SWOT

8 Manfaat Membuat Analisis SWOT untuk Perusahaan

Analisis SWOT sangat penting bagi perusahaan dan jika kita lihat secara luas, manfaatnya pun akan dirasakan dalam praktik kehidupan personal. Perkembangan dan kemajuan bisnis yang sedang dijalankan sebuah perusahaan mustahil terwujudkan tanpa penerapan strategi efektif dan efisien. Nah, strategi ini diawali dari pematangan konsep, rencana, dan analisis SWOT. Berikut ini akan kita kenali apa yang dimaksud sebagai analisis SWOT serta beberapa manfaatnya bagi perusahaan.

 

Definisi Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan proses identifikasi beragam persoalan untuk dicari solusinya demi kemajuan bisnis. Beragam persoalan itu dipetakan melalui empat unsur yakni Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Masing-masing unsur itu tercakup dalam 2 faktor utama yaitu internal dan eksternal.

Pembagian itu dijabarkan sebagai berikut:

  • Faktor Internal: Strength dan Weakness, yaitu kekuatan dan kelemahan bisnis/perusahaan.
  • Faktor Eksternal: Opportunities dan Threats, yaitu peluang dan ancaman bagi bisnis/perusahaan.

 

Baca Juga :  Panduan Lengkap Membuat Analisis SWOT untuk Perusahaan

 

Faktor internal merupakan segala hal yang berasal dari dalam bisnis/perusahaan. Sedangkan faktor eksternal adalah segala hal yang berasal dari luar bisnis/perusahaan itu. Perusahaan yang menggunakan metode analisis ini akan membaca kekuatannya sendiri dan bagaimana memaksimalkan perolehan keuntungan. Perusahaan itu juga harus punya kemampuan mengenali kelemahannya sendiri, menggunakan kekuatan untuk menghadapi ancaman, sekaligus membaca, menciptakan, dan mengambil semua peluangnya.

Dengan memakai analisis SWOT itulah sebuah perusahaan akan berhasil menghasilkan 8 manfaat sebagai berikut:

 

1. Kemampuan Menyesuaikan Perkembangan Zaman dan Teknologi

Tuntutan jaman terus berganti dan jika sebuah bisnis/perusahaan tidak membekali diri dengan kemampuan adaptasi, akan sulit berkembang apalagi minimal mempertahankan diri. Hasil analisa SWOT di jaman sekarang biasanya mengindikasikan masalah-masalah terkait teknologi informasi yang harus diikuti cepat oleh sebuah bisnis/perusahaan supaya tidak ketinggalan jaman, dan kalah saing dari kompetitor.

 

Baca Juga : Mengenal Mobile Attendance : Teknologi Absensi Via Smartphone

 

2. Memperluas Jaringan Pemasaran

Perusahaan yang menggunakan bahan-bahan analisis SWOT akan berhasil memperluas jaringan pemasaran. Hal ini telah terbukti dari banyaknya perusahaan yang mampu memgembangkan diri, dan menjaring para pelanggan dari generasi muda. Jaringan pemasaran ini yang diperluas berdasarkan hasil analisis SWOT.

 

3. Mengatasi Setiap Masalah Internal Bisnis/Perusahaan

Tidak ada perusahaan yang tidak memiliki masalah internal. Justru dari adanya hasil analisis ini akan berhasil menemukan apa saja yang selama ini menjadi hambatan internal dan berupaya menyelesaikannya secepat mungkin.

 

Baca Juga : Aplikasi HR Berbasis Cloud, Tren Bisnis Masa Ini

 

4. Membangun Relasi Bisnis

Tiap perusahaan seharusnya mampu membangun relasi bisnis yang kuat dan saling bekerjasama demi kemajuan bersama. Tingkatan demi tingkatan dalam strategi bisnis pada akhirnya akan mempertemukan pada garis pandang yang sejalan namun masing-masing tetap berdiri sendiri sesuai visi dan misinya. Itulah yang akan menciptakan momen penting bagi sebuah perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat.

