ilmu komunikasi

7 Pilihan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Memilih jurusan kuliah bisa cukup rumit bagi para lulusan SMA. Salah satu jurusan kuliah yang populer di kalangan anak muda adalah jurusan ilmu komunikasi. Apa yang membuat jurusan yang satu ini sangat populer? Bagaimana dengan prospek kerjanya? Simak pembahasan di bawah ini!  

 

Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan lepas dari komunikasi. Pola komunikasi di berbagai lapisan masyarakat pun akan berbeda.

Itulah sebabnya ilmu komunikasi akan selalu digunakan di semua ruang lingkup hidup manusia. Ilmu komunikasi berkaitan dengan sesama masyarakat di suatu lingkungan. Nah, jurusan Ilmu Komunikasi adalah bidang studi yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkat, mulai secara personal maupun kelompok.

 

Prospek Karir untuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Walau ada banyak jurusan yang mulai populer seperti teknik informatika, arsitektur, kedokteran, dan lainnya, jurusan ilmu komunikasi tetap menyedot banyak peminat dari tahun ke tahun.

Hal ini disebabkan karena permintaan tenaga kerja dengan background ilmu komunikasi masih banyak. Yang membedakan hanyalah media atau implementasi dari ilmu tersebut. Apa saja prospek kerja atau karir jurusan ilmu komunikasi? 

 

Penyiar Radio

Salah satu prospek kerja dibidang jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi penyiar radio. Penyiar radio adalah orang yang menyalurkan atau menyebarkan informasi kepada masyarakat luas melalui media radio. Walau tidak terlihat secara visual, menjadi penyiar radio tidaklah mudah.

Dibutuhkan wawasan yang luas, kreativitas tinggi, intonasi suara yang menarik, dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Maka dari itu, persaingan untuk menjadi penyiar radio papan atas masih sangat ketat hingga kini. 

 

Baca Juga : 9 Cara Membuat Tujuan Karir yang Benar

 

Presenter

Jika profesi di atas mengandalkan radio, maka profesi yang satu ini memanfaatkan televisi. Presenter adalah sebuah profesi yang berkewajiban untuk berbicara sesuai susunan skrip program yang disusun tim kreatif program tv.

Seorang penyiar akan menyiarkan informasi, memandu acara, berinteraksi dengan narasumber, hingga membuat program tv menjadi jauh lebih menarik. Karena sering tampil di depan umum, seorang presenter dituntut untuk selalu berpenampilan menarik dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

 

Account Executive

Account executive (AE) bertugas untuk mencari klien potensial untuk membeli suatu produk serta menjalin relasi dengan klien untuk hubungan yang saling menguntungkan.

Dengan kata lain, account executive adalah profesi yang mendukung  proses penjualan dalam sebuah perusahaan. AE wajib memaparkan keuntungan suatu produk dari perusahaan tempatnya bekerja.

Karena harus menangani banyak klien dan bertemu banyak orang, AE  biasanya lebih sering meeting di luar daripada berada di lingkungan kantor

 

Jurnalis

Jurnalis atau populer disebut dengan wartawan adalah profesi yang melakukan tugas jurnalistik seperti menulis laporan, memberikan informasi, menganalisis suatu fenomena atau peristiwa di masyarakat melalui media massa.

Menjadi seorang jurnalis diperlukan wawasan yang luas dan pola pikir yang kritis untuk membantu menganalisis apakah kabar yang di dapat di masyarakat merupakan kabar yang valid atau tidak.

Selain itu, kemampuan untuk berbahasa asing juga dapat mendukung profesi jurnalis yang sering mengunjungi berbagai negara dan bertemu berbagai pihak asing. 

 

Public Relations (Humas)

Sebuah perusahaan akan selalu berhubungan dengan masyarakat luas. Public relations (PR) inilah yang menghubungkan masyarakat dengan perusahaan.

Maka, public relations sering juga disebut dengan hubungan masyarakat (humas). Setiap perusahaan melakukan press conference dan berbagai program yang melibatkan masyarakat luas, pasti ada seorang PR di sana. Seorang PR harus memahami dengan dalam konsep komunikasi untuk menyusun strategi serta menjalankan strategi tersebut. Karena langsung mencerminkan citra perusahaan, seorang PR harus mampu membangun citra positif. 

 

Customer Service

Sebuah perusahaan yang baik harus menampung berbagai keluhan dan masukan dari konsumen. Posisi customer service ini yang menjadi salah satu garda terdepan pelayanan konsumen. Customer service siap mendengarkan dan melayani semua pertanyaan, keluhan, saran, hingga penyelesaian masalah seputar produk yang digunakan konsumen.

Tidak heran jika profesi yang satu ini harus siap mental jika melayani marah atau komplain konsumen yang tidak puas. Customer service dituntut product knowledge yang kuat untuk membantu konsumen dalam rangka membina customer relationship yang baik. 

 

Dosen Ilmu Komunikasi

Siapa bilang jurusan ilmu komunikasi tidak bisa terjun ke dunia pendidikan? Selama komunikasi masih menjadi bagian dari masyarakat, permintaan tenaga pendidik atau dosen ilmu komunikasi di berbagai perguruan tinggi masih banyak dibutuhkan.

Umumnya orang yang memutuskan untuk menjadi dosen ilmu komunikasi adalah praktisi handal di bidang tertentu, lalu memutuskan untuk menjadi pengajar di sela kesibukan karir yang lain. Namun, untuk menjadi dosen ilmu komunikasi, setidaknya seorang individu harus mengantongi gelar magister atau S2. 

 

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan IT di Indonesia

 

Itulah penjelasan singkat mengenai jurusan ilmu komunikasi dan prospek karirnya. Untuk memilih jurusan kuliah, Anda harus memahami minat, bakat, dan kemampuan Anda terlebih dahulu.

Jangan sampai Anda justru salah jurusan dan tidak mampu mengikuti program perkuliahan dengan baik dan benar.