3 Cara Melakukan Penilaian Magang dan Formatnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Penilaian magang bagi mahasiswa bukan hanya sekadar formalitas, melainkan sebuah proses penting yang membantu dalam mengukur kinerja, kemajuan, serta kontribusi mereka selama menjalani periode magang.

Pemberian evaluasi magang juga menjadi sebuah jembatan yang menghubungkan teori yang dipelajari di bangku kuliah dengan praktek nyata di lapangan kerja.

Setidaknya, ada tiga cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan penilaian peserta magang. Simak selengkapnya lewat tulisan di bawah ini!

 

Pentingnya Melakukan Penilaian Magang

Program magang menjadi salah satu program yang kerap diadakan perusahaan dalam rangka memberikan pengalaman bekerja bagi para mahasiswa. Selama internship ini, penting sekali bagi perusahaan untuk memberikan penilaian kepada peserta magang.

Memberikan penilaian berupa feedback konstruktif mengenai kinerja dan keahlian mereka akan memberikan kesempatan yang baik bagi peserta untuk belajar.

Dari sisi mahasiswa, sebagai peserta magang. Penilaian magang akan memberikan mereka gambaran jelas tentang kemampuan dan keterampilan yang telah dikuasai selama program internship.

Sedangkan, bagi perusahaan penilaian ini akan membantu perusahaan dalam menentukan apakah peserta intern dapat direkrut sebagai karyawan tetap. Ini akan membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat berkualitas.

 

Baca Juga: Cara Penilaian Kinerja Karyawan yang Efektif

 

Bagaimana Cara Melakukan Penilaian Magang?

Penilaian magang merupakan proses penting dalam mengukur kinerja serta kemajuan seorang intern selama periode waktu tertentu.

Dengan melakukan penilaian ini, perusahaan dapat mengevaluasi kontribusi dan pencapaian peserta intern, serta memberikan umpan balik yang berguna untuk pengembangan mereka di masa mendatang.

Penilaian bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

 

1. Lakukan Observasi secara Berkala

Cara melakukan penilaian magang pertama dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan bagaimana peserta intern bekerja dan berinteraksi dengan karyawan lainnya.

Di dalam proses observasi ini, cobalah untuk melibatkan supervisor dan mentor.

Penting juga bagi Anda untuk membuat formulir observasi untuk sebagai panduan untuk mengetahui apa saja yang perlu diamati.

 

2. Berikan Umpan Balik secara Teratur

Jangan segan untuk memberikan umpan balik positif dan negatif kepada pemagang. Memberikan umpan balik ini akan membantu mereka untuk dapat belajar dan berkembang.

Di dalam memberikan umpan balik ini, sampaikanlah secara konstruktif dan actionable sehingga mereka tahu area-area mana saja yang perlu ditingkatkan.

 

3. Adakan Sesi Evaluasi Akhir

Ketika pemagang telah di masa akhir magangnya, ajak mereka untuk mendiskusikan pengalaman mereka selama menjalankan program internship. Kesempatan ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk memberikan umpan balik.

Di sesi evaluasi cobalah untuk menggunakan metode penilaian untuk mendapatkan gambaran yang lengkap mengenai kinerja pemagang.

 

performance management
Dashboard Performance Management LinovHR

 

Dengan melaksanakan penilaian intern dengan baik, perusahaan dapat memastikan bahwa pemagang mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dan berharga.

Di sisi lain, HR dapat menggunakan hasil penilaian ini untuk meningkatkan program intern di perusahaan.

 

Contoh Form Penilaian Magang

Form penilaian magang adalah salah satu instrumen yang perusahaan gunakan untuk melakukan evaluasi dari berbagai aspek kinerja seorang pemagang selama periode tertentu.

Dalam form penilaian ini, terdapat beberapa aspek yang umumnya dinilai. Aspek tersebut seperti kehadiran, kualitas kerja, kreativitas, kemampuan beradaptasi, kerjasama tim, dan komunikasi.

Aspek kehadiran mencakup ketepatan waktu serta absensi magang dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Kualitas kerja mencakup kemampuan magang dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan.

Kreativitas mencerminkan kemampuan magang dalam memberikan ide-ide baru dan solusi inovatif dalam menyelesaikan masalah.

Kemampuan beradaptasi menunjukkan sejauh mana magang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan tugas-tugas yang diberikan.

Dengan adanya form penilaian yang baik, perusahaan dapat memberikan feedback akurat dan membantu pemagang berkembang secara profesional.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa download contoh form berikut.

Contoh Form Penilaian Magang
Contoh Form Penilaian Magang | Source: LinovHR

 

 

Penilaian Magang Lebih Komprehensif dengan Performance Management LinovHR

 

performance review

 

Penilaian magang memiliki peran penting dalam memastikan pengembangan serta peningkatan kinerja mahasiswa intern di perusahaan.

Di dalam proses penilaiannya, akan lebih efektif bila perusahaan dapat menggunakan feedback 360 untuk mendapatkan penilaian yang komprehensif dari beberapa pihak yang memiliki keterkaitan dengan peserta magang.

Saat ini, Anda dapat melakukan penilaian karyawan dengan feedback 360 di Performance Management System LinovHR.

Fitur feedback 360 di dalam Performance Management System LinovHR sendiri memungkinkan Anda untuk menyusun daftar pertanyaan feedback, menyusun siapa yang berhak mengisinya, sampai dengan bobot penilaian dari feedback.

 

Fitur Individual Performance Appraisal - LinovHR
Fitur Individual Performance – LinovHR

 

Tersedia juga template pertanyaan yang bisa langsung Anda gunakan untuk melakukan evaluasi. Dengan begitu Anda bisa menghemat waktu dalam proses manajemen kinerja.

Sistem Performance Appraisal LinovHR pun bisa langsung memetakan hasil dari evaluasi, sehingga penilaian akan lebih objektif. Nantinya, juga tersedia rekomendasi pengembangan yang bisa dilakukan oleh karyawan.

Dengan menggunakan LinovHR, perusahaan dapat secara sistematis menilai berbagai aspek kinerja karyawan tanpa terkecuali.

Segera adopsi LinovHR untuk pengelolaan magang yang lebih baik dan efisien! Ayo ajukan demo gratisnya!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter