apa itu press conference

Press Conference: Pengertian, Tujuan, dan Perbedaan dengan Press Release

Ada kalanya dimana suatu instansi atau organisasi mengeluarkan pernyataan resmi dengan mengundang beberapa awak media. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah press conference atau konferensi pers.

Hal tersebut pada intinya dilakukan untuk menyatakan sikap resmi yang nantinya akan disebarluaskan kepada masyarakat umum. Mengingat belakangan ini dunia sangat sering dilanda dengan kehadiran berita bohong atau hoaks yang dapat mengganggu arus informasi di masyarakat.

Meskipun demikian, seringkali istilah tersebut disamakan dengan press release yang sebenarnya kedua istilah tersebut berbeda satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu simak ulasan artikel berikut ini untuk memahami apa itu press conference dimulai dari arti, tujuan, hingga perbedaannya dengan press release.

 

Apa Itu Press Conference?

Pengertian press conference saat ini memang banyak sekali. Tidak ada acuan yang baku mengenai pengertian tersebut. Secara umum, press conference adalah suatu acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan, organisasi, atau individu untuk memberikan informasi kepada media massa.

Dalam konferensi pers, salah satu unsur terpentingnya adalah awak media yang bertugas meliput seluruh rangkaian kegiatan tersebut untuk disebarluaskan kepada masyarakat umum. Hal ini karena tujuan utama dari dilakukannya konferensi pers yaitu menyebarluaskan informasi kepada khalayak umum.

Beberapa informasi yang umumnya disampaikan pada saat konferensi pers seperti mempromosikan produk terbaru, menyangkal isu atau berita bohong, menyampaikan hasil kinerja perusahaan atau organisasi, dan sebagainya.

 

Tujuan Melakukan Press Conference

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan utama dari konferensi pers yaitu untuk menyebarkan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat umum. Publikasi dari informasi tersebut sangat diharapkan oleh pemrakarsa untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman masyarakat luas terhadap isu tertentu.

Selain itu, konferensi pers dilakukan dengan tujuan agar pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan kepada suatu organisasi, perusahaan, atau individu dapat dijawab dengan efisien. Hal ini karena narasumber tidak perlu lagi berulang-ulang untuk menjawab pertanyaan satu per satu melalui sambungan telepon.

Sementara itu, dengan melakukan suatu konferensi pers, maka pertanyaan-pertanyaan yang disimpan dapat diajukan kepada narasumber pada sesi tanya jawab.

Tujuan lainnya mengapa konferensi pers perlu dilakukan adalah memberikan informasi resmi yang diliput oleh media. Tentunya informasi yang disebarluaskan melalui sumber media yang terpercaya akan membuat masyarakat lebih yakin terhadap keaslian pernyataan atau informasi yang dikeluarkan oleh suatu organisasi atau individu tertentu.

Oleh karena itu, melakukan konferensi pers tentunya memiliki banyak manfaat yang akan didapatkan. Dimulai dari keefektifannya dalam menjawab pertanyaan hingga dapat memberikan pernyataan resmi yang dapat dipercaya oleh semua kalangan masyarakat.

 

Perbedaan Press Conference dengan Press Release

Mungkin sebagian dari Anda masih terdapat kebingungan dengan kedua istilah tersebut. Meski memiliki kesamaan tujuan seperti menyampaikan informasi kepada khalayak umum, namun terdapat perbedaan yang mendasar terhadap kedua istilah tersebut.

Press release atau yang dikenal dengan siaran pers merujuk pada informasi dalam bentuk berita yang umumnya dibuat oleh humas dari suatu organisasi atau perusahaan yang disampaikan kepada redaksi pers media massa untuk dipublikasikan.

Umumnya, press release diberikan saat dilakukannya konferensi pers kepada media yang akan meliput kegiatan tersebut. Hal ini dilakukan agar konferensi pers berjalan dengan baik tidak keluar pembicaraan yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu, maka peliput berita atau reporter dapat memahami topik pembicaraan yang akan dibahas selama konferensi pers berlangsung.

Berbeda dengan istilah press conference atau konferensi pers yang mengacu pada kegiatan acara untuk memberikan informasi terkait peristiwa, isu tertentu, atau hal-hal lainnya dengan mengundang media untuk disebarluaskan kepada publik.

Oleh karena itu, inti perbedaan dari keduanya yaitu press release mengacu pada berita atau informasi dalam bentuk tulisan yang dibuat oleh humas suatu perusahaan atau organisasi. Sedangkan, press conference lebih kepada kegiatan acara dalam menyampaikan suatu informasi tertentu.

Dalam konferensi pers, humas tidak menulis berita keseluruhan terhadap informasi yang disampaikan. Melainkan, para wartawan yang bertugas meliput dan menulis berita sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh narasumber kepada media.

 

Baca Juga: Berapa Kisaran Gaji Seorang Public Relation?

 

Tahapan Melakukan Press Conference

Jika Anda ingin melakukan konferensi pers tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar penyampaian informasi saat kegiatan dimulai menjadi lancar. 

Inilah tahapan yang perlu Anda lakukan ketika hendak mengadakan konferensi pers.

 

1. Siapkan Narasumber

Press conference narasumber

Narasumber tentunya menjadi kunci pada kegiatan konferensi pers. Anda perlu mempersiapkan siapa narasumber yang paling cocok terhadap isu yang nantinya akan dibicarakan.

Jika Anda ingin menjadi narasumber dari konferensi pers, maka pastikan Anda benar-benar memahami topik yang nantinya akan disampaikan.

 

2. Tentukan Jadwal

Pemilihan waktu yang tepat sangat penting dilakukan agar konferensi pers yang akan Anda lakukan berjalan sesuai dengan rencana. Jangan gegabah dalam memilih waktu karena bisa saja media yang Anda undang tidak dapat hadir di waktu-waktu tertentu.

Selain itu, beri waktu kepada pers agar mereka dapat memahami isu lebih dalam yang  nantinya akan diliput.

 

3. Menentukan Waktu dan Tempat

Selain waktu yang telah disampaikan sebelumnya, pemilihan tempat dilaksanakannya konferensi pers sangat penting. Jangan sampai Anda melakukan press conference di tempat yang tidak mumpuni.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti tempat yang indoor, kondusif, mudah diakses oleh beberapa media, serta memiliki pencahayaan yang baik. Dengan begitu kegiatan konferensi pers kemungkinan besar akan berjalan dengan tertib.

 

4. Undang Media yang Kompeten

Setelah Anda menentukan waktu dan tempat dilaksanakannya konferensi pers, saatnya Anda menentukan ke sejumlah kantor media. Namun, perlu diperhatikan bahwa undang media yang berintegritas.

Hal ini umumnya ditemukan dalam media arus utama agar masyarakat umum lebih percaya terhadap hasil pemberitaan nantinya.

 

5. Siapkan Press Release

Press release seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sangat berguna demi terlaksananya konferensi pers yang baik. Press release diberikan kepada media yang akan meliput sehingga mereka dapat memahami topik yang akan dibahas sepanjang acara berlangsung.

Itulah penjelasan singkat mengenai press conference yang Anda harus ketahui dimulai dari pengertian, perbedaanya dengan press release, serta tahapan-tahapan melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat!