Memahami Career Ladder dan Manfaatnya bagi Karyawan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

career ladder
Isi Artikel

Salah satu kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan terhadap karyawannya adalah dengan menyediakan career ladder atau jenjang karier yang jelas.

Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat menumbuhkan sikap loyalitas karyawan dan mendorong keterlibatan karyawan terhadap perusahaan. Selain itu, adanya jenjang karier juga bermaksud untuk meningkatkan retensi karyawan.

Tak hanya memberikan manfaat terhadap perusahaan, jenjang karier juga dapat memberikan manfaat terhadap karyawan yang bersangkutan.

Pada artikel LinovHR kali ini, kami akan memberikan seputar informasi kepada Anda mengenai apa itu career ladder hingga manfaatnya bagi perusahaan maupun karyawan.

Simak penjelasan berikut sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Career Ladder?

Career ladder adalah sebuah ringkasan suksesi posisi yang terdapat di sebuah perusahaan maupun organisasi. 

Ringkasan suksesi tersebut biasanya akan berisi seluruh informasi tentang  jenjang karier karyawan di suatu perusahaan.

Informasi yang dimaksud mulai dari informasi kenaikan gaji, promosi, hingga tanggung jawab pekerjaan yang mengarah pada penempatan senior. Hal-hal tersebut penting untuk diketahui karyawan.

Jika nantinya terdapat karyawan yang sukses dalam memenuhi ekspektasi kinerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, maka mereka akan memiliki kesempatan untuk menaiki tangga karier.

 

Tipe Career Ladder 

Biasanya, perusahaan akan menyediakan tiga jenis career ladder kepada karyawannya yang bergantung pada peluang karier yang tersedia. Berikut adalah penjelasannya. 

 

  1. Individual

Career ladder tipe ini dirancang untuk peran tingkat direktur atau peran yang lebih tinggi lagi. Penetapan dalam tipe ini biasanya akan dievaluasi  dan akan diputuskan oleh HR perusahaan, apakah seorang karyawan bisa maju ke jenjang karier yang lebih tinggi atau tidak.

Penetapan tersebut nantinya akan dilihat oleh HR berdasarkan pekerjaan dan proyek-proyek yang sudah diselesaikan oleh karyawan yang bersangkutan.

 

  1. Dalam Jangkauan

Seperti tipe jenjang karier individual, dalam menentukan tipe jenjang karier jangkauan, HR perusahaan akan melakukan peninjauan secara individual untuk menentukan apakah seorang karyawan harus menerima promosi atau tidak.

Jenjang karier jenis ini meningkatkan tanggung jawab pekerjaan yang dimiliki oleh karyawan tanpa mengubah jabatan yang sudah dimilikinya.

 

  1. Ditentukan Sebelumnya

Pada tipe ini, jenjang karier karyawan telah ditentukan sebelumnya dalam kebijakan perusahaan. Supaya karyawan bisa menaiki jenjang karier tersebut, karyawan harus menguasai seperangkat keterampilan dan pengetahuan tertentu yang dibutuhkan di posisi atas.

Jenjang karier yang telah ditentukan ini akan membedakan jabatan dengan indikasi numerik, yaitu dengan melabeli posisi tingkat pemula sebagai “Asisten I” dan posisi tingkat kedua sebagai “Asisten II”.

 

Baca Juga: Pengertian Career Lattice dan Bedanya dengan Career Ladder

 

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Career Ladder? 

Salah satu alasan terbesar mengapa perusahaan membutuhkan career ladder adalah agar perusahaan dapat menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka menghargai setiap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya.

Selain itu, career ladder yang disediakan oleh perusahaan juga dapat memberikan motivasi kepada karyawan untuk bertahan di perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

Menetapkan jenjang karier yang jelas juga dapat memberikan keuntungan lain kepada karyawan dalam pertumbuhan dan kemajuan karier yang mereka miliki di perusahaan.

