cara mengatasi orang cari muka

Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Cari Muka di Lingkungan Kantor

Tidak dapat dipungkiri bahwa di dunia kerja tidak selamanya Anda bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan saja. Anda juga pasti akan menemukan rekan kerja yang suka cari muka. Perilaku rekan kerja yang cari muka merugikan orang disekitarnya, karena selalu berusaha lebih unggul tetapi brusaha menyembunyikan talenta dari rekannnya yang lain. 

Agar tidak terpancing emosi dalam menghadapi rekan kerja yang cari muka, mari kita simak bersama-sama bagaimana cara mengatasi orang cari muka berikut ini! 

 

Apa Itu Cari Muka?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cari muka diartikan sebagai perbuatan menjilat yang dalam kata lain berbuat sesuatu supaya mendapat pujian. Orang yang cari muka melakukan apapun hanya untuk pencintraan semata. Mereka tidak peduli apakah tindakannya dapat menyakiti atau merugikan orang lain atau tidak. 

 

Baca Juga: Sikap Rendah Hati Dibutuhkan Di Lingkungan Kerja

 

Ciri-Ciri Rekan Cari Muka 

Bagi Anda yang tidak memiliki rekan kerja yang cari muka, bersyukurlah. Namun, Anda juga perlu waspada. Berikut adalah 5 ciri-ciri rekan kerja cari muka yang dapat Anda temui di kantor.

 

1. Bersikap Baik Hanya Saat Ada Atasan

Karyawan yang suka cari muka cenderung ingin menunjukkan kinerja terbaiknya di depan atasan. Tetapi bila tidak ada di depan atasan, mereka justru cenderung cuek khususnya dengan sesama rekannya. Tentunya hal tersebut dilakukan karena ingin mendapat pengakuan yang baik dari  para atasan. 

Bahkan lebih parahnya lagi, terkadang karyawan sejenis ini langsung menjatuhkan performa timnya di depan atasan tanpa berusaha berembuk atau membahas pekerjaan bersama dengan timnya terlebih dahulu.

 

2. Suka Memuji Diri Sendiri 

Orang yang cari muka suka memuji dirinya sendiri dimanapun mereka berada. Tak hanya itu, biasanya, mereka juga suka melebih-lebihkan cerita agar terlihat hebat sehingga pendengarnya kagum.  Jika Anda memiliki rekan kerja seperti ini, tanggapi saja dengan santai, atau lebih baiknya lagi abaikan saja. 

 

3. Menjelekkan Rekan Kerja 

Karyawan yang suka cari muka gemar membuat sensasi dengan mencari tahu siapa yang tidak melakukan pekerjaannya dengan baik, bahkan rekannya sendiri. Setelah itu, mereka akan memberi tahu atasannya.

Anda harus waspada jika menemui rekan kerja seperti ini. Jangan pernah menjadikannya sebagai teman cerita Anda mengenai hal-hal personal dan urusan kantor yang sensitif. 

 

4. Sifat Berbeda di Beberapa Situasi

Dalam beberapa situasi, rekan kerja yang cari muka dapat bersikap begitu baik kepada Anda. Tetapi, di situasi lain juga mereka bersikap cuek jika terlihat atasan. Jika sudah begini, Anda harus selalu waspada dengan sikapnya, jangan sampai menjalin hubungan pertemanan yang terlalu personal dengan tipe orang seperti ini.

 

Baca Juga: Waspadai Leader Toxic! Inilah Tanda Toxic Leadership di Sekitar Anda! 

 

Bagaimana Mengatasi Rekan Kerja Yang Suka Cari Muka?

Berhadapan dengan rekan kerja yang cari muka di tempat kerja memang sangat menjengkelkan bukan? Jika Anda memiliki rekan kerja yang suka cari muka, daripada Anda terpancing emosi lebih baik pelajarilah cara menghadapi rekan kerja yang cari muka berikut ini.

 

1. Hadapi dengan Elegan

Tidak dapat dipungkiri, memiliki rekan kerja yang cari muka memang menjengkelkan dan sering kali membuat Anda emosi. Tapi, sadarkah Anda jika emosi justru tidak membuat keadaan lebih baik. 

Jurus jitu untuk menghadapi orang yang cari muka adalah bersikaplah dengan elegan, hadapilah mereka dengan santai. Jika Anda bersikap seperti itu, maka mereka pun akan lelah sendiri dengan kelakuannya. 

 

2. Jaga Jarak

Menjaga jarak merupakan cara yang paling aman ketika Anda dipertemukan dengan rekan kerja yang suka cari muka. Anda boleh bersikap ramah kepada semua orang, tetapi memilih-milih rekan kerja yang dekat denganmu dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Dengan selektif memilih dan menjaga jarak, Anda tidak akan terpengaruh dengan pikiran liciknya. Namun, perlu diingat bahwa menjaga jarak bukan berarti bermusuhan, lho!

 

3. Tetap Profesional 

Kantor merupakan lingkungan profesional. Jangan biarkan hal-hal sepele seperti rekan kerja yang cari muka mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja. Anda harus ingat dan berpegang teguh pada tujuan awal Anda datang ke kantor, yakni menyelesaikan pekerjaan dengan profesional sesuai ketentuan. 

Hindari semua hal yang dapat menimbulkan permasalah baru. Jika Anda tidak dapat mengontrol sikap Anda, bisa-bisa malahan Anda yang menciptakan lingkungan kerja yang penuh drama. 

 

4. Tunjukkan Rasa Percaya Diri

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, rekan kerja yang cari muka akan mencari perhatian untuk mendapatkan pujian dari atasan. Nah, jika mereka berhasil mendapatkan perhatian tersebut, jangan terpancing untuk mudah iri. 

Justru Anda  harus dapat menunjukkan rasa percaya diri Anda dengan tetap tampil dengan percaya diri dengan kemampuanmu. Lakukanlah pekerjaan Anda dengan totalitas untuk menghasilkan yang terbaik. 

Dengan begitu, Anda dapat membuktikan apa yang Anda lakukan bukan hanya sekadar pencitraan atau cari muka sama sepertinya.

 

5. Perluas Lingkup Pergaulan 

Cobalah untuk perluas lingkup pergaulan Anda di kantor. Bersosialisasi merupakan hal yang baik karena dapat menunjang karier Anda dengan memperluas jaringan  profesional Anda. 

Ini juga dapat menguntungkan Anda jika Anda menjalin hubungan baik dengan banyak orang. Jadi, apabila seandainya Anda menjadi korban rekan kerja yang cari muka, Anda tidak perlu khawatir, karena pastinya banyak orang yang percaya dan mengenal Anda baik. 

 

Itulah beberapa cara mengatasi orang cari muka dan ciri-cirinya. Jangan mudah terpancing emosi dan berusahalah tetap profesional. Sebab jika Anda terpancing emosi, masalah justru akan semakin membesar. Anda pun dapat mempertimbangkan untuk mengajukan resign jika situasi kerja sudah tak kondusif.

Semoga dapat membantu!