Reporter

Mengulas Profesi Reporter dari Tugas, Tanggung Jawab Hingga Gaji

Pernahkah Anda berpikir bagaimana jika tidak ada seorang reporter di dunia ini?

Pastinya Anda akan sulit mendapatkan sumber berita karena tidak ada orang yang bertugas melaporkan berita, peristiwa, dan lainnya.

Kehadiran reporter sangat penting bagi perkembangan informasi. Mereka adalah orang-orang yang bergerak cepat dikala terjadinya suatu peristiwa tertentu untuk memberikan informasi terkini. Banyak orang mendambakan pekerjaan ini karena dinilai mulia.

Lalu apa saja tugas, tanggung jawab, dan gaji dari seorang reporter?

Simak ulasan dari LinovHR, mengenai profesi yang satu ini.

 

Apa itu Reporter?

Menurut KBBI, Reporter adalah seseorang yang bekerja melaporkan berita, peristiwa, kejadian, dan sebagainya. Profesi ini dapat juga diartikan sebagai penyusun berita atau wartawan. Menurut pengertiannya, seorang reporter memiliki tugas untuk menyusun serta melaporkan berita kepada masyarakat baik tertulis maupun lisan.

Di era digital seperti saat ini, kehadiran seorang reporter sangat penting sekali. Hal ini karena masyarakat sangat membutuhkan informasi yang cepat dan akurat mengenai peristiwa di mana pun dan kapan pun.

Oleh karena itu, profesi ini sangat diharapkan mampu untuk menyusun dan melaporkan berita secara update dan akurat.

 

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Reporter?

Reporter
Reporter

 

Seorang reporter atau wartawan tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Mereka dituntut untuk melakukan peliputan dan penyusunan berita terkini secara cepat dan akurat sehingga informasi sampai di telinga masyarakat.

Berikut beberapa tanggung jawab dan tugas seorang reporter.

 

Melaporkan Berita Terkini

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tugas dari seorang reporter adalah menyampaikan berita terkini. Mereka akan menuju ke tempat kejadian untuk mengumpulkan informasi sebelum berita disusun.

Dalam kesempatan lain, mereka merekam sumber cerita dan wawancara jika mereka meliput berita untuk radio atau televisi.

 

Mengekspos Latar Belakang Sebuah Peristiwa

Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang reporter yang cukup sulit adalah mengungkap latar belakang peristiwa yang baru saja terjadi. Hal ini tentu harus berdasarkan fakta di lapangan yang akurat sehingga berita yang disiarkan dapat dipercaya oleh publik.

Namun sayangnya terkadang seorang reporter lupa akan tugas dan tanggung jawab ini sehingga berita yang mereka susun terkesan tidak akurat. Oleh karena itu, profesi ini harus selalu bersikap profesional dalam menyusun dan menginformasikan suatu berita.

 

Melakukan Laporan Investigasi

Tidak hanya menggali latar belakang dari suatu peristiwa, seorang reporter atau wartawanjuga dapat ditugaskan untuk melakukan investigasi yang mendalam dari suatu kejadian.

Mereka berusaha mewawancarai orang-orang yang dinilai kompeten dalam memberikan informasi sehingga dapat membangun cerita dari waktu ke waktu.

 

Bersikap Profesional

Profesi yang satu ini dituntut untuk selalu bersikap profesional dalam menyiarkan sebuah berita. Mereka biasanya berpakaian rapi dan tampil komunikatif.

Hal ini dilakukan untuk menjaga minat masyarakat dalam menyaksikan berita yang disampaikan.

 

Menyusun Berita Berdasarkan Fakta

Keakuratan fakta terhadap peristiwa di lapangan menjadi salah satu bentuk kepercayaan masyarakat terhadap media yang menyiarkannya. Oleh karena itu, profesi ini dituntut untuk mencari dan menyusun informasi berita secara fakta yang ada.

Tentunya dalam menyampaikan berita tidak boleh berbohong atau melebih-lebihkan peristiwa tertentu demi kepentingan rating semata. Hal ini tentunya akan merusak nama baik media serta reporter itu sendiri.

 

Baca Juga: Suka Bertemu Banyak Orang? Menjadi Public Relation Cocok untuk Anda! 

 

Apa Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Seorang Reporter?

Menjadi seorang yang bertugas menyusun dan melaporkan berita bukan berarti setiap orang dapat melakukannya dengan mudah.

Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi jika Anda tertarik menjadi seorang reporter.

 

Memiliki Wawasan Luas

Memiliki wawasan luas merupakan syarat terpenting yang harus dipenuhi. Pada umumnya, mereka adalah orang-orang yang rajin membaca berbagai sumber pengetahuan sehingga dapat memahami berbagai isu dan peristiwa terkini.

 

Memiliki Mental Kuat

Seorang reporter harus memiliki mental yang kuat. Hal ini karena lapangan Anda bekerja tidak senyaman pekerjaan-pekerjaan lain yang mungkin statis. Terkadang Anda ditugaskan untuk meliput di suatu wilayah yang sedang bermasalah seperti banjir, gunung meletus, bahkan perang.

Memiliki bekal mental yang kuat berarti Anda telah siap untuk menanggung segala suka dan duka dalam menjalani profesi yang satu ini.

 

Percaya Diri

Mempunyai sikap percaya diri menjadi salah satu kunci bila Anda ingin menjadi seorang reporter. Anda diminta untuk terbiasa tampil di depan kamera dan menyampaikan informasi secara lugas.

Oleh karena itu kepercayaan diri sangat penting Anda miliki agar pengambilan gambar tidak dilakukan secara ulang.

 

Kejelasan dan Kejernihan Suara

Selain memiliki intelektualitas yang tinggi dan sikap profesional, seorang reporter selayaknya memiliki kejelasan dan kejernihan suara. Hal ini berkaitan dengan informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui beberapa media seperti televisi dan radio.

Semakin jelas suara Anda terdengar maka semakin jelas informasi yang ditangkap oleh masyarakat terhadap suatu berita.

 

Baca Juga: Jangan Abaikan, Berikut Cara Minta Maaf yang Baik di Lingkungan Kerja!

 

Berapa Gaji Seorang Reporter?

Setiap pekerjaan pastinya orang akan penasaran terhadap besaran gaji yang didapatkan, tidak terkecuali dengan reporter. Ada banyak sekali sumber yang membeberkan besaran gaji yang didapatkan oleh seorang reporter atau wartawan.

Dikutip dari berbagai sumber besaran gaji reporter berkisar di antara Rp 3.100.000 hingga Rp 8.700.000. Tentunya angka tersebut masih disesuaikan dengan lokasi dan pengalaman kerja yang Anda miliki. tentu saja kenaikan gaji bisa terjadi mengikuti performa dari posisi reporter.

Namun sayangnya saat ini masih saja yang belum mendapatkan besaran upah yang sesuai dengan standar. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan bagi siapa pun yang ingin terjun menjadi seorang reporter.

 

Demikianlah informasi mengenai reporter. Pekerjaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab mulia namun juga memiliki beberapa persyaratan khusus. Jadi, apakah Anda berminat mencoba profesi ini?