Volunteer

Mengapa Kegiatan Volunteer Menjadi Penting untuk Perkembangan Karir?

Kegiatan volunteer atau sukarelawan merupakan kegiatan yang cukup banyak diminati, khususnya untuk para mahasiswa atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman. Kegiatan sukarelawan ini bermacam-macam ada yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti kegiatan volunteer ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi individu untuk meniti karir kedepannya. 

 

Apa itu Volunteer?

Volunteer digambarkan sebagai kegiatan yang tidak dibayar, yang dimana seseorang memberikan waktunya, tenaga, dan bakatnya untuk membantu organisasi atau komunitas non-profit.

Jadi, volunteer adalah seseorang yang menyumbangkan sebagian dari waktunya untuk membantu pekerjaan orang-orang yang ada di sebuah organisasi atau komunitas tertentu. 

Salah satu hal yang paling identik dari kegiatan sukarelawan ini adalah dampaknya terhadap masyarakat. Kegiatan sukarelawan memungkinkan Anda terhubung ke organisasi atau komunitas dan menjadikannya tempat yang lebih baik.

Dengan mendedikasikan waktu Anda sebagai sukarelawan tentunya membantu Anda mendapatkan teman baru, memperluas jaringan, dan meningkatkan keterampilan sosial. 

 

Baca Juga: Apa Itu  Non Government Organization (NGO)? Inilah Beberapa Jenisnya! 

 

5 Alasan Mengapa Kegiatan Volunteer Penting untuk Karir

Berikut 5 alasan mengapa Anda perlu mengikuti kegiatan sukarelawan untuk mengembangkan karir.  

 

1. Mencoba Industri yang Berbeda

Apabila saat ini  Anda sedang mencari cara untuk mengembangkan karir, maka menjadi sukarelawan dapat memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi industri yang berbeda.

Misalnya, Anda dapat menjadi sukarelawan di rumah sakit, teater, atau pusat komunitas setempat yang nantinya akan memberikan Anda eksposur ke area yang diminati, sekaligus sambil membantu orang lain pada saat yang sama. 

 

2. Mempelajari Keterampilan Baru

Salah satu alasan menjadi volunteer adalah dapat memberikan individu kesempatan untuk mempelajari keterampilan atau keahlian baru di luar bidang karir.

Misalnya, membantu kegiatan penggalangan dana dapat memberi Anda keterampilan perencanaan dan penganggaran. Selain itu, berinteraksi dengan berbagai jenis orang juga memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal dan membantu membangu jaringan dalam karir profesional Anda.

 

3. Membangun Jaringan

Kegiatan volunteer menawarkan peluang besar untuk mengembangkan hubungan pribadi dan profesional. Bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang di lingkungan sukarelawan adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan yang langgeng.

Sebab, Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin Anda temui nanti dan bagaimana mereka dapat membantu pertumbuhan karir Anda di masa depan. 

 

4. Menumbuhkan Sikap Positif 

Menjadi sukarelawan dapat membuka mata Anda terhadap berbagai cara hidup dan pentingnya membantu orang lain dengan cara apapun yang Anda bisa. Selain itu menjadi sukarelawan dapat merevitalisasi pola pikir dan menumbuhkan sikap yang positif. 

 

5. Mendapatkan Pengalaman

Apabila Anda tidak berminat mencari karir baru, tetapi ingin memperluas pengetahuan dan pengalaman Anda di luar organisasi Anda saat ini, maka menjadi volunteer adalah solusinya.

Dengan menjadi volunteer di suatu komunitas atau organisasi tertentu, pastinya dapat memperluas keahlian profesional Anda dengan cara yang berbeda dari biasanya. 

 

Baca Juga: Sukseskan Pekerjaan Anda dengan 9 Kiat Perencanaan Karir!