 

Manfaat Career Ladder bagi Perusahaan 

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di atas, menyediakan jenjang karier yang jelas kepada karyawan akan memberikan banyak manfaat kepada perusahaan maupun karyawan itu sendiri. 

Adapun beberapa manfaat career ladder bagi perusahaan, di antaranya sebagai berikut:

  • Dapat menarik calon kandidat unggul
  • Dapat menciptakan budaya kerja yang positif
  • Dapat menurunkan tingkat turnover perusahaan
  • Menumbuhkan loyalitas antara karyawan dan perusahaan
  • Dapat menyelaraskan tujuan antara perusahaan dan karyawan
  • Dapat mendukung career path yang dimiliki oleh setiap karyawan
  • Dapat menjaga hubungan di setiap jajaran yang ada di perusahaan
  • Dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan

 

Manfaat Career Ladder bagi Karyawan

Tak hanya memberikan banyak manfaat terhadap perusahaan, tentunya career ladder juga memberikan segudang manfaat kepada karyawan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan
  • Dapat mengembangkan relasi karyawan
  • Dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan
  • Dapat meningkatkan motivasi karyawan ketika melakukan pekerjaan yang dimilikinya
  • Dapat membantu karyawan dalam memahami dan mengembangan passion yang dimilikinya

 

Peran HR dalam Mengembangkan Career Ladder 

Seperti yang sudah Anda ketahui, salah satu tugas utama seorang HR dalam perusahaan adalah dengan mengelola seluruh kegiatan administrasi yang berhubungan dengan sumber daya manusia di perusahaan.

Salah satu peran penting yang dimiliki oleh seorang HR dalam perusahaan adalah dengan mengembangan career ladder setiap karyawan yang terdapat di dalam perusahaan.

Seorang HR di suatu perusahaan sebenarnya tidak lagi memiliki basis yang terikat dengan kendali atas peningkatan karier setiap karyawan. Maka dari itu, seorang HR harus bisa mendorong seluruh karyawan untuk mengendalikan tangga karier mereka sendiri. 

Dalam mengembangkan career ladder karyawan, biasanya HR perusahaan akan melakukannya melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan dan pengembangan yang difokuskan pada persiapan karyawan untuk masa kerja seumur hidup.

 

Kelola Career Ladder dengan Software Career Path LinovHR 

Memiliki jenjang karier yang jelas tentu akan memberikan banyak manfaat terhadap karyawan maupun perusahaan. 

Namun, dalam menentukan jenjang karier ini, perusahaan harus bisa membuatnya secara tepat agar bisa memberikan manfaat yang maksimal terhadap karyawan yang dimilikinya.

Untuk mempermudah perusahaan dalam menentukan jenjang karier karyawan, kini perusahaan bisa memanfaatkan software career path agar dapat mengatur jenjang karier yang dimiliki oleh karyawan secara tepat.

 

software hris

 

Salah satu software career path terbaik yang bisa Anda gunakan adalah modul Career Path dari Software HRIS LinovHR yang memiliki berbagai macam fitur menarik bagi HR perusahaan dalam mengatur jenjang karier karyawan.

Adapun beberapa fitur yang disediakan oleh Software Career Path LinovHR, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Path Builder: membantu perusahaan untuk membentuk atau membuat jenjang karier karyawan secara jelas.
  • Role Match: membantu perusahaan untuk mengetahui siapa karyawan yang cocok untuk mengisi suatu posisi.
  • Vacancies: memungkinan perusahaan untuk melakukan rekrutmen internal.
  • Career Advice & Career Aspiration: membantu perusahaan dalam memberikan saran kepada karyawan tentang bidang atau posisi apa saja yang cocok untuk karyawan tersebut.

 

Melalui seluruh fitur yang disediakan oleh Software Career Path LinovHR, perusahaan Anda dapat menentukan jenjang karier karyawan secara cepat, tepat, dan mudah. Perusahaan pun dapat membawa karyawan dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas yang dimilikinya.

Tunggu apa lagi? Kelola career ladder perusahaan Anda secara mudah dengan menggunakan Software Career Path LinovHR sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter