individual plan

Individual Development Plan: Solusi Suksesi Talenta dalam Perusahaan

Setiap karyawan ingin mempunyai jenjang karir yang menjanjikan untuk mengisi berbagai posisi penting. Namun, tidak semua karyawan dapat mengisi semua posisi penting. HRD menyadari dengan benar mengenai hal ini. Sehingga HRD merancang suatu program yang bernama individual development plan untuk mengembangkan kompetensi karyawan dalam mengisi berbagai posisi penting. 

Pengelolaan karyawan merupakan awal dari kinerja perusahaan yang efektif dan efisien di tengah arus persaingan yang kian pesat. 

 

Software HRD dari LinovHR dapat membantu HRD dalam mengelola segala administrasi karyawan mulai dari penggajian, rekrutmen, rekapitulasi absensi, dan sebagainya dalam satu pusat. Yuk, gabung bersama LinovHR sekarang juga! 

software hris

 

Pengertian Individual Development Plan

Karir yang gemilang tidak dimulai dari satu malam saja. Dibutuhkan waktu untuk megembangkan kemampuan tiap karyawan agar mampu mengisi posisi tertentu. 

Individual development plan adalah suatu program yang disusun sebagai pembelajaran bagi karyawan untuk menguasai kompetensi yang diperlukan posisi tertentu.  Perencanaan disusun dengan analisis mengenai kelebihan, kekurangan, dan potensi karyawan terhadap suatu kompetensi. 

Silabus individual development plan dapat sangat bervariasi tergantung pada pekerjaan dan status karyawan. Beberapa silabus ini adalah dokumen standar untuk semua karyawan. Terkadang, mereka dibuat ketika karyawan secara khusus ditugaskan untuk menunjukkan peningkatan.

 

Baca Juga: Action Plan: Kunci Sukses Perusahaan Rancang Tujuan Bisnis

 

Komponen Individual Development Plan 

Pengembangan suatu rencana terdiri dari beberapa komponen. Untuk individual development plan, Rencana pengembangan individu harus mencakup daftar bagian:

 

Tujuan dan aspirasi profesional

Buat daftar tujuan karir, target dan tanggal penyelesaian aktual. Saat karyawan dan manajer mengartikulasikan tujuan, mereka dapat dengan lebih mudah menilai kelayakan dan apa yang diperlukan untuk mencapainya. 

  • Untuk karyawan yang mencari kemajuan, rencanakan pemetaan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk dapat membantu meningkatkan kepemimpinan dan keterampilan lainnya.
  • Untuk karyawan yang tidak mencari promosi, sasaran dapat disusun berdasarkan perkembangan mereka dalam peran mereka saat ini atau dengan suatu cara yang ingin mereka lakukan untuk berkontribusi pada perusahaan.

Inti nya rencana dapat berfungsi sebagai alat yang berguna bagi manajer karena mereka dapat menentukan apakah individu telah memenuhi langkah-langkah, memahami perkembangan dari waktu ke waktu, dan menilai kandidat dengan lebih obyektif.

 

Kekuatan dan bakat

Gunakan tinjauan kinerja karyawan atau daftar kompetensi inti untuk mengidentifikasi pengetahuan, keterampilan, dan bakat tertentu. 

Umpan balik atau feedback yang positif juga sangat penting dalam membantu karyawan mengatasi  stres dan membangun kepercayaan diri untuk tantangan baru.

 

Baca Juga: Apa itu Manajemen Talenta? Berikut ini Pembahasan Lengkapnya

 

Peluang pengembangan

Buat daftar setiap peluang pengembangan dengan tujuan yang sesuai. 

Misalnya, jika peluang pengembangannya adalah “keterampilan komunikasi,” tujuannya mungkin adalah nilai yang memuaskan untuk kursus tentang mendengarkan secara aktif atau berbicara di depan umum.

 

Rencana aksi

Action plan atau rencana aksi adalah inisiatif strategis merupakan langkah strategis yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan untuk mewujudkan sasaran strategisnya.

Perumusan action plan dibuat dengan suatu pernyataan kualitatif berupa langkah besar yang akan dilaksanakan di masa depan untuk mewujudkan sasaran strategis.

 

Manfaat individual Development Plan 

Ada beberapa manfaat dari individual development plan, baik dari sisi karyawan maupun sisi perusahaan. Bagi perusahaan, manfaat dari individual development plan adalah: 

  1. Menyelaraskan tujuan perusahaan dengan kinerja karyawan
  2. Membangun keterlibatan karyawan yang lebih efektif
  3. Menjaga semua tugas tetap fokus dan sesuai harapan
  4. Memudahkan HRD dan manajer untuk melakukan penilaian kinerja. 

 

Sedangkan manfaatnya untuk karyawan adalah: 

  1. Peningkatan kinerja
  2. Meningkatkan kredibilitas  perusahaan
  3. Membantu meningkatkan kemampuan karyawan untuk posisi tertenbenagan begitu karyawan siap untuk mengisi proses meningkatkan kinerja

 

Tips Membentuk Individual Development Plan

Individual development plan dapat membantu pengembangan kompetensi karyawan. Bila dilakukan dengan maksimal, hal ini akan membantu pembelajaran dalam perusahaan. 

Berikut tips yang bisa dilakukan perusahaan dalam individual development plan: 

 

Harus SMART

Suatu rencana harus disusun dengan SMART. Yang dimaksud dengan SMART adalah specific, measurable, achievable, realistic, dan timebound. Dengan begitu rencana lebih tidak rentan gagal. 

 

Fleksibel

Segala perencanaan bisa saja berubah di tengah jalan. Ada dua pilihan, perusahaan dapat mengubah rencana sesuai kondisi yang ada atau tetap bertahan dengan rencana yang ada. Akan tetapi, ada baiknya suatu rencana untuk membangun kompetensi dapat disusun dengan fleksibel. 

 

Dukung Pembelajaran dalam Perusahaan dengan Learning & Development Program Dengan LinovHR

Individual development program Merupakan bagian dari program learning and development. HRD biasanya akan memantau seberapa jauh perkembangan karyawan dan akan menyusun program pelatihan dan pengembngan karyawan. 

Dalam penyusunan berbagai program pelatihan dan pengembangan, seringkali HRD disulitkan tidak tersedianya sistem yang memadai untuk menyimpan dan menyusun silabus pembelajaran. 

Modul learning and development adalah salah satu sarana yang dapat digunakan HRD untuk menmbangun program individual development plan yang sistematis. Semua silabus pembelajaran akan disimpan dalam satu pusat dalam cloud based server. Sehingga HRD tidak lagi memerlukan dokumen kertas untuk mendokumentasikan semua materi pembelajaran. 

Software HRD dari LinovHR adalah terobosan terbaru dari LinovHR untuk membantu perusahaan mengembangkan pengelolaan karyawan lebih optimal dan sistematis. Berbagai program pengembnagan seperti individual development program pun bisa dilakukan lebih mudah dan sederhana. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi LinovHR sekarang juga!