 

Cara Mengikuti Kegiatan Volunteer Tanpa Mengganggu Pekerjaan

Volunteer
Mengikuti Volunteer tanpa menganggu pekerjaan utama

 

Bagi Anda yang berminat mengikuti kegiatan volunteer namun tidak ingin mengganggu pekerjaan yang dijalani, maka wajib simak cara-cara ini. 

  1. Pilih kegiatan sukarelawan yang dilakukan secara remote (jarak jauh). Dengan menjadi sukarelawan secara remote, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas dengan waktu yang Anda habiskan untuk membantu.
  2. Sisihkan waktu satu atau dua jam setiap minggu untuk mengikuti kegiatan. Strategi ini sangat tepat jika Anda mengikuti kegiatan sukarela seperti menjadi mentor, pelatih, atau penasihat bagi orang lain. 
  3. Habiskan waktu di akhir pekan. Apabila Anda sibuk bekerja dari senin hingga jumat, maka Anda dapat menjadwalkan aktivitas sukarela di akhir pekan. 
  4. Membantu dengan cara yang lain. Jika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk terjun langsung menjadi volunteer, Anda masih bisa membantu orang lain dengan cara yang lain seperti memberikan sumbangan uang.

 

Contoh CV untuk Ikut Daftar Volunteer

Untuk menjadi seorang sukarelawan, tentunya terdapat sejumlah persyaratan yang perlu Anda lengkapi dan salah satunya adalah CV.  Berikut Contoh CV menarik daftar volunteer. 

 

KAYLA RAMADHANI

 

 kaylaramadhani@email.com    | 0981-2354-6789         |        kaylaramadhani@linkedin.com

 

Professional Profile

 

Sukarelawan dengan 4 tahun lebih pengalaman melayani berbagai organisasi setempat. Dengan semangat yang kuat untuk pelayanan masyarakat, telah membawa saya untuk membantu ribuan masyarakat setempat yang membutuhkan. Saya yakin bahwa kualifikasi dan pengalaman saya cocok untuk posisi sukarelawan ini.

 

Pengalaman Volunteer

 

Rumah Sakit Anak Bunda Kasih, Jakarta, Indonesia

Volunteer, Juni 2019 – Sekarang

  • Menjadwalkan seluruh staf sukarelawan untuk Pusat Ortopedi Anak
  • Akumulasi lebih dari 1.000 jam sukarela untuk membantu janji temu pasien di rumah sakit dan melakukan tugas administrasi.
  • Melatih 100+ relawan membacakan cerita untuk anak-anak
  • Mengumpulkan dana lebih dari Rp.5.000.000 melalui berbagai acara penggalangan dana

 

Rumah Sakit Medika Plus, Jakarta, Indonesia

Part Time Volunteer,  Februari 2017 – Mei 2019

  • Menyapa pasien dan pengunjung ketika datang dan mengarahkan semua pengunjung ke berbagai lokasi departemen di rumah sakit
  • Memastikan persediaan yang memadai untuk bangsal anak-anak
  • Memastikan kepatuhan berkelanjutan terhadap kebijakan dan prosedur Relawan termasuk praktik Kesehatan dan Keselamatan

 

Pendidikan

Universitas Pelita Jaya Jakarta 

Sarjana Ilmu Komunikasi – 2019

Honors: Cum Laude (GPA:3.8/4.0)

 

Keterampilan 

  • Komunikasi yang kuat
  • Pengembangan program
  • Berpikir analitis dan kritis
  • Mudah beradaptasi
  • Menguasai Microsoft Office, Google Documents/Sheets

 

Kesimpulan

Banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan jika mengikuti volunteer. Anda bisa mendapatkan eksposur ke bidang pekerjaan baru, mengembangkan keterampilan baru, dan memperluas jaringan Anda. Kini, sudah waktunya Anda keluar dari zona nyaman dan menjelajahi hal-hal baru, salah satunya caranya  dengan bergabung menjadi seorang sukarelawan di suatu organisasi atau komunitas tertentu.