pelatihan kepemimpinan

Pelatihan Kepemimpinan: Manfaat dan Contoh dalam Manajemen SDM

Pemimpin yang hebat mampu menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk menunjukkan potensi penuh menuju pertumbuhan perusahaan. Maka dari itu, untuk menciptakan pemimpin yang hebat, setiap perusahaan berusaha mengadakan program pelatihan kepemimpinan. Ketika program pelatihan dilaksanakan dengan benar dan tepat, maka akan menciptakan banyak pemimpin hebat untuk perusahaan. 

Apakah benar demikian? Kali ini LinovHR akan mengulas mengenai manfaat dan cara merancang pelatihan kepemimpinan! 

 

Manfaat Pelatihan Kepemimpinan

Pemimpin yang tepat akan membantu perusahaan mencapai tujuan. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan pemimpin dari jauh hari melalui pelatihan yang tepat. 

Berikut ini adalah 5 manfaat pelatihan kepemimpinan dalam perusahaan! 

 

Meningkatkan Produktivitas

Kepemimpinan tepat dan konsisten dapat meningkatkan produktivitas anggota tim. Melalui  pelatihan, perusahaan akan menciptakan karyawan terbaik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, produktivitas juga akan meningkat. Secara tak langsung, produktivitas ini juga akan membantu perusahaan mencapai target tertentu. Perusahaan pun lebih mudah untuk mengidentifikasi calon pemimpin yang punya potensi besar.

 

Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan yang Hebat

 

Salah satu manfaat utama dari melakukan pelatihan leadership adalah mempersiapkan lebih banyak pemimpin hebat untuk masa depan perusahaan. Kepemimpinan yang berkualitas adalah kombinasi dari keunggulan individu dan pelatihan yang tepat. 

Di sisi lain, perusahaan juga tidak perlu melakukan rekrutmen untuk para kandidat ini. Semuanya bisa dipersiapkan secara internal. Tentu saja, hal ini akan menghemat biaya rekrutmen karyawan

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan?

 

Pengambilan Keputusan Strategis yang Lebih Baik

Salah satu manfaat terpenting dari pelatihan kepemimpinan adalah membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan strategis yang lebih baik, yang dimana merupakan investasi terbaik bagi perusahaan. Pelatihan yang diadakan secara sukses melahirkan calon-calon pemimpin hebat yang mampu membuat keputusan bisnis yang informatif dan cerdas.

 

Meningkatkan Retensi Karyawan Lewat Pelatihan Kepemimpinan

Manfaat lainnya dari pelatihan untuk kepemimpinan ini adalah mengurangi biaya rekrutmen yang harus dikeluarkan perusahaan dan meningkatkan retensi karyawan. Mengutip dari elarningindustry,com, 75% orang berhenti dari pekerjaan mereka bukan karena bidang pekerjaannya, melainkan karena mereka ingin meninggalkan pemimpin mereka yang tidak kompeten dan tidak efektif. 

Dengan berinvestasi pada leadership training, perusahaan dapat mempertahankan karyawannya dan mengurangi biaya rekrutmen. Sebab, yang memimpin perusahaan hanyalah jajaran yang kompeten dan akhirnya lingkungan kerja pun juga ikut menjadi lebih harmonis. 

 

Mengimplementasikan Gaya Kepemimpinan yang Tepat

Pelatihan leadership ini dapat membantu perusahaan dalam menerapkan gaya kepemimpinan yang paling tepat untuk perusahaan dan industri yang dijalankan. Terdapat berbagai macam gaya kepemimpinan, yang dimana semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelatihan ini juga dapat membantu para pemimpin tim mengembangkan gaya kepemimpinan pribadi mereka sendiri yang nantinya akan ditanggapi dengan baik oleh anggota tim mereka.

 

Cara Merancang Pelatihan Kepemimpinan

Program pelatihan harus dirancang secara rinci dan akurat sehingga akan menghasilkan individu yang unggul. Inilah beberapa cara untuk merancang pelatihan kepemimpinan yang efektif! 

 

Pahami Kebutuhan Perusahaan Terlebih Dahulu

Sebelum terjun langsung dan mulai membuat program pelatihan leadership, perusahaan perlu memikirkan kompetensi spesifik yang ingin dikembangkan dan memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan perusahaan. Sebab, pelatihan yang tidak sesuai kebutuhan perusahaan hanya mengganggu proses operasional perusahaan dan pemborosan anggaran belaka. 

 

Tentukan Tujuan Pembelajaran Pelatihan Kepemimpinan

Cara kedua untuk merancang program pelatihan leadership yang sukses adalah dengan memastikan bahwa tujuan pembelajaran terukur dan selaras dengan tujuan perusahaan. Namun, perancangan silabus atau kurikulum pelatihan ini tidak selalu mudah. Sementara HRD dikejar deadline yang cukup ketat. 

Untuk memudahkan perusahaan dalam menentukan tujuan pembelajaran serta merancang kurikulum pelatihan, perusahaan dapat mengandalkan Modul Learning and Development dari LinovHR. Melalui modul ini, perusahaan dapat merancang program pelatihan leadership yang selaras atau sesuai dengan kebutuhan, budaya, dan tujuan perusahaan.

Melalui pemanfaatan modul Learning and Development dari LinovHR, perusahaan juga dapat mengelola segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dan pengembangan yang ada di perusahaan, dalam rangka meningkatkan kapabilitas, skill, dan kompetensi pemimpin dan anggotanya. 

 

Kembangkan Pola Pikir Kepemimpinan

Sebelum memulai program pelatihan ini, penting bagi para calon pemimpin untuk mengembangkan pola pikir kepemimpinan terlebih dahulu. Dikutip dari Forbes, setiap individu perlu menginternalisasi gagasan bahwa kepemimpinan jauh berbeda dari mengelola tugas. Gagasan ini penting untuk berkembang sebagai pemimpin yang baik. 

Jadi, pastikan program pelatihan yang perusahaan Anda selenggarakan berfokus untuk membantu karyawan mengembangkan pola pikir kepemimpinan sehingga para calon pemimpin akan membawa elemen-elemen tersebut ke dalam peran mereka di masa depan. 

 

Baca Juga: Gunakan Mind Mapping untuk Pekerjaan Lebih Terstruktur! 

 

Latih Para Pemimpin Sesuai Bisnis & Value

Setiap perusahaan mempunyai keunikan yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh dengan pelatihan yang akan diterapkan. Agar program pelatihan lebih efektif, pelatihan leadership perlu berfokus pada hasil bisnis yang nyata sesuai dengan bisnis dan value perusahaan. Pelatihan leadership yang diselenggarakan tidak akan sama di setiap perusahaan. 

Contohnya adalah sistem mengambil keputusan di perusahaan startup dengan pertumbuhan industri yang tinggi dengan pengambilan keputusan di lingkungan yang lebih teregulasi seperti perusahaan korporat. Dari tantangan dan pola kerja yang berbeda, pelatihannya pun juga akan berbeda.  

Program pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan dengan efektif akan menciptakan pemimpin masa depan yang hebat dan berkompeten untuk perusahaan. Untuk menyukseskan program tersebut, penting bagi perusahaan untuk mengandalkan sistem yang tepat seperti Modul Learning and Development dari LinovHR. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu!