh, karyawan yang bukan penutur asli mungkin mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan budaya perusahaan. Oleh karena itu, hal ini dapat mengakibatkan mereka kehilangan peluang untuk pertumbuhan profesional.

Pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan membantu menciptakan budaya kerja yang lebih inklusif dan memperbaiki komunikasi antara non-penutur asli dengan atasan dan rekan kerja mereka.

 

Baca Juga: Pentingnya Pelatihan Kepemimpinan untuk Karyawan

 

Contoh Surat Pengajuan Pelatihan Bahasa Inggris untuk Manajemen

Surat pengajuan atau proposal pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan adalah dokumen yang dirancang untuk mengusulkan dan merinci program pelatihan.

Proposal pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para karyawan dalam konteks pekerjaan mereka. 

 

Berikut adalah contoh surat pengajuan pelatihan bahasa Inggris:

 

Kepada Yth,

 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini, adalah karyawan di bagian pemasaran PT XYZ, yang mengajukan permohonan untuk mengikuti pelatihan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh British Council.

Kami meyakini bahwa kemampuan bahasa Inggris yang baik akan membantu kami dalam berkomunikasi dengan klien internasional dan meningkatkan kualitas pemasaran produk PT XYZ. Oleh karena itu, kami memohon untuk diizinkan mengikuti pelatihan tersebut.

Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.

 

Hormat kami,

 

PT XYZ

Dina Maulidiyah

 

Manajemen Pelatihan Bahasa Inggris dengan Aplikasi LMS LinovHR

Learning Management System

 

Manajemen pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan memiliki peranan yang sangat penting dalam lingkungan kerja yang semakin global dan kompetitif saat ini. 

Pasalnya, kemampuan bahasa Inggris membantu perusahaan untuk maju dan berkembang dengan memiliki karyawan yang

Solusi yang tepat untuk melakukan manajemen pelatihan bahasa Inggris yang tepat kepada karyawan Anda adalah dengan menggunakan Learning Management System LinovHR.

Dengan Learning Management System LinovHR, perusahaan dapat dengan mudah merencanakan, melaksanakan, dan memantau pelatihan Bahasa Inggris untuk karyawan secara efisien.

Nantinya, perusahaan dapat menyediakan akses ke berbagai materi pembelajaran interaktif dan mengadakan evaluasi pelatihan dengan berbagai metode mulai dari kuis, skala opini, pilihan ganda, dan pertanyaan true or false. Pembelajaran ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris karyawan.

HR dapat dengan mudah mengawasi perkembangan setiap karyawan, memastikan bahwa pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan individu, dan menilai hasilnya melalui laporan yang komprehensif. 

Segera manfaatkan aplikasi kami untuk mengelola dan meningkatkan pelatihan Bahasa Inggris di perusahaan Anda.

Jadikan kemampuan berbahasa Inggris sebagai aset berharga dan sebagai pintu menuju peluang global yang tak terbatas!