jurusan kuliah untuk anak ipa

15 Jurusan Kuliah Paling Cocok untuk Anak IPA

Setelah lulus SMA, banyak dari kita yang merasa bingung sebaiknya jurusan apa yang kita ambil. Terutama jurusan kuliah anak IPA, mana yang sebaiknya diambil? Hal ini karena jurusan kuliah juga akan menentukan karier dan kehidupan siswa ke depannya.

Jurusan kuliah yang dapat dipilih umumnya terbagi menjadi 2, yaitu jurusan Saintek dan Soshum. Jurusan Saintek ditujukan kepada siswa yang berasal dari latar belakang IPA. Sementara jurusan Soshum untuk siswa dengan latar belakang IPS.

Ada banyak jurusan kuliah untuk anak IPA, lantas jurusan apa yang harus dipilih?

Temukan jawabannya dalam artikel LinovHR di bawah ini!

 

 

Daftar Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

Bagi Anda yang masih galau dan masih menimbang-nimbang, jurusan apa yang sebaiknya diambil, brikut ini adalah daftar 15 jurusan kuliah untuk lulusan  atau yang sedang gap year untuk jurusan IPA  yang bisa menjadi rekomendasi.

 

1. Kedokteran

Jurusan Kedokteran jadi jurusan favorit anak SMA terutama mereka yang menjadi anak IPA. Setiap tahun, jurusan ini tidak pernah kehilangan peminat.

Ini karena lulusan kedokteran memiliki prospek menjanjikan sebagai dokter yang bekerja di rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

 

jurusan kedokteran
Jurusan kedokteran

 

Jurusan ini mempelajari tentang tubuh manusia, penyakit, serta cara-cara menyembuhkannya. Proses pembelajaran teori tersebut dilakukan selama kurang lebih 3,5 hingga 4 tahun.

Kemudian, mahasiswa Kedokteran akan mempraktikkan teori yang telah dipelajari dalam koas dan internship. Total waktu yang digunakan untuk mempelajari jurusan ini hingga mendapat izin praktik kurang lebih selama 6 hingga 7 tahun.

 

2. Kedokteran Gigi

Jurusan kedokteran gigi fokus pada kesehatan mulut dan pengobatan penyakitnya. Masa pendidikan kedokteran gigi sama seperti jurusan kedokteran. Mahasiswa perlu menyelesaikan pendidikan akademik selama 3,5 tahun. Setelah itu, mahasiswa akan melanjutkan koas dan internship hingga mendapat gelar dokter gigi dan izin praktik.

Sama seperti lulusan jurusan kedokteran, lulusan kedokteran gigi juga bisa bekerja di rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

 

3. Kedokteran Hewan

Belakangan ini, dokter hewan juga jadi jurusan yang banyak dilirik oleh anak IPA. Jangan salah, peluang kerja dokter hewan juga sebanyak dokter pada umumnya. Mereka bisa bekerja di rumah sakit hewan, puskeswan, klinik hewan, kebun binatang, atau lembaga konservasi.

Untuk menjadi dokter hewan, mahasiswa harus masuk ke jurusan kedokteran hewan. Hal-hal yang dipelajari di jurusan ini bervariasi, mulai dari hewan peliharaan, hewan ternak, hingga unggas dan satwa air.

 

Baca Juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah IPS dan Peluang Kerjanya

 

4. Teknik Informatika

Teknologi informasi memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan. Lulusan teknik informatika bisa bekerja di perusahaan teknologi, start-up, BUMN, ataupun institusi pemerintahan sebagai software engineer, data scientist, front end developer, ataupun konsultan IT. Itulah sebabnya jurusan teknik informatika banyak dipilih calon mahasiswa.

 

teknik informatika
Teknik informatika

 

Hal-hal yang dipelajari dalam jurusan teknik informatika misalnya bahasa pemrograman, matematika diskrit, algoritma, kecerdasan buatan, dan struktur data. 

 

5. Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi kurang lebih sama dengan jurusan teknik informatika. Namun, hal yang membedakan adalah jurusan sistem informasi umumnya menghubungkan teknologi dengan bisnis dan manajemen.

Selain belajar tentang pemrograman dan algoritma, mahasiswa jurusan sistem informasi juga belajar manajemen dan administrasi bisnis. Lulusan jurusan ini bisa menjadi konsultan IT, analis IT, project manager, software developer, data analyst, dan yang lainnya.

 

6. Farmasi 

Jurusan yang cocok untuk anak IPA selanjutnya adalah farmasi. Di sini Anda akan mempelajari obat-obatan, termasuk juga senyawa, cara sintesis, dan cara mengolahnya menjadi obat siap minum. Tak hanya obat-obatan, jurusan farmasi juga mempelajari cara memformulasikan senyawa untuk minuman, makanan, dan kosmetik.

