pres release

Apa itu Press Release? Ini Cara Membuat Press Release dan Contoh

Setiap perusahaan tentu memiliki beragam informasi terbaru yang perlu disampaikan kepada publik. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat Press Release. Apakah Anda sudah tahu apa itu Press Release? Jika belum, simak ulasan berikut ini.

 

Pengertian Press Release

Press Release (siaran pers) adalah sarana atau alat untuk menyampaikan informasi suatu instansi kepada publik. Pemberitahuan informasi ini bersifat resmi dan disampaikan oleh pihak humas (Public Relation) suatu instansi.

Nantinya,informasi ini akan disalurkan melalui berbagai media pemberitaan. Mulai dari, media cetak (koran,majalah, dan tabloid), media elektronik (tv, dan radio), serta media online.

Dengan menggunakan pemberitaan melalui press release, nantinya perusahaan Anda dapat dikenal oleh masyarakat. Alhasil, berbagai produk yang dibuat akan laku di pasaran. 

Umumnya, press release ditulis secara singkat, namun sarat akan informasi. Hal ini bertujuan agar seluruh hal penting dapat tersampaikan dengan baik oleh media pemberitaan. 

Selain itu, ada baiknya dokumen ini ditulis dengan gaya bahasa yang formal agar mudah dimengerti oleh publik. Dengan demikian, masyarakat dapat menyerap seluruh informasi dengan baik, tanpa adanya kekaburan makna.

 

Apa Saja Fungsi Press Release?

Adapun beberapa fungsi dari penggunaan press release, berikut di antaranya.

 

1. Sarana Publikasi Instant

Dengan menggunakan sarana press release yang diberitakan oleh media massa, segala informasi terbaru atas perusahaan Anda dapat tersampaikan secara instan. Dengan demikian, penyampaian informasi kepada publik dapat lebih efektif, bahkan ketika jika ada suatu publikasi yang perlu disampaikan secara mendesak sekalipun.

 

2. Meningkatkan Nilai Penjualan

Pembaharuan informasi secara berkala akan membantu masyarakat semakin kenal produk dari perusahaan. Otomatis penjualan pun kian meningkat. Alhasil, laba perusahaan pun akan terus naik seiring berjalannya waktu dan tentu hal ini sangat menguntungkan perusahaan. 

 

Baca juga: 10 Strategi Penjualan Jitu untuk Menghadapi Pandemi 

 

3. Sarana Pemasaran yang Efektif

Dibandingkan harus menyewa jasa advertising dengan segala kebutuhan yang diperlukan, pemberitaan melalui press release lebih efektif dalam memasarkan produk. Hal ini dikarenakan perusahaan Anda cukup menuliskan uraian informasi terbaru dalam beberapa lembar dan menyalurkannya kepada media massa.

Selanjutnya, media massa akan memberitakan segala informasi yang telah Anda sampaikan dari siaran pers kepada masyarakat luas.

 

4. Meningkatkan Traffic Kunjungan Website Perusahaan

Semakin banyak publikasi informasi yang Anda sampaikan pada masyarakat. Maka, makin meningkat pula rasa penasaran publik atas perusahaan Anda. Alhasil, masyarakat akan mengakses situs perusahaan Anda untuk tahu lebih lanjut seputar produk yang dihasilkan.

 

5. Kredibilitas Perusahaan Semakin Baik

Peluncuran rilis media akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk Anda akan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan publik mampu mengetahui banyak hal seputar produk dari perusahaan Anda.

Selain itu, masyarakat semakin mengenal perusahaan Anda sebagai produsen yang terpercaya. Maka jika ada peluncuran produk baru, tentu masyarakat sudah yakin akan kualitasnya.

 

6. Membangun Hubungan yang Baik dengan Media

Melalui press release, perusahaan Anda dapat membangun kedekatan hubungan dengan media. Semakin sering menyampaikan publikasi, media pun akan kian kenal dengan seluk-beluk serta keunggulan produk Anda.

Alhasil, media akan menyiarkan citra yang bagus terhadap perusahaan Anda. Dengan demikian, publik akan semakin kenal lebih jauh dengan berbagai produk dari perusahaan.

 

7.Menarik Minat Investor

Perusahaan mampu menarik minat investor untuk menanamkan modal dengan hanya menggunakan siaran pers. Mengapa begitu? Hal tersebut karena perusahaan Anda dinilai telah memiliki kredibilitas baik.

