penempatan karyawan

7 Tips Menentukan Job Placement untuk Penempatan Karyawan

Penempatan karyawan adalah proses pengalokasiaan karyawan yang dipekerjakan ke pekerjaan tertentu yang sesuai dengan keterampilan dan kemampuannya. 

Dengan melakukan proses ini, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang efektif dimana ada kesesuaian yang baik antara kebutuhan manajemen dan kualifikasi karyawan. 

LinovHR telah merangkum sejumlah tips bagi perusahaan yang ingin mengadakan job placement untuk karyawan. Yuk simak!

 

7 Tips Mengadakan Penempatan Karyawan

Agar proses penempatan karyawan di perusahaan dapat berjalan dengan mulus dan lancar, berikut beberapa tips yang dapat perusahaan Anda coba:

 

1. Identifikasi Kebutuhan Perusahaan

Buat daftar kebutuhan sebelum Anda membuat lowongan pekerjaan. Mungkin terlihat mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan perekrutan saat Anda mengganti karyawan yang baru saja keluar, tetapi tugas Anda akan menjadi lebih sulit jika Anda menciptakan posisi baru atau mengubah tanggung jawab peran. 

 

2. Siapkan Deskripsi Pekerjaan

Membuat deskripsi pekerjaan yang baik adalah bagian penting dalam menyusun strategi rekrutmen yang efektif.

Setelah Anda memahami kebutuhan bisnis dan departemen, Anda harus menentukan tugas dan tanggung jawab peran tersebut. 

Deskripsi pekerjaan yang jelas membantu mengkomunikasikan kebutuhan dan harapan organisasi kepada kandidat potensial. Penting untuk menuliskan deskripsi pekerjaan secara spesifik untuk menarik kandidat yang sesuai dengan peran tersebut.

 

3. Gunakan Penilaian Kandidat

Penilaian merupakan cara lain untuk mempelajari kandidat dan menemukan kecocokan yang tepat untuk perusahaan Anda. 

Penilaian ini dapat berkisar dari keterampilan umum, pengetahuan, hingga praktik secara nyata. Penilaian kandidat juga membantu Anda dalam mengidentifikasi kandidat yang mungkin telah melebih-lebihkan kualifikasi mereka pada lamaran pekerjaan.

 

Baca Juga: Strategi Mentoring untuk Peningkatan Kemampuan Karyawan

 

4. Minta Referensi Karyawan

Referensi karyawan adalah salah satu cara paling ampuh dalam mengadakan proses penempatan karyawan. Maka dari itu, implementasikan program referensi karyawan untuk memperluas jangkauan Anda dan melibatkan karyawan lama dalam prosesnya. 

Karyawan yang terlibat umumnya sudah akrab dengan sistem dan kondisi perusahaan. Komunikasikan dengan karyawan tentang lowongan pekerjaan yang dibuka dan dorong mereka untuk merujuk kandidat potensial. 

 

5. Jaga Komunikasi Dengan Kandidat

Setelah melamar, mungkin kandidat akan menunggu kabar dari perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Selama kandidat menunggu, Anda harus memastikan komunikasi dengan kandidat tetap terjaga dengan baik. Anda dapat memberikan informasi up-to-date kepada kandidat untuk membantu mempertahankan minat mereka pada posisi tersebut.

 

6. Perhatikan Keterampilan dan Kemampuan Karyawan

Tips keenam untuk mengadakan penempatan karyawan adalah memperhatikan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan. Anda harus memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan posisi pekerjaan tersebut. 

Dengan demikian, karyawan juga dapat bekerja lebih maksimal sehingga mempengaruhi produktivitas perusahaan. 

 

7. Berkolaborasi dengan Unit Kerja atau Departemen

Ketika ingin menempatkan karyawan dalam sebuah posisi pekerjaan, penting bagi Anda untuk berkolaborasi dengan setiap unit kerja atau departemen yang ada di perusahaan. Dengan bekerja sama dengan unit kerja atau departemen, Anda dapat mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka. 

Sehingga memudahkan Anda untuk mencari dan memilih kandidat yang paling tepat dan sesuai kebutuhan departemen.

 

Baca Juga: Memaksimalkan Analisis Kinerja Lewat Performance Management By LinovHR

 

Kelola Karyawan Lebih Mudah Menggunakan HRIS LinovHR

Mengelola penempatan karyawan memang bukan hal yang mudah, terutama jika jumlah karyawan sangat banyak dengan dinamika pola kerja yang tinggi.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola karyawan, Anda dapat mengandalkan Software HRIS dari LinovHR.

Melalui HRIS LinovHR, segala hal-hal yang berkaitan dengan administrasi HRD dapat dikelola dengan praktis, mudah, dan akurat.

HRIS dari LinovHR juga merupakan sebuah platform berbasis cloud yang dapat menjadi solusi untuk mengelola sistem HR dan payroll bisnis. HRIS dari LinovHR memiliki banyak modul yang memiliki keunggulan masing-masing.

Berikut keunggulan setiap modulnya:

 

  • Modul Organization Management berguna untuk melihat secara  visual dan lengkap gambaran besar mengenai organisasi perusahaan dan berbagai komponen lainnya.
  • Modul Person Administration membantu  HRD dalam mengelola informasi dan data diri karyawan secara terperinci.
  • Modul Payroll membantu HRD dalam mengelola penggajian karyawan dari tahap perhitungan hingga pembuatan laporan payroll
  • Modul Competency Management memudahkan HRD dalam mengelola setiap kompetensi yang ada di dalam unit kerja.
  • Modul Performance Management membantu HRD dalam menilai kinerja karyawan secara lebih mudah.
  • Modul Time Management membantu HRD dalam mengelola jadwal kerja karyawan yang memiliki dinamika tinggi serta pola kerja yang beragam sesuai kebutuhan karyawan.
  • Modul Succession Management berguna untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan suksesi di perusahaan.
  • Modul Loan berguna untuk berguna untuk membantu karyawan yang memiliki permasalahan finansial.
  • Modul Employee Self Services meungkinkan keterlibatan karyawan dalam mengakses dan mengelola data human resource mereka sendiri di dalam perusahaan.
  • Modul Learning and Development membantu HRD dalam mengelola hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dan pengembangan di perusahaan. 

 

Dengan menggunakan HRIS dari LinovHR berserta modul yang ada didalamnya, segala permasalahan administrasi HRD termasuk penempatan karyawan dapat dikelola dengan lebih mudah dan efektif.

 

Segera hubungi layanan service LinovHR dan dapatkan uji demo secara gratis.