HRD Manager

Kiat Sukses Menjadi HRD Manager

Semua pekerjaan di perusahaan itu memiliki keunikan sendiri-sendiri. Tidak ada satupun yang lebih dari yang lain, karena setiap divisi mempunyai tugas yang berbeda tapi bertujuan sama yaitu untuk mencapai visi dan misi perusahaan yang sudah ditetapkan. Salah satu divisi yang cukup ramai dibicarakan akhir-akhir ini adalah menjadi HRD atau Human Resource Development dalam perusahaan. HRD mempunyai tugas khusus yang cukup istimewa, karena dalam bekerja kesehariannya HRD bersentuhan langsung dengan manusia bukan benda seperti komputer. Karena itulah HRD ini sering kali dikatakan menjadi perusahaan yang penting dalam sebuah perusahaan. Untuk bekerja di bidang HRD, tentunya seseorang harus mempunyai dasar hati yang mau peduli dengan sesama, dalam hal ini karyawan lain. HRD Manager harus mampu menjembatani antara karyawan dengan perusahaan, sehingga karyawan mampu menangkap dan menjalankan visi misi perusahaan.

Baca Juga: Tugas Pokok Dan Fungsi HRD Perusahaan

Menjadi HRD Manager, tidak selalu harus menjadi seseorang yang mempunyai latar belakang psikologi ataupun hukum. Walaupun banyak perusahaan yang mengutamakan ini, sebetulnya HRD Manager haruslah orang yang luwes, mudah bergaul dengan orang dan mampu mengayomi dengan hati. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki kualifikasi yang kompeten namun bekerja dengan sikap dan hati yang buruk. Karena tugas HRD Manager seolah-olah membawa bola bumi perusahaan, maka diperlukan kiat kerja yang jitu bagi seorang HRD Manager. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk sukses menjadi HRD Manager adalah:

Suka Berkomunikasi

Seorang HRD Manager haruslah seorang yang menyukai hubungan berkomunikasi dengan orang lain. Ini menjadi landasan umum bagi seorang yang pekerjaannya mengembangkan dan memotivasi rekan karyawan lainnya. Jika seorang HRD Manager terlalu pendiam, tertutup tidaklah mungkin dia dapat mengayomi sesama rekan kerjanya.

Menjadi Pendengar Yang Baik

Mungkin ada yang berpikir bahwa HRD Manager harus banyak bicara, itu salah. Menjadi HRD Manager harus bisa mendengarkan karyawan lainnya. Karena dengan mendengarkan HRD Manager dapat mengetahui masalah-masalah apa yang dialami di kantor yang bisa diselesaikan. Sehingga setiap karyawan merasa dihargai dengan dia didengarkan.

Mampu Membaca Bahasa Tubuh (Non Verbal)

Terkadang tidak semua karyawan dapat terlihat sikap dan pemikirannya dari kata-kata. Ada rekan karyawan yang sulit mengungkapkan dengan kata-kata setiap masalah yang mereka hadapi. Disinilah tugas HRD Manager yang mampu membaca bahasa tubuh (non verbal) untuk menganalisa apa yang sedang terjadi di antara karyawan seperti cara memandang orang lain, bagaimana rekan karyawan berkomunikasi, jarak mereka berdiri, dan tanda lainnya. Ini dapat menolong menyelesaikan masalah jika ada.

Menjadi Jembatan Antara Perusahaan dan Karyawan

Ini merupakan hal yang penting bagi seorang HRD Manager. Supaya perusahaan berjalan dengan lancar, maka karyawannya harus bekerja dengan efektif searah dengan visi dan misi perusahaan. Tugas HRD Manager adalah menyampaikan hal-hal penting yang menjadi tujuan bagi perusahaan. Juga memastikan karyawan menerima peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan dalam perusahaan.

Berlaku Adil Dalam Memberikan Reward dan Punishment

Karena perannya sebagai wakil perusahaan, seorang HRD Manager harus mampu bersikap adil dalam memberikan reward dan punishment. Jika memang seseorang yang layak mendapatkan reward, HRD Manager harus memberikannya dengan baik. Sedangkan di satu sisi jika ada rekan kerja yang kena punishment, meskipun itu kawan dekatnya, HRD Manager harus memberikan punishment yang benar. HRD Manager harus juga mampu menjadi penasihat yang baik bagi rekan karyawan yang lain. Semuanya bertujuan untuk kesinambungan kerja antara karyawan dan perusahaan.

Baca Juga: 7 Strategi Efektif HRD Dalam Penyusunan Sistem Reward dan Punishment

Dalam segala hal, kesuksesan diraih dengan kerja keras dan strategi yang tepat. Dengan memperhatikan 5 poin di atas, tentunya anda sudah menjadi HRD Manager sukses dan diharapkan oleh perusahaan.