Kemudian dengan modal tambahan modal yang berasal dari investor, perusahaan juga mampu mengembangkan produk dan segala faktor operasional. Hasilnya, perusahaan Anda akan semakin maju dan sejahtera di kemudian hari.

 

Cara Membuat Press Release

Bagaimana cara membuat rilis media yang baik dan benar? Agar informasi yang hendak disampaikan dapat termuat dengan baik, Anda dapat menyimak langkah-langkah berikut.

 

1. Tentukan Gagasan Utama

Sebelum menulis sebuah siaran pers, tentu Anda perlu mengetahui lebih dulu apa gagasan atau ide pokok yang hendak disampaikan. Jika bingung, Anda dapat bertanya pada bagian pemasaran perusahaan mengenai informasi apa saja yang akan dipublikasikan.

 

2. Gunakan Struktur Jurnalistik Piramida Terbalik

Langkah selanjutnya adalah mulai menulis siaran pers. Anda dapat menggunakan struktur piramida terbalik dalam memaparkan informasi. Dalam struktur ini, diawali dari judul, lead (gagasan utama/isi), body (uraian penjelas), dan penutup. 

Dengan menggunakan struktur demikian, akan memudahkan media dalam melakukan publikasi siaran pers  Anda. Tak hanya itu, publik pun akan lebih mengerti apa informasi yang disampaikan dalam siaran tersebut.

 

3. Muat Unsur 5W+1H

Sebaiknya, siaran pers yang Anda tulis telah memuat unsur 5W+1H, berupa what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Melalui teknik penulisan ini, nantinya siaran pers akan tersaji informasi yang lebih runtut dan teratur.

 

Baca juga: Cara Membuat Motivation Letter dan Contohnya 

 

6. Sisipkan Ilustrasi Menarik

Agar publik dapat lebih paham dengan isi siaran pers, Anda dapat menyisipkan beberapa ilustrasi  menarik yang memiliki kaitan dengan informasi yang hendak disampaikan. Dengan begitu, penyampaian informasi jadi lebih optimal.

 

7. Baca Kembali (Proofreading) Press Release yang Telah Ditulis

Setelah selesai membuat siaran pers, Anda perlu membacanya kembali untuk menemukan beberapa kesalahan. Hal ini dapat berupa saltik (typo), kalimat yang kurang efektif, penyampaian informasi yang berulang-ulang, dan lainnya. 

Dengan begitu, tulisan press release dapat menjadi lebih baik. Lalu, informasi pun dapat tersampaikan dengan maksimal.

 

Contoh Press Release

Berikut contoh siaran pers untuk Anda:

 

PT KOMUNIKASI SINYAL

PRESS RELEASE

KOMUNIKASI SINYAL Bangun Kota Percontohan Jaringan 5G di Jawa Tengah

Bersama masyarakat maju yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah Komunikasi Sinyal akan membangun kota percontohan jaringan 5G.

5 Mei 2030 – KOMUNIKASI SINYAL ingin lebih maju dibanding dengan provider lainnya di tanah air. Maka pada hari ini KOMUNIKASI SINYAL bakal membangun kota percontohan untuk membuat layanan 5G. Lokasinya akan diletakkan pada sebuah kabupaten X yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah.

Diketahui kota Solo merupakan memiliki tingkat perkembangan teknologi yang mengesankan. Sehingga hampir semua penduduk di kota tersebut sudah melek internet. Itulah alasan Kota Solo dipilih sebagai percontohan untuk mengembangkan teknologi jaringan 5G.

Rencananya KOMUNIKASI SINYAL akan membangun berbagai fasilitas yang mendukung untuk jaringan 5G. KOMUNIKASI SINYAL juga akan melakukan uji coba pada beberapa ponsel terbaru yang menggunakan jaringan 5G. 

Selama masa pembangunan, bisa saja kota tersebut mengalami kendala akses internet. Pembangunan akan dilakukan pada 29 Juni hingga 30 Desember.

Humas KOMUNIKASI SINYAL

 

Darren (09883921)

software hris

Itulah penjelasan mengenai press release dari LinovHR. Diharapkan dengan menyimak cara membuat siaran pers di atas, Anda dapat lebih paham dan mahir dalam menulisnya. Sekian dan selamat mencoba!