online hr software

Pentingnya Online HR Software Untuk Mengelola Karyawan Yang Bekerja Jarak Jauh

Setiap pelaku bisnis pastinya ingin bisnis yang ia miliki berjalan secara maksimal tanpa adanya kendala yang berarti. Terlebih saat pandemi Covid-19 menyerang, di mana semua lini bisnis dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan situasi dengan cepat. Seperti diberlakukannya work from home.

Salah satu cara yang bisa digunakan para pelaku bisnis untuk menyiasati hal ini yaitu dengan melibatkan teknologi yang mampu membantu bisnis beradaptasi. Banyak penggunaan teknologi yang diadopsi selama pandemi, seperti halnya software untuk HR. 

Kehadiran online HR Software dalam proses bisnis dapat membantu perusahaan berkembang dan berhasil dalam mencapai tujuannya. Selain itu, teknologi satu ini juga akan memudahkan pekerja untuk tetap terhubung dan produktif, dimanapun mereka berada.

Mengapa penggunaan software ini penting?

Untuk mendapatkan jawabannya, Anda perlu menyimak artikel ini sampai habis.

 

Pentingnya Sistem Online HR Software untuk Pekerjaan Jarak Jauh

Seperti yang kita ketahui, teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas maupun pekerjaannya. Begitu juga dengan online HR software yang saat ini memiliki peran vital bagi perkembangan dan kemajuan sebuah bisnis atau perusahaan terutama di era pandemi saat ini.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa online HR software penting untuk pekerjaan jarak jauh.

 

1. Mempermudah dan Menjaga Kelangsungan Bisnis

Alasan yang pertama yaitu penggunaan HR software akan memudahkan perusahaan dalam mengelola dan menjalankan bisnisnya. Salah satu kunci utama dari kesuksesan sebuah bisnis adalah aspek yang ada di dalamnya bisa berjalan sesuai dengan harapan perusahaan.

Umumnya, online HR software sudah terintegrasi dan terhubung dengan beragam fitur lain yang memudahkan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, seperti mengelola gaji, melihat kinerja, hingga melihat kehadiran karyawan. Sehingga kegiatan-kegiatan tersebut bisa dilakukan secara efektif dan juga efisien.

 

2. Meningkatkan Peluang Perusahaan Mendapat SDM Berkompeten

Alasan selanjutnya yaitu penggunaan online HR Software dapat meningkatkan perusahaan dalam mendapatkan talenta-talenta terbaik bagi perusahaan.

Keberhasilan perusahaan atau bisnis, erat kaitannya dengan kompetensi yang dimiliki oleh setiap karyawannya. Penggunaan HR software dapat memudahkan proses rekrutmen, dari awal pencarian kandidat, proses interview, hingga tahap akhir proses rekrutmen.

Semua kegiatan di atas bisa dilakukan secara cepat, mudah, dan akurat, hanya dengan melibatkan teknologi di dalam pengaplikasiannya.

 

3. Berguna untuk Mengukur Kinerja Karyawan

Online HR Software umumnya sudah terintegrasi dengan fitur-fitur lain, salah satunya yaitu mengukur kinerja karyawan. Melakukan pengukuran dengan online HR software dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Pengukuran kinerja bisa dilakukan dalam berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan membuat survey yang nantinya diisi oleh setiap karyawan maupun atasan. Dengan begitu, maka penilaian kinerja bisa dilihat dari aspek yang lebih luas lagi.

Salah satu keuntungan dari menggunakan online HR software yaitu bisa melakukan pemantauan kinerja karyawan secara online, dimanapun dan kapanpun.

 

Baca Juga: Penjelasan Performance Software

 

4. Monitoring Absensi Karyawan

Alasan yang terakhir yaitu memudahkan karyawan dalam melakukan absensi kehadiran ketika bekerja.

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, sangat memudahkan perusahaan dalam melakukan absensi kehadiran. Setiap karyawan bisa melakukan absensi secara mudah, dimanapun mereka berada dengan bantuan online HR software yang banyak tersebar di internet saat ini.

Dari sisi HR juga dimudahkan, karena memungkinkan untuk melakukan monitoring absensi karyawan, walaupun bekerja secara jarak jauh atau remote.

 

Kelola Absensi dan Kinerja Karyawan dengan Software HR LinovHR!

 

software hris

 

Mengelola absensi karyawan dan juga kinerja karyawan yang bekerja secara jarak jauh dapat dilakukan secara mudah dan efektif dengan bantuan HR Software LinovHR

Terdapat Modul Timesheet yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola kehadiran karyawan. Pihak HRD ataupun admin dapat memasukkan data karyawan terkait kehadiran agar kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan jadwal aslinya.

Sedangkan dari sisi karyawan, terdapat modul ESS atau yang biasa disebut Employee Self Service yang dimana karyawan bisa melakukan absensi dengan cepat dan mudah, dengan fingerprint atau face ID.

Modul ini memungkinkan untuk memberikan penilaian terhadap kinerja karyawan walaupun bekerja secara jarak jauh. Terdapat fitur review dan juga feedback dimana karyawan atau subjek akan mendapatkan input berupa review  dan feedback dari beberapa pihak seperti rekan satu tim/ divisi maupun dari atasan atau manager.

Selain itu, terdapat juga fitur Goals & KPI untuk mengetahui sejauh mana progress pekerjaan terhadap target yang telah ditentukan, baik secara infividu maupun tim.

Demikianlah pembahasan mengenai online HR software yang penting digunakan untuk kerja jarak jauh. Penggunaan teknologi sangat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis serta mencapai tujuannya, maka pastikan bahwa Anda menggunakan HR software yang berkualitas dan sudah terpercaya kegunaannya seperti Software HRIS Indonesia dari LinovHR.

Semoga bermanfaat!