asisten manager

Mau Jadi Manager, Coba Dulu Posisi Asisten Manager!

Posisi manager dalam suatu perusahaan tentu bukan hal yang baru, namun pernahkah Anda dengar tentang posisi asisten manager?

Asisten sendiri dalam KBBI berarti orang yang bertugas membantu orang lain untuk melaksanakan tugas profesionalnya. Hal ini bisa dalam pekerjaan, posisi, profesi tertentu maupun kedinasan. Dalam hal ini, yang akan kita bicarakan adalah mengenai Asistant manager. 

Sedangkan posisi manager sendiri adalah salah satu posisi penting yang hampir dimiliki setiap perusahaan.

Manager memiliki tanggung jawab yang besar juga tugasnya yang tidak sedikit.

Apa itu asisten manager dan bagaimana cara menjalankan tugasnya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

 

Apa Itu Asisten Manager?

Dari pengertian asisten yang telah dijelaskan sebelumnya, secara sederhana asisten manager adalah seseorang yang membantu kinerja dari seoarang manager. Kinerja apa yang dimaksud? Kinerja ini mencakup berbagai macam pekerjaan dari seorang manager. 

Seorang asisten manager harus bisa menggantikan pekerjaan dari seorang manager. Posisi ini dapat juga disebut sebagai tangan kanan dari seorang manager.

Asisten manager dan manager biasanya terdapat di perusahaan baik swasta maupun kedinasan, hotel, restoran, kantor yang bergerak di bidang bisnis dan pabrik. Manager dan Asistant manager ini akan mengatur dan mengelola operasional suatu perusahaan. 

 

Berapa Gaji Seorang Asistant Manager?

Gaji yang ditawarkan kepada asisten manager ini juga berbeda-beda disesuaikan dengan perusahaan dan tanggung jawab yang dikerjakan. Di Indonesia sendiri, gaji ini juga disesuaikan dengan UMR dari kota tertentu. Namun, kisaran gaji asisten manager yang bisa didapatkan berada di angka Rp 4.000.000 – Rp 10.000.000. 

Menjadi seorang asisten dari seorang manager dapat diproyeksikan sebagai ‘latihan’ untuk posisi manager. Pada perusahaan swasta misalnya, posisi ini seringkali menjadi wakil dari seorang manager. 

Tidak semua orang bisa menjadi seorang Asistantn manager karena tugas yang bisa dikatakan tidak mudah. Anda harus memiliki beberapa kemampuan tertentu yang akan membantu Anda menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang asisten manager. 

 

Baca Juga: Tips Work From Home untuk Para Manajer

 

Skill Wajib Asisten Manager

Asistant Manager
Asistant Manager

 

Sebelum menjadi seorang asisten manager, Anda perlu memahami beberapa skill yang dibutuhkan agar pekerjaan Anda berjalan dengan baik.

Berikut adalah beberapa skill yang akan membantu Anda menjalankan tugas asisten manager:

 

Leadership Skill

Menjadi seorang asisten manager terkadang menuntut Anda untuk menggantikan posisi seorang manager. Oleh karena itu, kemampuan leadership ini dibutuhkan. 

Anda harus dapat memimpin karyawan di bawah Anda dengan baik, menjaga hubungan baik antar karyawan maupun antar atasan dan karyawannya. Jika Anda memiliki kemampuan ini maka Anda akan menjalankan tugas dengan baik sebagai asisten manager. 

Komunikasi

Tugas dari posisi ini mengharuskan Anda berinteraksi dengan banyak orang. Anda harus mengelola karyawan dari berbagai departemen yang berbeda. Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu Anda dalam hal ini. 

 

Problem Solving

Posisi ini juga memiliki tanggung jawab yang tidak kalah besar dengan manager. Jika terdapat permasalahan atau hal yang mengharuskan pengambilan keputusan, seseorang yang menempati posisi ini harus dapat melakukannya. 

Kemampuan problem solving menjadi salah satu kemampuan yang akan sangat membantu asisten manager, bersama dengan manager, posisi ini akan membantu pengambilan keputusan dan meminimalisir kesalahan.  

 

Skill Software Tertentu

Pada perusahaan tertentu, posisi ini juga mendapatkan tugas seperti membuat laporan maupun melakukan analisis. Skill untuk menguasai software tertentu yang dibutuhkan perusahaan Anda akan sangat membantu dalam hal ini. 

Contohnya adalah Ms Word dan Ms Excel. 

 

Baca Juga: Rumus Microsoft Excel Lengkap dan Wajib Anda Ketahui

 

Kemampuan Administratif

Mengurus administrasi perusahaan memang bukan tugas utama seorang asisten manager, namun ini merupakan bagian dari tugas pengawasan.

Posisi ini harus memahami proses administrasi beberapa bidang tertentu sesuai perusahaan untuk melaksanakan tugas pengawasan dengan baik. 

 

Management Skill 

Kemampuan untuk dapat mengelola atau manajemen perusahaan ini adalah kemampuan yang tidak boleh dilewatkan. Tugas utama seorang yang menempati posisi ini adalah memastikan operasional perusahaan berjalan lancar, sehingga management skill dalam hal ini akan sangat dibutuhkan. 

 

Tugas Asisten Manager

Walaupun memiliki tugas pokok untuk membantu manager menjalankan tugasnya, asisten manager sebenarnya memiliki tugas-tugas yang tidak kalah penting untuk perannya.

Berikut adalah beberapa tugas dari seorang asisten manager: 

 

Memastikan Operasional Perusahaan Berjalan Baik 

Sebagai seorang yang menempati posisi ini, Diharuskan memastikan operasional perusahaan di bawah tanggung jawab manager berjalan dengan baik. Pengelolaan operasional ini biasanya akan diberikan kepada asisten manager untuk dikelola.

Tentunya bekerja sama dengan manager dan sesuai arahannya. 

 

Menyusun Rencana dan Strategi bersama Manager

Manager memiliki tugas yang lumayan banyak, salah satunya adalah menyusun rencana dan strategi perusahaan.

Manager pada posisi tertentu akan memiliki tugas menyusun rencana dan strategi ini, misalkan manager pemasaran pada suatu perusahaan yang diharuskan menyusun rencana dan strategi pemasaran guna meningkatkan skala perusahaan.  

 

Membangun Komunikasi yang Baik 

Asisten manager adalah media komunikasi antar karyawan dan atasan.

Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan karyawannya tetap nyaman berada di lingkungan kantor dengan mendengarkan dan mengkomunikasikan apa yang mereka inginkan. Selain itu, jabatan ini juga harus membangun komunikasi yang baik dengan karyawan. 

 

Membantu Manager Jika Berhalangan Hadir

Dalam tugas dan keseharian seorang asisten manager, salah satu hal yang biasa dilakukan adalah menggantikan manager jika ada suatu halangan. Tugas ini dapat berupa menggantikan rapat, memantau operasional, dan hal-hal lain yang dilakukan seorang manager. 

 

Itulah ulasan dari apa itu asisten manager beserta tugas dan kemampuan yang harus dimiliki.

Mendapatkan jabatan ini bukan suatu hal yang mudah. Dapat dikatakan, posisi ini adalah posisi yang membuat Anda dapat ‘berlatih’ sebelum jadi seorang manager. Semoga ulasan di atas bermanfaat!