CFO

Mau Jadi CFO? Pahami Dulu Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Memiliki pekerjaan yang jabatannya tinggi merupakan dambaan semua orang, salah satunya menjadi CFO.

Menjadi seorang CFO bukan hanya keren didengar, namun banyak juga tugas yang harus dikerjakan. Sebenarnya, apa itu CFO? Berapa gajinya dan apa saja job descriptionnya? Mari kita simak bersama!

 

Apa itu CFO?

Chief Financial Officer (CFO) adalah salah satu pimpinan perusahaan yang fokus dalam finansial atau keuangan. Orang juga biasa menyebut CFO dengan direktur keuangan.

Biasanya fokus dalam arus kas perusahaan, perencanaan keuangan perusahaan, menganalisis keuangan perusahaan serta merumuskan tindakan yang akan dilakukan dalam penyelamatan kas perusahaan dan alur bisnis perusahaan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab CFO

Menjadi seorang CFO merupakan posisi yang cukup berat, karena tugas dan tanggung jawab besar pula yang dipikul. Apa saja tugasnya?

 

  1. Membantu dengan keputusan tingkat tinggi tentang kebijakan dan strategi.
  2. Mengawasi aktivitas keuangan perusahaan, termasuk penganggaran, penyusunan  pelaporan, dan audit.
  3. Memastikan dokumen keuangan sesuai dengan hukum dan peraturan perusahaan.
  4. Mengidentifikasi serta menangani risiko dan peluang keuangan bagi perusahaan.
  5. Mengawasi tim pelaporan keuangan dan penganggaran.
  6. Meninjau laporan keuangan serta cara menghemat biaya.
  7. Bekerja dengan baik dengan Chief Marketing Officer, CEO, dan COO untuk mengembangkan rencana strategis.

 

Baca Juga: Siapa itu CEO? Kenali Serba-serbi CEO Berikut Ini!

 

Bagaimana Cara Menjadi Seorang CFO

Biasanya posisi CFO mengharuskan pengalaman lebih dari 5 tahun dan minal berasal dari lulusan S1 Akuntansi atau Manajemen.Namun, tak jarang ada perusahaan yang mengharuskan posisi ini harus lulus S2. 

Dengan tugas dan tanggung jawab yang ditawarkan diatas, apakah Anda masih berminat untuk menjadi seorang CFO? Jika iya, bagaimana cara untuk menjadi seorang CFO?

 

Mengembangkan Skill Analitis

Menjadi seorang CFO lebih banyak untuk menganalisis dibandingkan kerja terjun langsung. Oleh karena itu, dibutuhkan skill analisis yang expert guna mampu bekerja dalam data yang banyak.

Anda dapat mempelajari secara khusus dalam bidang ekonomi, akuntansi, hukum, serta manajemen risiko yang akan menjadi bekal ilmu kedepan sebagai seorang CFO.

 

Memiliki Keinginan Belajar 

Walaupun tugas CFO fokus pada keuangan, mempelajari banyak hal juga merupakan bekal yang dapat Anda bawa untuk menjadi seorang CFO. Mempelajari bagaimana teknis pekerjaan, fokus bidang perusahaan, sifat client atau investor perusahaan, dan lain sebagainya.

Terlihat simple namun hal ini suka terlupakan. Oleh karena itu, jangan fokus dalam mempelajari hal besar saja. Namun hal kecil yang akan membantu Anda lolos seleksi menjadi CFO juga wajib Anda tekuni.

 

Memahami Tren Terkini 

Mempelajari tren terkini guna melihat apakah konsep bisnis yang perusahaan Anda terapkan masih relevan untuk sekarang bahkan hingga 10 tahun kedepan.

Zaman semakin berkembang, tentunya tren bisnis juga semakin kedepan. Banyak hal yang tak terduga yang terjadi dalam perkembangan dunia industri. Oleh karena itu, Anda harus memiliki pemikiran visioner dan tenang untuk menghasilkan profit bagi perusahaan.

 

Detail Oriented

Detail is a must! Menjadi seorang CFO kalau tidak detail dapat memberikan efek domino yang besar. Bayangkan saja jika Anda salah menulis digit dalam semua dokumen.

Efek besar yang ditimbulkan membuat kegaduhan satu perusahaan dan berdampak negatif dalam  jangka panjang. Tentu hal ini tidak ingin terjadi, bukan? Maka tak heran jika sifat hati-hati, rapi, dan detail adalah sifat yang dibutuhkan seorang CFO. 

 

Bagaimana Hubungan CFO dengan Eksekutif Lainnya? 

Menjadi pimpinan perusahaan pastinya harus menjalin jalan komunikasi yang baik guna keberlangsungan perusahaan. CFO bekerja sama dengan CEO, COO, dan CMO untuk memajukan perusahaan sesuai dengan visi dan tujuan yang sudah secara runding ditetapkan.

CFO yang berfokus pada keuangan perusahaan, sedangkan COO yang berfokus pada operasional perusahaan, dan CMO yang berfokus pada pemasaran perusahaan.

Semua operasional ini diawasi dan dibantu oleh seorang CEO demi mengembangkan perusahaan yang lebih baik. Oleh karena itu, pentingnya menjadi hubungan yang baik dan profesional antar sesama eksekutif lainnya.

 

Standar Gaji CFO

Dengan tugas dan tanggung jawab yang berat, pastinya gaji seorang CFO juga bukan main-main. Berdasarkan riset yang ada, seorang CFO dapat memiliki gaji 133 juta sampai 266 juta per bulan.

Angka fantastis untuk tanggung jawab yang juga fantastis.

Bila dihitung selama setahun, seorang CFO dapat meraup gaji bersih hingga 2,6 miliar rupiah. Semakin tertarik untuk menjadi CFO?

 

Baca Juga: Siapakah CMO dalam Perusahaan? Berikut Ulasan Tugasnya!  

 

Atur Job Desc & Data Karyawan dengan HRIS LinovHR

software hris

 

Memiliki cita-cita menjadi CFO merupakan angan tinggi yang susah untuk dikejar jika Anda tidak menjadi karyawan teladan.

Untuk menjadi salah satu petinggi, dapat dilihat dari produktivitas seorang karyawan dalam perusahaan. Apakah karyawan tersebut sering bolos, tidak mengerjakan job desc dengan baik, atau lain sebagainya.

Oleh karena itu, LinovHR memberikan fasilitas yaitu HRIS sebagai pengelolaan database karyawan yang tertata, pengelolaan payroll yang jelas, menganalisa kemampuan karyawan serta membantu proses rekrutmen yang rapi.

Sehingga perusahaan lebih mudah dalam menyusun strategi serta menyeleksi calon CFO atau bahkan menemukan talenta lainnya yang dapat membantu mengembangkan perusahaan Anda.

 

Kesimpulan

Gaji yang fantastis membuat banyak karyawan tertarik untuk menjadi seorang CFO. Walau begitu, tanggung jawab yang diemban pun sangat berat dan harus berurusan dengan eksekutif lainnya.

Belum lagi Anda harus berurusan dengan berbagai regulasi seputar keuangan Apakah Anda masih tertarik dengan posisi yang satu ini? Semoga ulasan di atas dapat membantu dan memberi inspirasi!