 

farmasi
Farmasi

 

Lulusan farmasi tidak terbatas hanya menjadi apoteker saja. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan sebagai product developer, quality control, dan research and development. Selain itu, mahasiswa lulusan farmasi juga bisa menjadi peneliti dan dosen.

 

7. Kesehatan Masyarakat

Mahasiswa yang masuk di jurusan kesehatan masyarakat akan mempelajari tentang pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan di masyarakat. Hal-hal yang dipelajari contohnya keselamatan dan kesehatan kerja, epidemiologi, kesehatan reproduksi, manajemen rumah sakit, kesehatan lingkungan, dan lain-lain.

 

8. Arsitektur

Jika Anda senang mendesain dan merancang bangunan bisa masuk ke jurusan arsitektur. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar cara mendesain dan merancang bangunan sebelum menyerahkan realisasinya ke lulusan teknik sipil.

 

arsitektur
Arsitektur

 

Prospek kerja jurusan ini adalah arsitek, desainer interior, ataupun manajer konstruksi di perusahaan properti dan konstruksi.

 

9. Aktuaria

Aktuaria merupakan jurusan yang menarik minat banyak lulusan SMA akhir-akhir ini. Hal ini tidak mengherankan karena jurusan aktuaria memiliki prospek kerja yang cerah. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini bisa bekerja sebagai data scientist, analisis, atau konsultan Otoritas Jasa Keuangan atau perusahaan KAP big four seperti Deloitte, PWC, KPMG, dan EY.

Apa yang dipelajari dalam jurusan aktuaria? Sebenarnya, jurusan ini merupakan gabungan dari jurusan statistika dan matematika. Mahasiswa di jurusan aktuaria mempelajari matematika, statistika, ekonomi, akuntansi, bahkan data science dan pemrograman.

 

Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Aktuaria dan Mata Kuliah yang Dipelajari

 

10. Statistika

Analisis data merupakan salah satu inti pembelajaran dalam jurusan statistika. Di jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data yang kemudian dijadikan bahan pertimbangan perusahaan dalam membuat keputusan.

Lulusan statistika masih menjadi incaran banyak perusahaan. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini bisa menjadi data scientist, analis, konsultan, ahli statistik, peneliti, ataupun pegawai bank.

 

11. Teknik Sipil

Jurusan kuliah untuk anak IPA selanjutnya adalah teknik sipil. Jurusan ini mempelajari perancangan infrastruktur dan bangunan. Mata kuliah yang dipelajari misalnya manajemen konstruksi, gambar teknik, analisis struktur, kalkulus, dan yang lainnya.

Lulusan teknik sipil memiliki prospek kerja yang baik. Setelah lulus, mahasiswa teknik sipil biasanya bekerja sama dengan arsitek dalam membangun suatu infrastruktur. Lulusan jurusan ini bisa menjadi konsultan konstruksi, surveyor pengendalian bangunan, kontraktor, insinyur, dan manajer konstruksi.

 

12. Teknik Industri

Jurusan teknik industri cocok untuk siswa yang menyukai matematika dan manajemen. Ini karena mata kuliah pada teknik industri akan memadukan mata kuliah keteknikan yang mengedepankan matematika dan manajemen.

Lulusan teknik industri akan dibekali dengan ilmu yang bisa langsung diaplikasikan dalam industri. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan manufaktur, PNS, ataupun startup.

 

13. Teknik Kimia

Teknik kimia merupakan jurusan yang mengkombinasikan eksperimen ilmu pengetahuan alam dengan ekonomi dan desain hingga dapat mengolah bahan mentah menjadi bahan berguna.

Contoh mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini misalnya pengolahan air dan limbah industri serta perancangan alat proses.

Lulusan teknik kimia sangat dibutuhkan di berbagai industri. Sebut saja industri pertambangan, pangan, perminyakan, logistik, dan perancangan alat.

 

14. Bioteknologi

Bioteknologi merupakan jurusan yang memadukan teknologi dengan biologi. Inti dari jurusan ini adalah penggunaan teknologi untuk memanfaatkan bagian tubuh makhluk hidup hingga menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat. 

Hal-hal yang dipelajari dalam jurusan bioteknologi pun cukup beragam. Misalnya saja teknik fermentasi, teknologi enzim, analisis DNA, analisis mikroorganisme, dan rekayasa genetika.

 

15. Agribisnis

Jurusan kuliah IPA yang terakhir adalah agribisnis. Jurusan ini masih menjadi favorit karena Indonesia merupakan negara yang sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian.

Jurusan kuliah agribisnis akan menghubungkan pertanian dan perkebunan dengan bisnis. Jurusan ini memungkinkan lulusannya untuk menciptakan produk pangan baru atau membuka usaha teknologi pangan.

 

Itulah dia pembahasan tentang 15 jurusan kuliah untuk anak IPA yang direkomendasikan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi siswa yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.