 

5. Memudahkan Analisis Keuangan

Kasus defisit yang dialami kebanyakan perusahaan diakibatkan oleh kurangnya evaluasi dan pembenahan. Berdasarkan analisa SWOT, setiap perusahaan seharusnya dapat belajar dari setiap kesalahan, meningkatkan kapasitasnya, dan memperketat anggaran. Semakin hemat sebuah perusahaan dan peningkatan produksinya yang tajam, niscaya nilai keuntungan akan semakin membayang.

Analisis keuangan yang menggunakan bahan-bahan dari SWOT umumnya lebih rinci karena menekankan pada beberapa target khusus yang telah dibidik dan diamati selama periode tertentu. Inilah keuntungan menggunakan analisa SWOT karena konsep keuangan akan menjadi lebih efisien, tidak boros, memudahkan pemetaan, serta meningkatkan angka produksi secara signifikan.

 

6. Mengembangkan Perusahaan

Sebuah perusahaan harus mampu mengembangkan diri. Caranya tentu bermacam-macam tergantung strategi dan kebijakannya. Tapi strategi dan penentuan kebijakan itu juga berasal dari serangkaian analisis dan evaluasi yang cermat. Untuk mengembangkan bisnis yang sedang dikelola, tidak mungkin perusahaan hanya mengandalkan rumusan yang standar. 

Semua harus diteliti secara cermat. Perusahaan harusnya menetapkan target selama periode tertentu dan nanti akan dilihat apakah selama itu sudah berhasil mencapainya. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa perusahaan itu kelak tidak hanya bergerak dalam lingkup regional atau lokal, tetapi berhasil bersaing dalam tataran global. Oleh karena itu, analisa SWOT akan diterapkan setiap periode tertentu, memberikan hasil yang satu sama lain akan dibandingkan dan menjadi acuan untuk menentukan kebijakan perusahaan.

 

7. Menciptakan Inovasi Baru

Perusahaan akan berhasil mengembangkan dirinya melalui serangkaian inovasi khususnya pada produk yang dipasarkan. Hampir setiap tahun selalu muncul pesaing baru yang tentunya menawarkan opsi berbeda bagi pasar. Hal itu jika tidak diantisipasi, cepat atau lambat, akan menumbangkan perusahaan yang sebelumnya sudah berdiri mapan. 

Penciptaan inovasi baru itulah yang berasal dari hasil riset berdasarkan faktor eksternal yang menjadi bagian dari analisis SWOT. Beragam inovasi produk juga akan saling berkelindan bersama serangkaian kebijakan taktis terkait perkembangan perusahaan itu sendiri.

 

8. Menghindari Kerugian Besar

Terus menerus menggali keuntungan dari praktik pengelolaan bisnis yang sedang dijalankan. Itulah yang menjadi salah satu target penting sebuah perusahaan. Namun perusahaan juga harus mewaspadai segala risiko yang dapat memicu angka kerugian meskipun kecil nilainya. Cara menghindari kerugian itulah yang dilakukan melalui analisis SWOT. Analisa SWOT dikerjakan melalui pengamatan apa saja yang menjadi potensi perusahaan, mengenali kelemahan, membaca peluang, mewaspadai setiap ancaman, dan mesti merumuskan konsep dan strategi yang lebih relevan dari semua hasil analisis tersebut.

 

Baca Juga : 7 Kerugian Akibat Sistem Payroll yang Buruk

 

Itulah 8 manfaat dari analisis SWOT yang dapat diambil dari sebuah praktik bisnis/perusahaan. Tentunya perusahaan akan membutuhkan tim khusus yang akan bekerja secara ketat melakukan serangkaian proses identifikasi masalah, merumuskan solusi, dan mengembangkan setiap potensi yang nantinya akan memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan tersebut.